Sunday, October 11, 2020

Bangunan Bersejarah di Kota Bengkulu

Bengkulu memiliki sejarah yang yang unik. Ketika wilayah lain di Indonesia berada di bawah jajahan Belanda, maka Bengkulu berada di bawah wilayah Inggris. Hingga akhirnya wilayah ini ditukar Inggris dengan wilayah Singapura kepada Belanda.

Oleh karena itu, kota ini memiliki banyak bangunan tua dan bersejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Berikut ini adalah bangunan sejarah yang ada di Bengkulu. Daftar ini kubuat berdasarkan tempat-tempat yang pernah kukunjungi sendiri ketika traveling ke Bengkulu. Jadi bisa kujamin kebenarannya.

1.    Benteng Marlborough

Benteng Marlborough adalah sebuah benteng besar peninggalan Inggris yang didirikan oleh East India Company (EIC) pada tahun 1713 dan selesai pada tahun 1719 di bawah pimpinan gubernur Joseph Callet. Benteng ini merupakan benteng terkuat Inggris di wilayah Timur setelah Benteng St. Geogre di Madras, India. Meskipun disebut terkuat kedua, benteng ini juga pernah dibakar oleh rakyat Bengkulu hingga pihak Inggris harus mengungsi ke Madras.

Saat ini Benteng Marlborough menjadi salah satu tujuan wisata yang populer di Bengkulu. Di dalam bentengnya terdapat berbagai macam koleksi yang menceritakan tentang perjuangan rakyat Bengkulu dalam melawan penjajahan asing.

Untuk selengkapnya bisa dibaca di sini: Fort Marlborough, Benteng Inggris di Kota Bengkulu. 

Benteng Marlborough

2.    Rumah Pengasingan Bung Karno

Rumah ini merupakan rumah tempat tinggal Bung Karno ketika diasingkan oleh Belanda ke Bengkulu sejak tahun 1938 hingga tahun 1942 karena dianggap melawan kolonial. Rumah ini masih terawat dengan baik dan di dalamnya terdapat banyak koleksi yang berhubungan dengan sejarah Bung Karno seperti sepeda onthel Bung Karno hingga meja rias buatan Bung Karno sendiri.

Untuk selengkapnya bisa dibaca di sini: Wisata Sejarah Di Rumah Pengasingan Bung Karno Di Bengkulu 

Rumah Pengasingan Bung Karno di Bengkulu

3.    Rumah Ibu Fatmawati

Rumah Ibu Fatmawati terletak tak jauh dari Rumah Pengasingan Bung Karno. Rumah ini menyimpan berbagai koleksi yang berhubungan dengan Ibu Fatmawati seperti foto-foto tua, surat, hingga mesin jahit yang dulu digunakan untuk menjahit Bendera Merah Putih yang dikibarkan pada peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 1945.

Untuk selengkapnya bisa dibaca di sini: Mengunjungi Rumah Ibu Fatmawati Di Bengkulu 

Rumah Ibu Fatmawati

4.    Masjid Jamik Bengkulu

Masjid Jamik Bengkulu adalah salah satu masjid tertua di Kota Bengkulu dan dibangun sejak abad ke-18  Saat itu bangunan Masjid Jamik Bengkulu masih sederhana dan masih berbahan kayu dengan atap yang terbuat dari rumbia.

Masjid ini memiliki hubungan yang erat dengan Bung Karno. Karena ketika beliau diasingkan ke Bengkulu, beliaulah yang mendesain renovasi masjid ini. Hingga saat ini desain masjid yang dirancang oleh Bung Karno masih tetap dipertahankan di Masjid Jamik Bengkulu ini.

Untuk selengkapnya bisa dibaca di sini: Masjid Jamik Bengkulu, Masjid Bersejarah Yang Punya Hubungan Erat Dengan Soekarno. 

Masjid Jamik Bengkulu

5.    Bunker Jepang

Bunker Jepang terletak tidak jauh dari Benteng Marlborough dan dibangun oleh Jepang ketika mereka menguasai Indonesia pada tahun 1942 hingga tahun 1945. Bangunannya terbuat dari beton dengan bentuk atap setengah lingkaran. Kondisi bunker ini kurang terawat meski bangunannya masih berdiri kokoh.

Untuk selengkapnya bisa dibaca di sini: Pantai Tapak Paderi, Pondok Sendal Jodoh dan Bunker Jepang 

Bunker Jepang

6.    Gedung Daerah Provinsi Bengkulu

Gedung Daerah Provinsi Bengkulu adalah rumah tinggal bagi Residen Inggris yang memerintah di Bengkulu. Rumah ini dulunya juga sempat menjadi tempat tinggal dari Thomas Stamford Raffles. Saat ini, Gedung Daerah Provinsi Bengkulu difungsikan sebagai rumah dinas Gubernur Bengkulu dan arsitektur aslinya masih dipertahankan.

