Thursday, October 29, 2020

Danau Teratai Tinggi Raja di Asahan

Danau Teratai Tinggi Raja, Kisaran, Asahan
Danau Teratai

Hai Sahabat Backpacker...

Selamat menikmati libur panjang. Libur panjang gini enaknya sih jalan-jalan ke tempat wisata. Tapi karena pandemi, jadi nggak bisa traveling ke tempat-tempat yang jauh. Selain nggak aman, objek wisata yang ada juga banyak yang masih ditutup untuk umum. Sehingga kadang sia-sia jadinya traveling yang-jauh. So... aku pun memilih traveling ke tempat yang dekat-dekat aja dari rumah.

Tujuan travelingku kali ini adalah Danau Teratai. Sebenarnya aku ke sini karena diajakin Marni, adik sepupuku. Dia protes karena nggak pernah diajakin jalan—jalan. Apalagi barusan aku jalan-jalan ke Danau Toba bareng Bayu dan teman-temannya dan yang kuajak Hafiza, adik angkatku.

Baca juga: Danau Toba dari Pantai Garoga di Tigaras, Simalungun

Alamat Danau Teratai

Danau Teratai beralamat di Terusan Tengah, kecamatan Tinggi Raja, kabupaten Asahan, Sumatera Utara.

Cara menuju Danau Teratai

Danau Teratai bisa dikunjungi dari kota Kisaran, ibukota kabupaten Asahan. Dari pusat kota Kisaran danau ini bisa ditempuh sekitar 30 menit dengan jarak sekitar 17 km. Cara ke danau ini dari kota Kisaran bisa melalui Jalan Besar Sei Renggas menuju Mandouge, Di persimpangan Sei Silau berbelok ke kiri, ke arah Tinggi Raja. Dari sana lurus saja ikuti jalan besar hingga sampai ke Danau Teratai.

Tiket Masuk ke Danau Teratai

Tiket Masuk ke Danau Teratai ini gratis cuy. GRATIS. Biaya parkir kendaraan pun gratis juga. Jadi danau ini merupakan wisata murah meriah.

Pemandangan Alam Danau Teratai

Setelah memarkirkan sepeda motor di bawah pohon rindang, aku segera mengambil tempat duduk untuk menikmati keindahan danau kecil ini. Danau teratai tidaklah begitu luas, luasnya paling sekitar 40 ha. Namun yang unik dari danau ini adalah danaunya terbagi menjadi dua dan di tengahnya terdapat jalan yang menghubungkan desa-desa di kecamatan Tinggi Raja. 

Danau Teratai Tinggi Raja, Kisaran, Asahan
Tulisan Danau Teratai
Danau Teratai Tinggi Raja, Kisaran, Asahan
Jalan yang membelah danau

Bagian yang terluas adalah danau di sebelah kiri. Di ujung danaunya terlihat seperti rawa-rawa dan berbatasan dengan perkebunan sawit. Di permukaan danau yang berair jernih ini tumbuh beberapa bunga teratai. Di seberang danau juga terlihat beberapa pondok kecil yang terlihat cantik dari sisi seberang.

Sedangkan bagian danau yang di sebelah kanan, danaunya lebih dalam. Di sini terdapat wahana bermain air, berupa sepeda bebek air. Di tengah danaunya juga terdapat beberapa pohon yang menjulang tinggi dari dalam air sehingga menambah kesan unik pada danau ini. 

Danau Teratai Tinggi Raja, Kisaran, Asahan
Sepeda bebek air

Meski Danau Teratai ini tidak begitu besar, namun tempat ini cukup asyik juga buat bersantai. Di pinggiran danaunya telah dipagarin sehingga aman buat anak-anak. Di sekeliling danaunya juga udah disediakan bangku-bangku beton. Di sekitarnya juga tumbuh pepohonan yang rindang. Sedangkan dari arah danau bertiup angin sepoy-sepoy yang membuat suasananya semakin adem dan nyaman.  

