Monday, October 5, 2020

Danau Dendam Tak Sudah Bengkulu, Tempat Asyik Untuk Bersantai

Danau Dendam Tak Sudah

Hai sahabat backpacker, hari ini adalah hari kedua ku di Bumi Rafflesia. Setelah kemarin aku udah menjelajahi beberapa objek wisata yang ada di Kota Bengkulu, dan pagi tadi aku juga udah menyelesaikan ujian yang harus ku ikuti. Maka sebelum pulang ke kampung halaman di esok hari, aku pun memutuskan untuk melakukan petualangan lagi di siang menjelang sore ini dan tujuanku adalah Danau Dendam Tak Sudah.

Unik bangetkan namanya?

Sejarah Nama Danau Dendam Tak Sudah

Nama danau ini memang terdengar unik dan cukup serem juga sih. Ada beberapa versi cerita tentang asal muasal penamaan danau ini. Yang pertama adalah cerita tentang seekor buaya yang kehilangan ekornya karena bertarung dengan buaya Lampung. Hal inilah yang membuat sang buaya memendam dendam tak berkesudahan terhadap buaya Lampung.

Cerita yang kedua yaitu tentang kisah cinta sejoli yang tak direstui oleh orang tua mereka sehingga mereka bunuh diri di danau ini dan menjadi lintah raksasa yang menyimpan dendam tak berkesudahan akibat kisah cinta yang tragis.

Dan yang terakhir adalah cerita tentang pemerintah kolonial yang dulunya ingin membangun DAM di danau ini. Namun pembangunan dam ini tak pernah selesai alias dan berkesudahan hingga disebut Dam tak sudah.

Memang ada banyak versi sih dan terserah mau mempercayai versi yang mana pun. Namun yang pasti danau ini jadi punya nama yang unik dan menarik sehingga membuatku tertarik untuk melihat danau ini secara langsung.

Alamat Danau Dendam Tak Sudah

Danau Dendam Tak Sudah terletak di Jalan Danau, Dusun Besar, Kecamatan Singaran Pati, Kota Bengkulu.

Jalan Danau, Kota Bengkulu

Cara menuju Danau Dendam Tak Sudah

Danau ini letaknya ada di tepian Kota Bengkulu. Untuk mencapainya bisa menggunakan ojol dengan harga sekitar Rp. 10.000 dari pusat kota. Kalo untuk angkutan umum, aku kurang tau sih. Tapi biasanya bus-bus antar kota antar provinsi melewati danau ini untuk keluar dari Kota Bengkulu. Aku sendiri pergi ke sana dengan mengandalkan babang ojol. Brmmmm... brmmm... maju bang.

View Danau Dendam Tak Sudah

Tak sampai 10 menit berkendara dari pusat kota, kami pun tiba di kawasan Danau Dendam Tak Sudah. Namun karena tidak ada spot khusus yang disediakan di danau ini, maka aku berhenti di salah satu warung yang menjajakan kelapa muda yang ada di pinggir danau. Warung-warung ini menyediakan bangku-bangku yang menghadap ke arah danau.

Bangku-Bangku di tepi Danau Dendam Tak Sudah

Setelah memesan kelapa muda agar nggak segan buat duduk-duduk di sana, aku pun segera mengambil posisi menghadap ke arah Danau Dendam Tak Sudah. Meski nama danau ini serem, namun pemandangan yang terlihat dari tepian danau ini cukup indah.

Danaunya luas dan perairannya tenang, bersih dan jernih. Sedangkan di seberang sana, di kejauhan terlihat deretan pegunungan yang seolah-olah memagari keindahan alam Danau Dendam Tak Sudah ini.

Pepohonan yang rindang di tepi danaunya, angin yang bertiup sepoi-sepoi dan segarnya es kelapa muda juga membuat aku merasa nyaman banget buat duduk nyantai di sini sambil menikmati indahnya pemandangan alam.

Es kelapa muda di Danau Dendam Tak Sudah

Pepohonannya rindang

Di kejauhan terlihat barisan pegunungan

Menurutku sih danau ini juga spot yang cantik untuk melihat matahari terbit karena posisinya yang menghadap ke sisi timur. Sayangnya aku nggak berani untuk datang ke sini pagi-pagi buta sendirian, tapi kalo rame-rame, seru juga kayaknya. Mungkin ada teman-teman yang tertarik?

Sang backpacker di Danau Dendam Tak Sudah

30 comments:

  1. Wuiih ...ternyata viewnya ketjeeh ..., ngga seseram namanya.
    Menurutku pasti banyak kisah urban legend di lokasi seperti ini.
    Betul ngga, mas ?.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas, namanya emang serem tapi pemandangannya juara.

      Bener banget tuh Mas, kalo kisah urban cukup banyak sih di danau ini, kayak ada yang liat buaya putih, buaya puntung, lintah raksasa, dan lain-lain.

