Friday, October 23, 2020

Liburan Murah ke Pulau Salah Namo Batubara

Pulau Salah Namo
Pulau Salah Namo

Pulau Salah Namo alias Pulau Salah Nama adalah sebuah pulau kecil yang berada di Selat Malaka, Kabupaten Batubara. Pulau ini merupakan salah satu destinasi wisata yang cukup populer di kalangan wisatawan Sumatera Utara bersama dengan Pulau Pandang, sebuah pulau kecil lainnya yang terletak tak jauh dari pulau ini.

Hai sahabat backpacker, gimana kabarnya? Semoga sehat-sehat terus  ya. Kali ini aku mau berbagi cerita liburanku beberapa waktu yang lalu ke Pulau Salah Namo, sebuah pulau kecil yang indah di Selat Malaka, Sumatera Utara.

Btw liburanku ke Pulau Salah Namo ini sangat murah loh, karena cuma bermodalkan Rp. 50.000 aja. Dan ini merupakan yang kedua kalinya aku liburan ke pulau ini.

Baca juga: Liburan Murah ke Pulau Pandang Batubara

Alamat Pulau Salah Namo Batubara

Pulau Salah Namo berada di Selat Malaka dan secara administrasi terletak ke dalam wilayah Desa Bogak, Kecamatan Tanjung Tiram, Kabupaten Batubara, Sumatera Utara.

Cara ke Pulau Salah Namo

Ada beberapa cara untuk menuju ke Pulau Salah Namo. Yang termudah adalah dengan ikut opentrip yang biasa diladakan oleh agen tour pariwisata. Biasanya biaya ikut opentrip ini sekitar Rp. 300.000 untuk Pulau Pandang dan Salah Nama dengan titik keberangkatan dari Kota Medan. Sedangkan untuk titik keberangkatan dari Pelabuhan Tanjung Tiram sekitar Rp. 150.000 perorangnya.

Kelebihan ikut opentrip ini adalah semuanya telah disediakan, termasuk makan siang. Jadi kita tinggal menikmati liburannya aja. Kapalnya juga dilengkapi dengan alat-alat keselamatan, sehingga bisa menjamin keselamatan peserta tour.

Cara kedua adalah dengan ikut opentrip dari pelabuhan-pelabuhan kecil di sekitar Pantai Timur Pulau Sumatera. Biaya opentrip ini biasanya hanya sekitar Rp. 50.000 aja perorangnya. Murah banget cuy. Sebenarnya dulu lebih murah lagi, karena cuma Rp. 33.000 aja perorangnya, tapi sekarang udah naik.

Kekurangan ikut opentrip ini adalah jadwalnya yang cukup jarang. Biasanya cuma ada pada hari libur besar aja. Selain itu kuota dan cuaca juga harus mendukung. Jika cuaca tak memungkinkan, trip bisa dibatalkan pada hari keberangkatan.

Dan terakhir cara yang ketiga. Cara ini cukup sulit, tapi nggak ngeluarin biaya. Caranya yaitu dengan berenang aja dari pelabuhan ke pulaunya. Kalo nggak ada ikan hiu yang ngegigit, dijamin bisa sampe kok. Sampe ke akhirat. Wkwkwkwk...

Aku sendiri memilih cara yang kedua. Karena tempat tinggalku yang ada di wilayah Pantai Timur Pulau Sumatera membuatku cukup mudah mendapatkan info jika ada opentrip di pelabuhan-pelabuhan kecil.

Dengan menaiki kapal boat berukuran sedang, perjalanan kami pun dimulai menuju Pulau Salah Namo. Perjalanannya sendiri memakan waktu sekitar 2 jam dan akhirnya kami pun tiba di dermaga Pulau Salah Namo. 

Pulau Salah Namo
Indah banget cuy

            Sejarah Unik Nama Pulau Salah Namo

            Sebelum menjelajah pulaunya, aku mau sedikit jelasin dulu kenapa pulau ini bernama Pulau Salah Namo. Jadi pada zaman dahulu, pulau ini diberi nama organ intim wanita. Iya, namanya pake nama organ intim wanita. Entah siapa yang kurang ajar bikin nama kayak gitu. Namun karena dirasa bikin malu dan nama tersebut dianggap salah, jadilah pulau ini diubah namanya menjadi Pulau Salah Namo.

