Wednesday, October 21, 2020

Menukar Uang Baru Rp. 75.000 di Bank Indonesia Pematang Siantar

Bank Indonesia Pematang Siantar
Uang peringatan kemerdekaan 75 tahun Republik Indonesia 

Dalam memperingati 75 tahun kemerdekaan Republik Indonesia, Bank Indonesia mengeluarkan uang baru edisi khusus kemerdekaan Indonesia pecahan Rp. 75.000.  Uang edisi khusus ini diluncurkan tepat pada tanggal 17 Agustus 2020 yang lalu. Uangnya pun  langsung bisa dipesan dan ditukar oleh masyarakat umum melalui Bank Indonesia di seluruh Indonesia.

Meski bukan kolektor, tapi aku cukup menyukai koleksi uang-uang Indonesia. Karena biasanya di uang tersebut banyak tergambar destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Karena itu, aku cukup tertarik untuk mendapatkan uang edisi khusus ini.

Cara Menukar Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia

Cara untuk menukar uang edisi khusus kemerdekaan ini ternyata mudah banget. Berikut ini cara untuk mendapatkannya:

1.    Buka web pintar bi go id

2.    Pilih provinsi, lokasi penukaran dan tanggal penukarannya, lalu klik pesan. Setelah itu pilih jam penukaran dan klik lanjutan.

Bank Indonesia Pematang Siantar
Pilih lokasi penukaran dan jadwalnya

3.    Akan muncul tampilan data pemesan. Isi nomor identitas (KTP), nama lengkap sesuai KTP, nomor telepon dan alamat email.

Bank Indonesia Pematang Siantar
Isi data diri

4.    Lalu ceklis kotak dengan tulisan ‘Dengan ini saya menyatakan bahwa data yang telah saya masukkan adalah benar.” klik pesan.

5.    Dengan demikian selesailah bagian pemesanannya.

Nantinya kita akan mendapatkan email yang berisi bukti pemesanan uang peringatan kemerdekaan 75 tahun RI bersama kode pemesanannya. Bukti pemesanan ini harus disimpan dan ditunjukkan pada saat penukaran.

Saya sendiri memilih jadwal penukaran pada hari Jumat dan lokasinya adalah Bank Indonesia Pematang Siantar. Karena cabang inilah yang terdekat dari tempat tinggalku. Meski yang terdekat, jaraknya tetap 3 setengah jam perjalanan juga sih, alias 104 KM.

Karena itu, hari Jumat kemarin aku berangkat pukul 6 pagi dari rumah sehingga bisa tiba tepat waktu di Bank Indonesia Pematang Siantar. Aku pergi bersama adikku, Fadil melalui rute Kisaran-Lima Puluh-Perdagangan-Pematang Siantar menggunakan sepeda motor. Sekitar pukul 9.20 kami pun tiba di Kota Pematang Siantar.

Setelah menunjukkan bukti pemesanan yang tersimpan di hp, kami dipersilahkan untuk masuk ke dalam. Ruang penukarannya ada di lantai dua. Suasananya cukup lenggang dan sepi, perharinya jumlah penukar memang dibatasi. Kursi di ruang tunggunya pun dibuat berjarak, sesuai aturan protokol kesehatan. 

Bank Indonesia Pematang Siantar
Harus menerapkan protokol kesehatan
Bank Indonesia Pematang Siantar
Antri dulu
Bank Indonesia Pematang Siantar
Suasananya sepi

Hanya ada satu orang yang sedang menukarkan uang saat itu. Jadi aku tak terlalu lama menunggu dan akhirnya giliran ku pun tiba. Setelah mencocokkan ktp, menandatangani bukti penerimaan dan menyerahkan uang Rp. 75.000, aku pun menerima uang edisi khusus kemerdekaan lengkap dengan plastik pembungkusnya.

Hore!!!!!

Desain Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia

Desain uang peringatan ini cukup keren juga, bagian depannya menggambarkan rasa syukur atas kemerdekaan dan digambarkan dengan gambar tokoh proklamasi Soekarno dan Mohammad Hatta serta gambar pengibaran bendera Merah Putih. Selain itu juga dilengkapi dengan gambar berbagai pencapaian pembangunan selama 75 tahun yang digambarkan dengan MRT, Tol Jawa dan Jembatan Youtefa yang ada di Papua.

Di bagian belakang desainnya bermakna memperteguh kebhinekaan yang digambarkan dengan potret anak-anak berpakaian adat mewakili wilayah Indonesia Barat, Tengah dan Timur. Kemudian diselipkan juga motif tenun nusantara yang diwakili tenun dari Bali, batik dari Jawa dan songket dari Sumatera. Selain itu, di bagian belakang ini juga memiliki desain yang bermakna menyongsong masa depan yang gemilang dan digambarkan dengan satelit merah putih dan peta Indonesia yang berwarna emas.

Desain uang peringatan kemerdekaan 75 tahun Republik Indonesia ini keren abis.

Bank Indonesia Pematang Siantar
Desain uang peringatan kemerdekaan 75 tahun Republik Indonesia

Bank Indonesia Pematang Siantar

Sedikit cerita mengenai Bank Indonesia Pematang Siantar ini. Bank ini beralamat di Jalan Adam Malik No. 1, Timbang Galung, Kecamatan Siantar Barat, Kota Pematang Siantar. Lokasinya tak jauh dari Lapangan Merdeka Pematang Siantar, Masjid Raya Pematang Siantar, Taman Hewan Pematang Siantar dan Museum Simalungun. 

