Thursday, October 22, 2020

Roti Ganda, Oleh-Oleh Khas Pematang Siantar

Roti Ganda Pematang Siantar
Ada banyak kue di Roti Ganda

Roti Ganda adalah sebuah roti tawar yang diolesi srikaya, mentega ataupun meses. Roti ini merupakan oleh-oleh khas Pematang Siantar yang cukup terkenal di Sumatera Utara.

Hai sahabat backpacker...

Setelah sebelumnya aku dan adikku menukarkan uang peringatan kemerdekaan 75 tahun Republik Indonesia di Bank Indonesia cabang Pematang Siantar, rencananya kami akan sekalian sholat jumat di Masjid Raya Pematang Siantar yang terletak tak jauh dari gedung Bank Indonesia.

Baca juga: Menukar Uang Baru Rp.75.000 di Bank Indonesia Pematang Siantar

Tapi jam di pergelangan tanganku belum lagi menunjukkan pukul 10 pagi. Jadi waktu sholat jumat masih lama. Untuk membunuh waktu, rencananya kami akan berwisata dahulu di Museum Simalungun yang letaknya tak jauh dari Bank Indonesia Pematang Siantar. Namun kami harus kecewa karena selama pandemi ternyata museum tersebut ditutup.

Aku lantas mencoba mengarahkan motor ke Vihara Avalokitesvara yang punya patung Dewi Kwan Im tertinggi di Asia Tenggara. Namun lagi-lagi kami harus gigit jari, vihara ini juga ditutup untuk umum selama pandemi.

Oh ayolah!!! Covid-19 ini nyebelin banget. Mau wisata kemanapun jadi susah. Objek-objek wisatanya juga pada ditutup. Cepatlah kau pergi korona! Hush... hush...

Pada akhirnya kami jadi bingung mau kemana. Padahal udah jauh-jauh datang ke Pematang Siantar. Tapi apalah daya, kondisinya tak memungkinkan. Akhirnya kami putuskan untuk pulang aja. Apalagi di sini sekarang turun hujan setiap sore, jadi kuusahakan agar tak pulang kesorean. Kan nggak seru kalo kehujaan saat naik motor.

Namun sebelum pulang, aku memutuskan untuk singgah sejenak di Toko Roti Ganda, sebuah toko roti yang sangat terkenal di Pematang Siantar untuk membeli oleh-oleh.

Alamat Toko Roti Ganda

Toko Roti Ganda beralamat di Jalan Sutomo No. 89, Kecamatan Siantar Selatan, Kota Pematang Siantar. Tokonya berada di pusat Kota Pematang Siantar sehingga cukup mudah untuk dikunjungi. 

Roti Ganda Pematang Siantar
Toko Roti Ganda di Jalan Sutomo, Pematang Siantar

Selain itu, toko ini juga dibuka di Jalan Kartini No.21, Kelurahan Proklamasi, Kecamatan Siantar Barat, Kota Pematang Siantar. Toko di Jalan Kartini ini letaknya tak jauh dari stasiun kereta api Pematang Siantar.

Roti Ganda Oleh-Oleh Khas Siantar

Sebenarnya Roti Ganda ini adalah sebuah roti tawar yang di belah dua dan di tengahnya dioleskan srikaya, ataupun cream dan taburan meses. Yang membuat roti ini begitu populer adalah rasa rotinya yang empuk dan lembut. Selai srikayanya juga punya rasa yang mantul. Sedangkan jika memilih isian cream dan meses, mesesnya itu nggak pelit, alias banyak banget. Sebungkus roti ganda ini dihargai seharga Rp. 16.000 aja. Nantinya roti ini akan dibungkus dengan pembungkus kertas. 

Roti Ganda Pematang Siantar
Antri membeli roti ganda

Selain roti ganda, toko roti ini juga menjual kue-kue lain dengan rasa yang tak kalah enak seperti bika ambon, bolu gulung, bolu pisang, brownies, donat, roti-roti kecil dan berbagai kue oleh-oleh lainnya seperti kue kering, kacang, dan lain-lain. Semuanya telihat menggiurkan dan enak banget. 

Roti Ganda Pematang Siantar
Aneka kue-kue lain

Btw, kalo kalian nanya, kok nggak ada foto roti gandanya?