Danau Teratai Tinggi Raja, Kisaran, Asahan
Danaunya nyaman juga
Danau Teratai Tinggi Raja, Kisaran, Asahan
Pagar di sekeliling danau

Oh ya, saat ini di Danau Teratai juga sedang dibangun beberapa spot foto kekinian. Diharapkan pembangun ini membuat Danau Teratai semakin ramai dikunjungi wisatawan dan memberi dampak ekonomi buat masyarakat di sekitarnya. 

Danau Teratai Tinggi Raja, Kisaran, Asahan
Aku di Danau Teratai

25 comments:

  1. Mantap nih mas jalan-jalan terus, Aku blm bisa nih terhambat korona haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pun jalan-jalan di sekitar kampung sendiri Mas, kalo jauh-jauh kagak nekat lah.

      Delete
  2. Namanya unik, saya kira karena danaunya dipenuhi sama teratai gitu, ternyata teratainya nggak begitu banyak ya. Tapi bagian yang menurut saya paling unik sih pohon yang tumbuh di tengah-tengah itu. Kok bisa gitu lhoπŸ€”

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama seperti yang Kak Astria bilang~
      Aku kira diberikan nama Danau Teratai karena banyak Teratainya, tapi nggak kelihatan di fotonya πŸ€”
      Atau mungkin dulu memang banyak Teratainya?
      Asik juga sore-sore nongkrong di sini ya sambil main bebek-bebekan pasti lebih seru 🀭

      Delete
    2. Ahahaha... Iya sih Mbak Astri dan Mbak Lia, teratainya dikit, padahal namanya Danau Teratai. πŸ˜†

      Pohonnya emang unik sih, bisa tumbuh di tengah danau gitu, nggak cuma sebatang doang, tapi banyak.

      Naik bebek-bebekan ama bebeb ya Mbak Lia? 🀣

      Delete
  3. Wah belum pernah ke sini nih, cuman lewat Asahan doang karena waktu itu lagi perjalanan dari Medan ke Dumai hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh... Sayang banget Mbak, padahal jarak Medan ke Kisaran kan nggak begitu jauh.

      Delete
  4. ih jadi pengen naik sepeda bebek, Mas Rudi. Adem bener suasana danau teratainya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Liburan ke danau Mbak, biar bisa naik sepeda bebek. 😁

      Iya Mbak, adem dan bisa bikin nyaman.

      Delete
  5. saya libur cuman 2 hari nonton tv dirumah,besokdan lusa juga lembur,,,
    liburan saja dirumah,,,

    ReplyDelete
  6. Dilihat dari seabrek spot wisata yang ada di blog ini, Indonesia ternyata memiliki buanyak tempat wisata ya, termasuk Danau Teratai.. Ini baru di sekitar tempat tinggal penulis saja, belum di tempat-tempat lainnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah... Kalo destinasi wisata di Indonesia, kayaknya bakal ada jutaan Mas, karena Indonesia itu emang mempesona.

      Delete
  7. Indah sekali ini kak, kalo deket aku pasti dah meluncur juga kesini huhu

    ReplyDelete
  8. tak nampak teratai atau habis dimakan ikan yang ada di danau ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahaha... Teratainya dikit, itupun di pinggir-pinggir sana.

      Delete
  9. Wooww!! Tempat sebegini menarik Gratis..😊😊 Waah asik memang yang mas Ke Danau Teratai serasa berrekreasi ketempat berbayar..😊😊


    Buat photo2 bagus tuh tempatnya mas sekaligus main bebek2kan Enjony dah sekalian berinpirasi.😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di sini emang murah-murah wisatanya Mas, bahkan banyak yang gratis kok.

      Iya Mas, tempatnya asyik lah, buat foto, nyantai, main air dan buat pacaran juga. 🀣

      Delete
  10. Boa tarde meu querido amigo Rudi. ParabΓ©ns pelo seu trabalho excelente.

    ReplyDelete
  11. Wah saya cuman taunya danau toba kalo di Sumut, ada juga ya danau teratai hihi

    Adem itu kayaknya nyebur di danau🀣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di Sumut ada banyak danau sih Mbak, tapi yang paling terkenal ya Danau Toba.

      Delete

Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan sopan :)