Untuk selengkapnya bisa dibaca di sini: Tugu Thomas Parr, View Tower dan Gedung Daerah Provinsi Bengkulu 

Gedung Daerah Provinsi Bengkulu

7.    Monumen Thomas Parr

Monumen Thomas Parr dibangun pada tahun 1808 oleh pihak Inggris untuk memperingati insiden pembunuhan Thomas Parr, Residen Inggris yang memimpin Inggris di Tanah Bengkulu. Namun bagi rakyat Bengkulu, tugu ini menjadi simbol perlawanan dan sebuah pengingat bahwa dahulu mereka pernah dijajah oleh seorang yang kejam.

Untuk selengkapnya bisa dibaca di sini: Tugu Thomas Parr, View Tower dan Gedung Daerah Provinsi Bengkulu 

Monumen Thomas Parr

8.    Tugu Simpang Lima Ratu Ramban

Tugu Simpang Lima Ratu Samban adalah sebuah tugu yang berdiri di pusat kota Bengkulu dan tepat di tengah bundaran simpang lima. Nama persimpangannya diambil dari tokoh pahlawan setempat, Ratu Samban, yang gigih berjuang melawan Kolonial Belanda. Sedangkan tugunya berupa patung Ibu Fatmawati yang sedang menjahit bendera Merah Putih. Patung ini pun baru diresmikan tahun 2020. Sebelumnya di tugu ini memiliki patung seorang penunggang kuda.

Untuk selengkapnya bisa dibaca di sini: Berhenti Sejenak di Simpang Lima Ratu Samban 

Tugu Simpang Lima Ratu Samban

9.    Bonus: Museum Negeri Bengkulu

Meski bukan termasuk bangunan bersejarah, tapi Museum Negeri Bengkulu menurutku bisa dimasukin juga ke dalam tempat-tempat bersejarah di Kota Bengkulu. Karena di museum ini terdapat banyak koleksi yang berhubungan dengan sejarah dan budaya masyarakat Bengkulu. Museum ini terletak di Padang Harapan, Kecamatan Gading Cempaka, Kota Bengkulu dengan harga tiket cuma Rp. 3000 saja.

Untuk selengkapnya bisa dibaca di sini: Museum Negeri Bengkulu: Mengenal Sejarah dan Budaya Bengkulu 

Museum Negeri Bengkulu

30 comments:

  1. Unik ya Bengkulu, satu-satunya jajahan Inggris di Sumatera walaupun pada akhirnya ditukar dg Singapura oleh Belanda. Lalu, kayany Belanda ngga bikin bangunan baru ya? Kaya ngga ada bangunan peninggalan Belanda di sana, semua bangunan pasa penjajahan Inggris..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas, di saat yang lain ada di bawah jajahan Belanda, hanya Bengkulu yang ada di bawah kependudukan Inggris.

      Kebanyakan emang peninggalan Inggris sih Mas di Bengkulu ini. Kalo peninggalan Belanda sedikit.

      Delete
  2. Ternyata banyak ya peninggalan sejarah di kota Bengkulu, selama ini saya hanya tau ttg Rumah Pengasingan Bung Karno dan Rumah Fatmawati saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Peninggalan bersejarah di Kota Bengkulu cukup banyak juga Mbak, bahkan yang saya tulis itu pun belum semuanya.

      Dan asyiknya, kebanyakan peninggalan bersejarah itu masih terawat.

      Delete
  3. Banyak juga ya peninggalan sejarah di Bengkulu, kirain aku cuma benteng Marlborough, rumah pengasingan bung Karno, tugu simpang lima ratu samban, eh ternyata masih banyak lagi yang lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada banyak Mas, dan itu malah belum semuanya.
      Karena kemarin cuma sempat ngunjungi itu doang.

      Delete
  4. Dari 9 bangunan diatas yang masih punya kesan seram cuma yang nomor satu menurut saya yaitu Benteng Marlborough. Seolah masih meninggalkan sejarah masa lalu dalam hal penjajahan perang.😊

    Kalau yang lainnya seperti telah sering direnovasi...Mungkin karena usianya yang sudah cukup lama kali yaa mas..😊😊

    Mantap ulasan sejarahnya mas..👍👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benteng Marlborough emang cukup seram sih Mas, masih ada beberapa bagiannya yang dibiarkan kosong. Selain benteng ini, bunker Jepang juga serem Mas. Aura spooky nya kerasa banget.