Roti gandanya keburu abis begitu nyampe di rumah. Jadi nggak disempat difotoin, wkwkwkwk...

22 comments:

  1. Toko Rotinya besar amat ya??? Eeets??? Tapi aku penasaran roti ganda itu seperti apa sih ??? Apa Kirin roti ban ya, seperti yang sering aku buat bersama bunda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Roti Ganda itu sejenis roti tawar atau roti bantal yang diolesi srikaya Mbak.

      Maaf nggak ada fotonya Mbak. 🀭

      Oh ya, blog Mbak kok nggak bisa dibuka ya?
      Katanya harus ada izin aksesnya baru bisa diliat.

      Delete
  2. Wwkkkk .. laah kok kebure ludes tandas masuk ke usus dua belas jari sih roti gandanya sebelum sempat difoto sih ?.
    Keburu tergoda sama lezatnya roti yaaa ...

    Mungkin, roti ganda ini beda istilah dengan di pulau Jawa yang disebut roti panggang.
    Benarkah demikian mas ?.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahahaa... Rasanya enak Mas, jadi cepat banget abisnya. 🀣

      Mungkin juga sih Mas, saya juga kurang tau roti panggang itu yang seperti apa.

      Delete
  3. Wah mantap ini roti khas Sumut dengan. Mungkin disebut roti ganda ini karena ukurannya yang jumbo hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin juga sih Mas, karena itu disebut ganda. πŸ˜†

      Delete
  4. dari gambarnya kelihatan enak banget mas apalagi aslinya hohoho :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo aslinya enak banget dong Mas. Bikin pengen nambah. 😁

      Delete
  5. Kalau dulu mas rame banget pas saya singgah, sampe2 karyawannya itu kewalahan liat pelanggannya. Sekarang uda buka ada cabangnya, jadinya gak perlu serobot antrian nih XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya kemarin tuh ke sini pas hari libur dan sore hari, rame juga Bang, sampe nggak bisa motret apapun.

      Tapi karena ini datangnya hari jumat dan masih pagi, jadi masih sepi.

      Delete
  6. Wkwkwk nyariin foto roti gandanya kok nggak ada, ternyata udah keduluan masuk ke perut 🀣.
    Aku sekarang jadi penasaran gimana bentuk roti ganda 🀣 kalau gitu, saatnya bertanya ke Mbah Google untuk menghilangkan rasa penasaranku ini πŸ™ˆ

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahahaha... Iya Mbak, begitu nyampe rumah, rotinya langsung diabisin ama keluarga dan adik-adikku.
      Jadi nggak keburu difotoin. 🀣

      Delete
  7. eh aku penasaran loh mas, kok g ada foto rotinya? hm.. jadi perkaranya udah ludes 🀣
    iya deh, bisa jadi bukti kalau emang senikmat itu rotinya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahaha... Begitulah Mbak, nggak sempat kefoto, keburu abis duluan rotinya. 🀣

      Delete
  8. Ini saya pas baca artikelnya Kak Rudi, lagi sakit gigi lho. Lihat roti-roti yang berjejer itu kok jadi ngilu yah. Manisnya berasaπŸ˜…πŸ™ˆ

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh... Obatin dulu giginya, biar bisa makan yang manis-manis, kayak Roti Ganda ini.

      Semoga cepat sembuh ya Kak Reskia. 😊

      Delete
  9. aku udah berimajinasi sendiri aja hehehe, roti tawar lalu ditengahnya ada selai srikaya, sepertinya mirip kayak roti yang biasa jadi temen aku nyamil barengan sama kopi
    yang jelas kalau udah lama ga makan roti srikaya, waktu balik makan lagi terasa nikmatttt sekaleehhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahaha... Bener banget tuh Mbak, rasanya juga bisa bikin nostalgia.

      Delete
  10. Yah, foto roti yang jadi pemeran utamanya malah gak ada. Mantap bikin penasaran :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahaha... Maaf Kak, beneran nggak sempat kefoto. πŸ˜†

      Delete
  11. Ditempatku kayaknya belum nemu juga roti seperti ini, yang ada srikayanya itu. Jadi pengen nyoba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Roti Ganda ini emang khusus di Pematang siantar aja sih Bli.
      Jadi susah dicari di kota lain.

      Delete

Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan sopan :)