Tuesday, October 13, 2020

Wisata di Bengkulu: Lengkap dengan Transportasi, Penginapan dan Oleh-Oleh Khasnya

Hai sahabat backpacker

Seperti biasa, di akhir perjalananku ke suatu daerah maka aku akan menyajikan daftar tempat-tempat wisata yang bisa dikunjungi di daerah tersebut beserta akomodasinya.

Kali ini aku mau berbagi informasi mengenai tempat-tempat wisata yang ada di Kota Bengkulu. Daftar ini ku buat berdasarkan tempat-tempat yang memang telah kukunjungi. Jadi bisa dijamin kebenaran tempatnya. Daftar ini akan kutambah jika nanti aku berkunjung lagi ke Bengkulu.

Baiklah, inilah daftar objek wisata yang ada di Bengkulu:

1.    Pantai Panjang

Pantai Panjang bisa dibilang ikon wisatanya Kota Bengkulu. Jadi belum sah rasanya ke Bengkulu kalo belum ke pantai ini. Sesuai namanya, pantai ini memiliki bibir pantai yang panjang yang mencapai 7 km dengan pantai berupa pasir putih.

Pantai ini letaknya tak jauh dari pusat Kota Bengkulu, jadi cukup mudah untuk dikunjungi. Waktu terbaik mengunjungi pantai ini adalah ketika sore hari. Karena pantai ini tepat menghadap ke barat sehingga pemandangan sunsetnya juara. 

Selengkapnya bisa dibaca di sini: Pantai Panjang Bengkulu, Sunsetnya Juara

Pantai Panjang Bengkulu

2.    Pantai Tapak Paderi

Pantai Tapak Paderi adalah salah satu pantai lainnya yang ada di Kota Bengkulu. Pantai ini masih terhubung dengan Pantai Panjang. Pantai ini juga memiliki pantai berupa pasir putih yang halus. Asyiknya, di pantai ini terdapat banyak perahu-perahu nelayan yang sedang bersandar. Selain itu, karena pantainya membentuk teluk jadi di seberang lautannya terlihat daratan dengan pemandangan bukit-bukit dan gunung yang hijau. Cakep lah. 

Selengkapnya bisa dibaca di sini: Pantai Tapak Paderi, Pondok Sendal Jodoh dan Bunker Jepang

Pantai Tapak Paderi

3.    Pondok Sendal Jodoh

Pondok Sendal jodoh terletak di dalam kawasan Pantai Tapak Paderi. Di pondok ini terdapat dinding bambu yang ditempeli ratusan sendal bekas yang hanyut terbawa arus ombak. Tujuan pembuatan pondok ini adalah untuk mengingatkan pengunjung agar tidak membuang sampah sembarangan, apalagi ke lautan. 

Selengkapnya bisa dibaca di sini: Pantai Tapak Paderi, Pondok Sendal Jodoh dan Bunker Jepang 

Pondok Sendal Jodoh

4.    Danau Dendam Tak Sudah

Namanya emang serem sih, tapi pemandangan di danau ini cakep banget. Danaunya cukup luas dan pemukaan airnya tenang dan bersih. Di sekitar danau juga banyak pepohonan rindang yang membuat suasananya semakin adem. Di sini juga banyak penjual es kelapa muda. Jadi kita bisa menikmati segarnya es kelapa muda sembari melihat indahnya alam Danau Dendam Tak Sudah.

Selengkapnya bisa dibaca di sini: Danau Dendam Tak Sudah Bengkulu, Tempat Asyik Untuk Bersantai

Danau Dendam Tak Sudah

5.    Benteng Marlborough

Benteng Marlborough merupakan benteng peninggalan Inggris yang dibangun pada tahun 1713. Dulunya benteng ini menjadi benteng ppertahanan terkuat kedua milik Inggris di wilayah timur setelah Benteng St. George yang ada di Madras, India.