      Delete
  5. kalau dengar kata bengkulu yg teringat sama aku itu pantai panjang dan tempat pengasingan bung karno. Banyak juga ya peninggalan sejarah lainnya disana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, selain Pantai Panjang dan Rumah Pengasingan Bung Karno, masih banyak tempat yang menarik di kota ini Mbak dan rata-rata masih terawat dengan baik.

      Delete
  6. wah, udah lama gak wisata sejarah. pengen mampir ke Bengkulu nih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo gitu selanjutnya berwisata sejarah dong Kak. Biar seru.

      Delete
  7. Keren banget di Bengkulu ternyata banyak sekali tempat-tempat bersejarahnya 🤩
    Kalau dilihat dari foto, aku paling terkesan dengan bangunan yang sekarang menjadi rumah dinas gubernur Bengkulu sebab penampilan luarnya sungguh cantik 🙈

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren banget dong, wisata sejarahnya ada banyak.

      Ya cakep lah Mbak, namanya juga tempat tinggal Gubernur. 😆

      Delete
  8. Banyak ya peninggalan banguna bersejarah di kota Bengkulu. Salah satunya aku tertarik dengan tempat pengasingan bung Karno, rumah ibu Fatmawati dan satu lagi benteng Malrborough kayak nama merk rokok.hehehe. Tapi semua peninggalan bersejatah ini patut dikunjungi untuk mengenang sejarah masa perjuangan dulu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget tuh Mbak, sambil berwisata sejarah, menikmati arsitekturnya juga bisa nambah pengetahuan saat ngunjungi bangunan peninggalan bersejarah ini.

      Delete
  9. Aku terpaku sama Benteng Marlborough, soalnya dari pengucapannya saja langsung keinget sama konten salah satu influencer asal Inggris, dia ngasih tau pengucapan kata marlborough yang bener, soalnya banyak orang Indonesia yang ngucapinnya malboro

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahaha.. iya sih Mbak, kalo orang Indonesia pasti susah ngucapin Marlborough. Saya aja pasti nggak bisa. 😆

      Contohnya tuh di Yogya, dari nama Marlborough menjadi Jalan Malioboro.

      Delete
  10. bangunanya epik-epik banget mas, cocok banget ya ke bengkulu wisata ke tempat twrsebut :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dong Mas, kalo ke Bengkulu wajib ke tempat-tempat di atas, dijamin asyik.

      Delete
  11. Duh itu rumputnya pengen gue pake piknik makan-makan bareng doi wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahaha... Gelar tiker, terus makan-makan kue bareng si doi ya Mas. 🤣

      Delete
  12. asyiik, udah disarikan spot spot menarik di Bengkulunya mas rudi, siapa tahu kelak aku bisa nyampai Bengkulu dan mendatangi tempat tempat penuh sejarah ini

    favorit aku rumah pengasingan bung karno yang mana di situlah pertama kalinya beliau merajut cinta dengan sang ibu negara ibu fatmawati, selanjutnya yang museum berbentuk octagonal kemaren mas itu dari sisi arsitekturnya keren, walaupun sudah agak kurang terawat karena umur bangunan yang sudah tua ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, udah dibuat tuh daftarnya Mbak.

      Semoga nanti bisa sampe ke Bengkulu ya Mbak. Aamiin...

      Rumah Pengasingan Bung Karno emang menarik Mbak, ada kisah Bung Karno dan Ibu Fatmawati di sana.

      Monumen Thomas Parr ya Mbak, arsitekturnya emang keren sih, posisinya juga deket ama Benteng Marlborough.

      Delete
  13. Benteng Marlborough dari jaman th 1700an tp kelihatannya masih kokoh banget ya mas, nggak kaya bagunan jaman sekarang.

    Bta aku naksir banget sama rumahnya bung Karno, lengendaris banget rumah model kaya gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bangunan jaman dulu emang kokoh sih Mbak, apalagi sekelas benteng pertahanan. Pasti ngebangunnya dengan bahan-bahan terbaik.

      Ahahaha... Rumah Pengasingan Bung Karno emang keliatan antik sih arsitekturnya.

      Delete
  14. pengen banget wisata sejarah lagi, mau liat Rumah Ibu Fatmawati :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ke sini dong Kak, biar bisa wisata sejarah, biar ngunjungi Rumah Ibu Fatmawati.

      Delete
  15. Dr semuanya aku paling pengeen ke rumah bung Karno dan ibu Fatmawati :). Mungkin Krn aku baca sejarahnya, jd tertarik utk melihat rumah di mana bung Karno pernah diasingkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo gitu, ke sini dong Mbak, biar bisa langsung datang liat langsung rumah yang menjadi saksi kisah Bung Karno dengan Ibu Fatmawati.

      Delete

Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan sopan :)