Bank Indonesia Pematang Siantar
Bank Indonesia Pematang Siantar
Bank Indonesia Pematang Siantar
Aku di Bank Indonesia Pematang Siantar

26 comments:

  1. wah aku blom punya uang 75 ribu ini mas rudi, ternyata lumayan mudah juga ya, pertamanya online dulu lalu ke BI, btw desain gambar uangnya makin semarak dengan adanya background gambar MRT, Tol Jawa dan Jembatan Youtefa yang ada di Papua serta anak anak dengan baju adat seluruh nusantara yang mencerminkan kebinekatunggalikaan ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, cukup mudah kok.
      Pertama daftar dulu secara online.
      Terus bawa bukti dan ktp nya ke Bank Indonesia, dan dapet deh uangnya.

      Bener banget tuh Mbak, desain uangnya mencerminkan kebhinekaan Indonesia banget.

      Delete
  2. akhirnya bisa menukarkan uang pecahan 75 ribuan ya, Mas. sayangnya di desaku belum pernah melihat edaran uang 75 ribu ini, karena masih langka kali ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena 1 ktp cuma boleh nuker 1 lembar doang Mbak, jadi cukup langka juga sih uangnya.

      Delete
  3. Aku belum punya uang pecahan 75 ribu ini, aku cari di toko toko pantesan tak ada, ternyata harus pesan dulu lalu datang ke bank Indonesia ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas, kalo dicari di toko online, harganya pun pasti mahal. Mending tuker langsung ke Bank Indonesia.

      Delete
  4. uang 75ribu ini emang pas untuk koleksi, g cocok kalau dibuat beli bakso, ntar abang baksonya bingung duitnya asli apa enggak
    hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahaha... Udah gitu sayang dong Mas kalo buat jajan. Mana uangnya cuma ada selembar pulak tuh perKTP.

      Delete
  5. Aku belum pernah menyentuh uang spesial ini sampe sekarang. Tapi perlu dikoleksi uang ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo gitu harus ikutan nuker ke Bank Indonesia dong kak, biar bisa ngoleksinya.

      Delete
  6. Kak Rudi, sungguh harus aku kasih jempol karena niatnya dalam mendapatkan uang 75rb ini begitu besar karena menempuh jarak 104KM itu nggak main-main jauhnya 😭
    Aku sendiri juga pengin menukar tapi tempat penukarannya jauh dari rumahku meskipun nggak sejauh Kakak tapi rasanya berat wkwkw 😂. Padahal uangnya sih cakep banget, aku suka desainnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu udah cabang yang paling deket Kak Lia. Kalo ke Cabang Kota Medan malah lebih jauh lagi.
      Tapi demi dapatin uangnya, nggak apa-apa deh, sekalian jalan-jalan juga.

      Ahahaha... Semangat dong, lumayan kan dapat uang baru.

      Delete
  7. Aku belum pernah lihat langsung uang edisi khusus ini nih. Mungkin yang punya juga disimpan ya untuk koleksi jadi tidak banyak yang beredar :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, karena 1 KTP cuma boleh dapat 1 lembar doang, jadi pada disimpen deh buat koleksi.

      Delete
  8. wahhhhh...aku sempet kepikiran ini bulan2 lalu tp blm terlaksana jugaaa
    padahalkantor BI gak jauhhh

    mudah2an masih ada yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seharusnya masih ada Mbak, makanya buruan tukerin Mbak, ntar keburu abis.

      Delete
  9. Mantap kali perjuangannya untuk mendapatkan uang baru 75 ribu ini yak. Harus menenmpuh perjalanan 7 jam pulang pergi. Btw, saya sendiri belum punya uang 75 ribu ini. Sampai kapankah bisa ditukar?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Begitulah Mas, demi uang baru jarak sejauh itu juga ditempuh. 🤣
      Tapi puas rasanya pas udah dapat.

      Katanya sampe 30 oktober ini masih bisa kok Mas. Buruan deh.

      Delete
  10. Wah boleh dicoba nih, soalnya saya belum punya. Semoa saja saya sempat mencobanya bang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga sempat nukar ya Bang, kalo bisa buruan Bang.

      Delete
  11. Saya sampai saat ini belum pernah pegang uang itu mas, pengen juga rasanya. Makasih infonya mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo pengen nukar, buruan Mas, ntar keburu abis. 😁

      Sama-sama Mas, terima kasih juga udah mampir. 😊

      Delete
  12. jatah uang 75 ribu aku udah ga ada, katanya 1 KTP bisa ditukerin 1 kali. dan waktu itu diambil bos besar semua punya karyawan, jadi ga ada yang punya

    oia disana ga ada larangan dilarang foto ruangan BI ya? terutama yang udah masuk dibagian jejeran kas itu, kalau di kotaku Jember sini kayaknya ada tulisan dilarang ambil foto.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh sayang banget.
      Kalo gitu untung besar dong bos nya.

      Nggak ada larangan sih Mbak, malah ada spot foto di dekat gambar desain uang baru itu.

      Delete
  13. Seru juga main2 di Pantai Garoga. Ternyata ini pantai di tepi Danau TOba toh? Ngebayangin main b=cebur2an di situ bakalan dingin banget ya. Oh ya, suamiku pernah ke Danau Toba tahun lalu pas dinas dari kantornya mampir deh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seru banget dong Mbak, airnya pun segar banget, jadi enak buat main air.

      Delete

Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan sopan :)