Saat ini, Benteng Marlborough menjadi salah satu destinasi wisata yang populer di Bengkulu. Selain bisa mengagumi arsitektur bentengnya yang megah, pengunjung juga bisa belajar sejarah perjuangan rakyat Bengkulu melawan penjajahan melalui koleksi bersejarah yang dipamerkan di dalam benteng ini.

Selengkapnya bisa dibaca di sini: Fort Marlborough, Benteng Inggris di Kota Bengkulu

Benteng Marlborough

6.    Bunker Jepang

Bunker Jepang adalah salah satu bangunan cagar budaya yang ada di Bengkulu. Bunker ini dibangun pada masa pendudukan Jepang di tahun 1942 hingga tahun 1945. Bangunan bunkernya masih berdiri kokoh, hanya saja kurang terawat. 

Selengkapnya bisa dibaca di sini: Pantai Tapak Paderi, Pondok Sendal Jodoh dan Bunker Jepang

Bunker Jepang

7.    Rumah Pengasingan Bung Karno

Rumah bersejarah ini merupakan rumah yang menjadi tempat tinggal Bung Karno ketika diasingkan Belanda ke Bengkulu pada tahun 1938 hingga tahun 1942. Rumah pengasingan ini masih terawat dengan baik dan di dalamnya terdapat banyak barang-barang koleksi yang berkaitan dengan Bung Karno. Btw, harga tiket masuknya cuma Rp. 3000 aja loh.

Selengkapnya bisa dibaca di sini: Rumah Pengasingan Bung Karno di Bengkulu

Rumah Pengasingan Bung Karno di Bengkulu

8.    Rumah Ibu Fatmawati

Terletak tak jauh dari Rumah Pengasingan Bung Karno, rumah bersejarah ini juga menyimpan berbagai barang bersejarah milik Ibu Fatmawati, termasuk mesin jahit yang dulu digunakan beliau untuk menjadi bendera Merah Putih yang dikibarkan pada peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus 1945.

Selengkapnya bisa dibaca di sini: Mengunjungi Rumah Ibu Fatmawati

Rumah Ibu Fatmawati

9.    Masjid Jamik Bengkulu

Masjid Jamik Bengkulu adalah salah satu masjid tertua di Kota Bengkulu dan dibangun sejak abad ke-18. Ketika Bung Karno diasingkan ke Bengkulu, beliau pula lah yang mendesain renovasi masjid ini dan hingga sekarang desain rancangan Bung Karno masih dipertahankan di masjid ini.

Selengkapnya bisa dibaca di sini: Masjid Jamik Bengkulu

Masjid Jamik Bengkulu

10. Museum Negeri Bengkulu

Terletak di Padang Harapan, Kecamatan Gading Cempaka, Kota Bengkulu, museum ini menyimpan berbagai barang koleksi dari sejarah dan budaya masyarakat Bengkulu. Tiket masuk ke museum ini juga sangat terjangkau karena peorangnya hanya perlu membayar Rp. 3000 aja.

Selengkapnya bisa dibaca di sini: Museum Negeri Bengkulu, Mengenal Sejarah dan Budaya Bengkulu

Museum Bengkulu

11. Tugu Simpang Lima Ratu Samban

Tugu ini terletak di Pusat Kota Bengkulu, tepat di persimpangan lima jalan. Nama simpangnya diambil dari tokoh pahlawan setempat, Ratu Samban, yang gigih berjuang melawan penjajahan. Sedangkan tugunya sendiri berupa patung Ibu Fatmawati yang sedang menjahit bendera Merah Putih.

Selengkapnya bisa dibaca di sini: Simpang Lima Ratu Samban

Simpang Lima Ratu Samban

12. Monumen Thomas Parr

Monumen ini dibangun pada tahun 1808 oleh pihak Inggris untuk memperingati peristiwa terbunuhnya Thomas Parr, seorang Residen Inggris yang berkedudukan di Bengkulu. Thomas Parr tewas di tangan rakyat Bengkulu yang marah karena kepemimpinannya yang kejam dan zalim.