Pemandangan Alam Pulau Salah Namo

Meski punya sejarah penamaan yang kelam, tapi pulau ini cukup indah loh. Dari dermaganya aja terlihat pesonanya, air lautnya biru dan jernih, saking jernihnya, karang dan pasir di dasar pesisirnya pun  terlihat. Di beberapa sudut yang membentuk teluk kecil terdapat pantai-pantai dengan pasir putih yang lembut. Sedangkan tepian lainnya berupa batu-batu terjal yang membentuk tebing yang menjulang tinggi. Lalu di pulaunya tumbuh vetagasi hijau yang lebat dan ada juga bukit hijau yang cantik. 

Pulau Salah Namo
Inilah pesona Pulau Salah Namo
Pulau Salah Namo
Airmya jernih banget

Sebagai destinasi wisata yang populer, pulau ini telah dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang memadai. Selain dermaga, di pulau kecil ini juga terdapat homestay dan musholla. Selain itu juga disediakan jalan setapak yang mengelilingi pulau sehingga kami bisa menjelajah seisi pulau. Asyiknya jalan setapak ini juga dibuat hingga ke pinggir pulaunya, jadi bisa berjalan-jalan liat ombak yang menerpa bebatuan karang.

Pulau Salah Namo
Jalan setapak di tengah pulau

Di beberapa titik juga terdapat gazebo kecil dari kayu yang bisa dipake untuk beristirahat kalo capek menjelajah pulau. Gazebonya pun tersebar dari sisi atas pulau hingga ke pinggir pantainya.

Goa di Pulau Salah Namo

 Di pulau kecil dengan luas sekitar 3 ha ini ternyata punya sebuah goa. Aku pun baru tau pada kunjungan keduaku ini. Goa ini ada di sisi selatan pulau. Dulunya memang belum ada akses jalan ke sebelah selatan. Namun sekarang udah ada akses jalannya, bisa deh ngunjungi goanya.

Goanya sendiri berukuran kecil dan dipenuhi bebatuan tanpa bentukan stalagmit dan stalaktit. Bentuk goanya juga tidak menjorok ke bagian dalam, tetapi ke bagian atas dengan tinggi mencapai 6 meter. 

Pulau Salah Namo
Goa di Pulau Salah Namo
Pulau Salah Namo
Bagian dalam pulaunya

Menikmati Pulau Salah Namo dari ketinggian

Selain melihat goa, kegiatan asyik lainnya di pulau ini adalah melihat Pulau Salah Namo dari ketinggian. Di bagian atas bukit Salah Namo terdapat sebuah menara telekomunikasi yang dibuka untuk umum. Hanya saja untuk naik ke atas menaranya butuh perjuangan sih. Pertama kami harus menerabas memalui jalan setapak yang mulai tertutup ilalang tebal. Selanjutnya baru deh memanjat satu demi satu anak tangga secara hati-hati.

Pulau Salah Namo
Menara komunikasi

Menara ini terdiri dari 5 tingkat, tapi aku cuma naik sampe ketingkat 3 aja, karena dari tingkat 3 pun sudah bisa melihat indahnya alam Pulau Salah Namo dari ketinggian. Pulau Salah Namo yang terlihat hijau dengan vegetasinya yang lebat berpadu dengan birunya air laut menghasilkan gradasi warna yang indah. Di sekitar pulau juga terlihat kapal-kapal yang sedang berlabuh. Di sisi yang lain juga terlihat beberapa pulau kecil lainnya.

Indah sekali cuy. 

Pulau Salah Namo
Pemandangan Pulau Salah Namo dari ketinggian
Pulau Salah Namo
Backpacker ganteng dan unyu di Pulau Salah Namo

42 comments:

  1. Oh astaga! Sejarah nama pulau ini kok bikin aku ngakak 🀣. Kurang ajar ya yang kasih nama pulau ini waktu awal-awal 🀣. Pantas akhirnya nama pulau ini jadi "Salah Namo", maksudnya tuh "salah nama" toh 🀣. Astaga, lucu sekaliii!
    Dan aku akui pemandangan di pulau ini cantik sekaliiii. Airnya bersih, alamnya masih alami sekali 😍
    Biaya perjalanannya juga termasuk pas di kantong. Enak sekali kalau bisa kabur ke Pulau Salah Namo untuk refreshing 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itulah Mbak, syukur aja nama pulau ini diubah. Kalo nggak, kan malu sih ditanya orang libura ke mana? Liburan ke Pulau .... 🀣

      Kalo pemandangan alamnya emang juara Mbak, cakep abis lah pokoknya.