      Delete
  2. Subekhanallah ??? Danaunya bagus banget bersih, dan airnya itu lho??? Jernih banget tapi tetap serem sih apalagi kalau duduk - duduk santai di tepian danau bisa - bisa jantungan. Dan ??? Selamat ya??? Udah selesai ujiannya, semoga kamu terpilih jadi PNS. Amin ya robbal Al Amin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Danaunya emang cakep Mbak, keren abis lah pemandangannya.

      Aamiin... Terima kasih banyak buat doanya ya Mbak.

      Delete
  3. Wow pemandangan danaunya cantik ya, ngga sesuai namanya yang seram. Enak juga minum air kelapa muda sambil memandangi danau, barang kali nanti ada putri duyung muncul.��

    Kalo menurutku, versi yang pas itu yang dua sejoli yang bunuh diri dan dendam karena kisah cinta mereka tak kesampaian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas, namanya doang yang serem tapi pemandangannya mah cantik.
      Kayak kata pepatah, muka preman hati hello kitty.

      Ahahaha... Kalo ada putri duyung seru juga tuh Mas, apalagi kalo putri duyungnya cakep dan baik hati.

      Bisa jadi juga sih Mas, tapi emang banyak versi sih. Namanya juga mitos setempat.

      Delete
  4. Danaunya keren mas, indah asri dan nampknya adem, bikin betah berlama-lama di sana. Namanya jg keren nan unik.. 😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang bikin betah Mas kalo duduk nyantai di sini sambil nikmati es kelapa muda. Anginnya sepoi-sepoi dan adem.

      Delete
  5. Ke sini mancing mbak, mancing gadis-gadis di sana ahhahahahah. Enak bersantai sambil minum kelapa muda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahaha... Kemarin saat saya di sini pun Mas, pas lagi moto-moto diliatin cewek-cewek setempat. Manis-manis loh ceweknya. 🤣

      Delete
  6. namanya unik dan serem yaa, cerita di balik penamaan itu juga menarik, pasti seru kalau ada cerita legenda yang lengkapnyaa.

    kalau hunting sunrise sendirian, apalagi di tempat yg jauh dari tempat tinggal kita, memang rasanya serem2 gtu yaa, harus ada kawan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo cerita-cerita ama penduduk sekitar, terutama yang tua-tua pasti bakal diceritain berbagai legenda dan mitos yang ada di danau ini sih Mas.

      Bahkan penduduk biasa kota Bengkulu aja banyak cerita mistis saat aku mau ke danau ini, kayak pernah nemu lintah raksasa dan larangan berenang di danau.

      Iya Mas, kalo hunting sunset pasti rame, tapi kalo sunrise pasti sepi. Jadi serem juga kalo sendirian doang. Padahal sunrise itu indah banget.

      Delete
  7. Namanya unik. Adavyang jual ikan bakar gitu nggak mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo ikan bakar nggak ketemu sih Mas, rata-rata jualannya kelapa muda.

      Tapi mungkin ada sih, saya aja yang kurang explore.

      Delete
  8. es kelapa mudane kok ga difoto mas rudi?
    versi terserem ujarku nomor 2 yang berubah jadi lintah mas :D

    tapi namanya memang bikin terngiang ngiang sih saking panjang dan mirip sebuah kalimat malah ya si danaunya ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang serem sih kalo jadi lintah gitu, rasanya juga geli kalo liat lintah.

      Ahaha... Namanya emang unik Mbak, tapi itu yang bikinnya jadi menarik.

      Delete
  9. ealah ternyata es kelapanya dah difoto deng xixixi, ku kelewat ngliat fotonya hahahha, punten mas rud, semoga ujiannya berbuah baik dan diterima kerja sesuai cita cita

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahaa... Foto es kelapa mudanya emang nyempil Mbak.

      Aamiin... Terima kasih banyak untuk doanya ya Mbak. 😊

      Delete
  10. Dibalik namanya yang serem tersimpan keindahan yang tiada taraa

    Terbayang pasti sejuuuk sekali duduk duduk di pinggiran danau ini. Kalau saya sih mau pesen es degan.. Gula nya gula jawa, tidak usah terlalu maniss. Soalnya duduknya sudah disamping yang paling maniis 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget tuh Mbak, namanya boleh serem, tapi pemandangannya mah juara.

      Ahahaha.. kalo terlalu manis ntar bisa diabetes ya kan Mbak. 🤣

      Delete
  11. Namanya sereeeeem wkwkwkwk. Lgs ngebayanginnya ini danau suka merenggut korban jiwa :D.

    Tp memang cakep. Ga kebayang kalo bisa dapet sunrise dari sana mas ;) . Tp iya sih, serem juga kalo cm sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahahaha... Dari namanya emang serem banget Mbak, kayak danau yang selalu minta tumbal nyawa orang-orang.

      Iya Mbak, danaunya pas banget ngadep ke timur, jadi sunrisenya pasti cakep. Tapi kalo sendirian hunting sunrise di sini serem juga sih Mbak. Harus bareng temen lah.

      Delete

Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan sopan :)