Selengkapnya bisa dibaca di sini: Tugu Thomas Parr, View Tower dan Gedung Daerah Provinsi Bengkulu

Monumen Thomas Parr

13. Alun-Alun Kota Bengkulu dan View Tower

Alun-Alun Kota Bengkulu merupakan tempat nongkrong yang cukup ramai di sore hari. Di alun-alun ini terdapat banyak pedagang makanan, mulai dari makanan ringan hingga makanan berat. Selain itu, di sini juga banyak pedagang mainan anak-anak, sehingga cocok dikunjungi bareng keluarga.

Di tengah alun-alunnya berdiri sebuah menara bernama View Tower. Menara setinggi 43 meter ini rencananya difungsikan sebagai menara pemantau tsunami dan bisa diakses oleh publik. Namun sayangnya hingga sekarang View Tower tak pernah dioperasikan. 

Selengkapnya bisa dibaca di sini: Tugu Thomas Parr,View Tower dan Gedung Daerah Provinsi Bengkulu

View Tower

14. Gedung Daerah Provinsi Bengkulu

Gedung Daerah Provinsi Bengkulu adalah salah satu bangunan bersejarah di Kota Bengkulu. Dulunya gedung ini merupakan tempat tinggal bagi Residen Inggris yang memimpin Bengkulu. Saat ini, Gedung Daerah Provinsi Bengkulu dijadikan sebagai rumah dinas Gubernur Bengkulu dan masih terawat dengan baik. 

Selengkapnya bisa dibaca di sini: Tugu Thomas Parr, View Tower dan Gedung Daerah Provinsi Bengkulu

Gedung Daerah Provinsi Bengkulu

          Cara Menuju Bengkulu

Ada beberapa cara untuk mengunjungi Kota Bengkulu. Cara pertama dan paling mudah adalah dengan menggunakan pesawat terbang. Bengkulu memiliki satu bandara bernama Bandara Fatmawati Soekarno. Bandara ini melayani penerbangan domestik dan internasional.

Bandara Fatmawati Soekarno terletak di Jalan Raya Padang Kemiling, Kecamatan Slebar, Kota Bengkulu. Jarak bandara ke pusat kota sekitar 14 km dan bisa menggunakan bus Damri, taksi bandara serta angkutan travel untuk menuju pusat kota.

Selain pesawat, juga bisa menggunakan transportasi bus. Ada beberapa bus yang memiliki trayek langsung ke Kota Bengkulu seperti Bus Putra Simas, PO SAN, Putra Rafflesia dan bus lainnya. Selain trayek langsung, teman-teman juga bisa naik bus tujuan Kota Lubuk Linggau di Sumatera Selatan. Dari kota tersebut tinggal naik bus tujuan Kota Bengkulu.

Tentang Bus Putra Simas bisa dibaca di sini: Perjalanan Menuju Bengkulu dengan Bus Putra Simas

Bus Putra Simas 

Selain itu, Bengkulu juga memiliki pelabuhan, yaitu Pelabuhan Pulau Baai. Dulunya pelabuhan ini melayani rute ke Jakarta dan Padang. Tapi sekarang aku tak menemukan informasi selain tentang kapal dengan rute Bengkulu menuju Pulau Enggano, salah satu pulau terluar di Provinsi Bengkulu. Mungkinkah rutenya udah ditutup?

Transportasi di dalam Kota Bengkulu

Saat ini Kota Bengkulu telah dilengkapi dengan kendaraan umum dalam kota berupa bus Trans Rafflesia Bengkulu. Bus ini akan membawa penumpang melalui beberapa destinasi wisata seperti Pantai Panjang, Benteng Marlborough, Danau Dendam dan pusat kota. Selain Trans Bengkulu, teman-teman juga bisa mengandalkan angkot serta babang ojol.