      Biayanya juga cukup terjangkau, mantul banget.

      Delete
  2. Waaduuhh mas mantep banget Nuansa pulau Salah Namo Sumatra Utara ini..😊


    Meski ada sejarah kelam tentang sebuah Nama, Tetapi tidak membuat keasri,an Alam Pulau Salah Namo berubah... Pulau itu tetap dengan gaya serta Nuansa alamnya yang bikin pengunjung selalu akan terlena jika sudah disana..😊😊

    Bahkan kalau saya lihat dari gambar2nya Pula Salah Namo bisa setara dengan pemandangan alam yang ada Di eropa..πŸ˜ŠπŸ‘πŸ‘

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget tuh Mas, meski dulu namanya nggak bener, tapi pesona alamnya nggak kalah cantik.

      Delete
  3. Beneran ini sih cantik banget pulaunya, adem, bersih, sejuk, hua hua hua, jadi kangen banget liburan, udah bosen #dirumah aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sesekali liburan dong Mbak, biar nggak bosen di rumah mulu.

      Delete
  4. Pasti dulunya pulau ini gak sengaja dikasih nama yang gaj sesuai keinginan, salah namo wkwk

    Murah juga kak hanya bermodalkan 50ribu udah bisa ngetrip seger kek gitu. Ini saya mumet di rumah, pengen mancing ke danau jernih deh rasanya. Sayangnya di daerah ku air sungai yang warnanya keruh, efek dari tanahnya juga sihπŸ™ˆπŸ™ˆ

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, dulu nama pulau ini pake nama organ intim wanita, ntah siapa yang kurang kerjaan bikin namanya itu.
      Jadi diubah deh.

      Emang cukup murah Mbak.

      Wah... Coba cari info di sana, pasti ada danau yang cakep juga buat didatangin, daripada mumet di rumah.

      Atau datang aja ke sini, ada Danau Toba. 🀣

      Delete
  5. cakepppp ihhh, dan aku baru pertama denger nama pulau ini.
    biasanya kalau aku akan berkunjung ke kota yang baru, pasti browsing dulu, karena belum berkunjung ke daerah sumatra utara jadi belum explore wisata apa aja yang ada disana
    seandainya tau pun kayaknya pilih ikutan open trip aja, biar gampang juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pulau ini emang masih terkenal di kalangan wisatawan lokal aja sih Mbak, jadi yang di luar Sumatera Utara belum banyak yang tau.

      Opentrip emang lebih mudah, nggak repot, jadwalnya pun pasti.

      Delete
  6. Yang mau kesini tapi gak pernah kesampean. Padahal gak jauh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo gitu sesekali ke sini dong, kan nggak jauh kak.

      Delete
  7. Muy hermoso tu espacio informativo sobre viajes , costos, lugares !!! Esta entrada es preciosa , bellisima isla con muchas posibilidades de vacacionar a bajo costo!! Muchas gracias

    ReplyDelete
    Replies
    1. Muchas gracias por el cumplido y gracias por visitar este sitio.

      Delete
  8. Wkwkwk kok bisa namanya mirip dengan organ kelamin wanita, akhirnya daripada bikin malu maka dibuat salah Namo.

    Waduh, cara yang ketiga amazing banget, tinggal berenang ke pulau salah Namo, semoga saja ngga ada hiu gigit.🀣

    Berarti luas juga ya pulaunya, mana ada goa nya segala. Ngga rugi keluar uang 50 ribu buat kesana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya itulah Mas yang saya kurang tau.
      Kok bisa lah orang jaman dahulu bikin namanya semesum itu.

      Ahahaha... Kan biar banyak pilihan Mas, mana tau ada yang mau cara gratis, gratis ke akhirat. 🀣

      Cukup luas juga Mas, goanya pun lumayan juga ukurannya.
      Untuk harga Rp. 50.000 udah untung banget lah Mas.