           Penginapan di Bengkulu

Ada banyak penginapan yang tersedia di Kota Bengkulu dengan harga yang beragama di mulai dari kurang Rp, 100.000 permalam. Penginapan-penginapan ini umumnya terletak tak jauh dari pusat kota dan objek-objek wisata yang ada di Bengkulu. Saya sendiri kemarin menginap di Tropicana Guest House yang terletak tak jauh dari Pantai Panjang dan Rumah Pengasingan Bung Karno. Di sini permalamnya cuma Rp. 110.000 dan udah dapat sarapan pagi.

Selengkapnya bisa dibaca di sini: Menginap di Tropicana Guest Hotel Bengkulu

Tropicana Guest House

           Oleh-Oleh Khas Bengkulu

Ada banyak oleh-oleh khas Bengkulu yang bisa bawa sebagai buah tangan ketika pulang dari Bengkulu seperti Lempuk Durian, Manisan Terong, Perut Punai, Kue Tat, hingga Kopi Bengkulu,

Selain makanan, juga banyak pernak-pernik yang tersedia seperti Batik Besurek, baju kaos bergambar khas Bengkulu hingga kerajianan dari kulit kayu lantung seperti gantungan kunci dan miniatur bunga rafflesia.

Untuk membeli oleh-oleh ini bisa di banyak tempat seperti Pantai Panjang dan Benteng Marlborough. Tapi menurutku tempat terbaik untuk berburu oleh-oleh ada di Sentra Oleh-Oleh Khas Bengkulu yang terletak tak jauh dari Simpang Lima Ratu Samban. Di tempat ini terdapat beberapa toko yang menjual oleh-oleh khas Bengkulu dengan harga yang terjangkau dan barangnya pun lengkap.

28 comments:

  1. Hadeuh.. si mas bikin saya pingin bermain ke Bengkulu.. Keren mas, apalagi foto-fotonya..

    salam dari bogor

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahaha... Makanya Mas, hayuk main ke Bengkulu.

      Salam juga dari Sumut Mas. 👍

      Delete
  2. Kesemua destinasinya menarik didatangi.
    Tapi paling bikin aku penasaran pengin lihat langsung tuh benteng Marlborough.

    Karena bentuk bentengnya kelihatan kokoh banget, namanya juga ngingetin sama nama jalan Malioboro di Jogja dan nama ..., rokok hehehe.

    ╰( ・ ᗜ ・ )➝

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas, tempat-tempat emang menarik dan salah satu yang paling menarik memang Benteng Marlborough ini. Bahkan di Bengkulu sendiri, benteng ini menjadi salah satu destinasi wisata yang populer

      Delete
  3. Kalo wisata pantainya aku ga begitu mau datangin , Krn ga suka pantai :D. Tp wisata non pantai menarik tuh. Catet dulu kalo ntr ke Bengkulu. Sbnrnya pernah planning mau kesana, sahabat suami yg org Bengkulu nikah. Tp bentrok Ama jdwal trip yg udah dibook jauh2 hari. Terpaksa ga bisa DTG.

    Kamu kok icip2 makanan khas di sana mas ;) ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh... Sayang juga ya Mbak, andai waktunya nggak bentrok, pasti asyik tuh.

      Nggak begitu suka wisata kuliner Mbak. Selain itu, pas lagi trip ke Bengkulu juga bersamaan ama dapat kabar dapat tiket ke KL. Jadi saat itu agak berhemat buat jajan di KL. Eh... Tapi Malaysia malah di lock down. Gagal deh.

      Delete
  4. Huaaah??? Tempatnya keren abis dah, tapi karena Corona jadi gak bisa leluasa ya jalan - jalannya ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, semoga lah corona ini cepat hilangnya. Biar bisa jalan-jalan lagi.

      Delete
  5. Saya penasaran dengan bunker jepang tadi
    Kira-kira di dalamnya kayak apa ya, Apakah ada semacam terowongan atau kamar gitu
    Wah semua pemandangan sungguh indah sekali, pantainya tampak alami

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cuma satu ruangan kecil sih Mas, tapi nggak tau ya ada terowongan rahasia atau nggak.

      Delete
  6. Lengkap kali bang haahhahah, semoga bisa menjejakkan kaki di Bengkulu. Aku pengen menyusuri wisata heritagenya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahaha.. iya Bang, pas datanya juga lengkap. Jadi sekalian aja ditulis.

      Semoga nanti bisa ke Bengkulu ya Bang, aamiin..

      Delete
  7. Pantai Tapak Panderi kelihatannya menarik 🤩 sebab hamparan pasirnya seperti rata dan luas sekali serta jarak dari tepi pantainya jauh, jadi mirip di Kuta, Bali hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semuanya menarik sih Mbak.
      Pantai Tapak Paderi ini pun punya pesonanya sendiri.
      Selain luas, juga ada banyak perahu nelayan yang bersandar di sini.

      Delete
  8. wuah lengkap banget.
    aku sampai bingung kudu ke mana kalau ke Bengkulu, haha
    Request dong. Bikinin itenirary kalau 1 day trip bengkulu. atau 1 night 2 day keliling Bengkulu. biar tahu gitu rekomendasinya ke mana aja ke Bengkulu dalam waktu yang berdekatan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahaha... Kebetulan aja datanya lagi lengkap Mbak. Jadi bisa nulis secara lengkap.

      Emm...itinerary secara singkat aja ya Mbak.
      Hari pertama,
      -Rumah Pengasingan Bung Karno
      -Rumah Ibu Fatmawati
      -Masjid Jamik Bengkulu, sekalian sholat zhuhur
      -benteng marlborough
      -sunset di Pantai Panjang
      -nikmati malam di Alun-Alun

      Hari kedua
      -Danau Dendam
      -Museum Negeri
      -Pantai Tapak Paderi
      -beli oleh2 di sentra oleh2
      -pulang.

      Delete
  9. seru kayaknya ya kalau ke bengkulu
    kalau sambil naik mobil seru kayaknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naik mobil pasti lebih seru lagi lah Mas.
      Bisa menjangkau wisata yang agak di luar kota juga.

      Delete
  10. Harga penginapannya murah juga ya, cuma 110 ribu permalam dan sudah dapat sarapan pagi pula. Letak hotelnya juga dekat dengan pantai panjang dan rumah pengasingan bung Karno di Bengkulu.😃

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas, cukup bisa direkomendasikan lah buat nginap kalo lagi jalan-jalan ke Bengkulu.

      Delete
  11. Banyak juga tempat wisata yang bisa dikunjungi, jadi tinggal pilih nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Bang, sebenarnya masih banyak lagi sih, tapi aku belum sempat ngunjunginya.

      Delete
  12. Baru 2 dari 14 yang pernah saya kunjungi, ya walaupum begitu rasanya emang nikmat main-main ke Bengkulu. Oiya Bengkulu itu ada daerah yang namanya Curup yakan? Nah kata temenku di situ adem banget, sejuk. Entahlah, jadi pengen dengernya kalo si temen saya ini cerita hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang enak sih Mbak, objek wisatanya deket-deket.

      Curup itu mirip kayak Puncaknya Bogor. Emang dingin sih, karena berada di ketinggian.
      Tapi aku pun cuma sebatas lewat di sana. Nggak sempat singgah-singgah.

      Delete
  13. Wow, super komplit nih ceritanya hihihiih. Bingung mau ke mana dulu ya seandainya bisa mampir di Bengkulu hihihi.. Lapangan pasirnya kelihatan bersih ga ada sampah. Jogging tracknya mulus kayak baru. Masjid, vihara dan tempat ibadah lainnya tampak bagus dan terawat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahaha.... Iya Mbak, kebetulan datanya juga ada.

      Delete
  14. wah noted nih kalau suatu saat bisa main ke Tanjungbalai, enak banget mi rebusnya Mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sesekali main ke sinilah Mbak, biar kubawain ke tempat-tempat yang menarik.

      Delete

Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan sopan :)