      Delete
  9. Aku tadi kira mas nya di Palembang, ternyata ini pulau yang di Sumatera Utara yaa. Di Palembang jg ada nama pulau Salah Nama, dan dalam Bahasa Palembang, nama disebut "namo". Terletak di tengah sungai Musi. Unik ya namanya hahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah... Saya malah baru tau kalo di Palembang juga ada Pulau Salah Namo, boleh juga tuh ntar dikunjungi.

      Delete
    2. Ayoo mas, ditunggu ke Pulau Salah Namo yg di Palembang πŸ˜€πŸ™

      Delete
    3. Siap Mas, setelah pandemi ya Mas. 😁

      Delete
  10. Hi good afternoon. All right? I am Brazilian, from Rio de Janeiro and I want to present my Blogger. New friends are welcome, no matter the distance. I would like to invite you to follow my Blogger. I'm the follower number 13.

    https://viagenspelobrasilerio.blogspot.com/?m=1

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi good afternoon too.
      thank you for the invitation, i will visit later. πŸ‘

      Delete
  11. Jos banget view alamnya, indah banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas, saya juga setuju.
      Pemandangan alamnya emang juara.

      Delete
  12. Wuauuu imΓ‘genes divinas, un precioso lugar, de ensueΓ±o.

    Besos.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Muchas gracias por el cumplido y gracias por visitarnos tambiΓ©n.

      Delete
  13. Wah asal muasal namanya aneh juga yaa. Itu yg bikin awal namanya ngeselin juga ya πŸ˜…

    Naik menara telekomunikasinya serem ga mas? Apalagi klo angin2 kan.. tp pemandangan dr atasnya bagus yaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahaha... Emang kurang ajar tuh yang ngasi nama awal-awal.

      Serem juga sih Mbak, tapi karena pemandangannya cakep, jadi nggak apa-apa. πŸ˜†

      Delete
  14. Ajakin aku mas. Haha...
    Udah backpakeran lagi mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk ke sini Mas.

      Masih backpackeran sekitaran kampung aja sih Mas, belum berani kalo jauh-jauh.

      Delete
  15. Tebing batunya bikin ngiler pengen kesana yaampun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo gitu lain kali harus ke sini Mas, dijamin nggak bakal nyesel deh.

      Delete
  16. Bagus banget pulaunyaaa. Kalo ke sana bagusan pagi-pagi apa siang juga oke?
    Itu menaranya lumayan serem ya,, tapi view dari atas cakep banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pagi juga oke Mbak, sore juga cakep, bisa liat sunset.

      Menaranya emang serem sih Mbak, tapi pemandangannya cakep, jadi beraniin diri aja.

      Delete
  17. Pulau salah namo, saya udah menebak pasti salah nama, πŸ˜… open trip cukup murah lah mas, soalnya saya pernah open trip ke lampung dengan biaya 450ribu, pengalaman yang seru.
    Makasih info pulau salah namo nya mas. Ntr kalo ada destinasi bolelah maen kesana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di sini emang lumayan murah sih Mas, tapi ada harga pasti ada kualitas Mas.
      Bisa aja di Lampung itu, jaraknya lebih jauh atau pulaunya lebih cakep lagi.

      Sama-sama Mas, terima kasih juga udah mampir. 😊

      Delete
  18. Boa tarde Rudi. Obrigado pela visita. Gostaria de lhe convidar a seguir o meu Blogger. A parte de seguidores estΓ‘ depois do tradutor com bandeiras do lado direito.

    ReplyDelete
    Replies
    1. muito obrigado pelo convite mais tarde irei visitar lΓ‘.

      Delete
  19. Wah keren banget pulau salah namo nya ..ada pemandangan lautnya.. ada dataran tinggi nya juga..
    Mantap nih open trip nya terjangkau tapi memuaskan wisatawan..
    Nice trip.πŸ‘ŒπŸ™‚

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, Pulau Salah Namo ini cukup favorit juga sih di sini, karena wisatanya lengkap, pemandangannya juga indah.
      Biaya buat ke sana juga cukup terjangkau.

      Delete
  20. Jadi kangen jalan-jalan ke destinasi alam.. kangen pantai di Lampung.. banyak yang pantainya bersih.. semoga virus kopid cepat berlalu biar bisa bertamasya lagi.. aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, semoga covid-19 ini cepat selesai. Aamiin...
      Biar bisa traveling lagi yang jauh-jauh.

      Delete

Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan sopan :)