Friday, May 15, 2020

Mengunjungi Rumah Ibu Fatmawati di Bengkulu

Note:
- Perjalanan ini dilakukan sebelum covid-19 mewabah
- tetap di rumah ya kawan-kawan

Hai sahabat backpacker...

Setelah sebelumnya aku mengunjungi Rumah Pengasingan Bung Karno selama beliau diasingkan di Bengkulu yang menjadi saksi perjuangan Bung Karno melawan penjajahan Belanda dan saksi kisah cintanya dengan Ibu Fatmawati, aku kemudian melanjutkan petualangan di Kota Bengkulu dengan mengunjungi Rumah Ibu Fatmawati.
Rumah Ibu Fatmawati
Alamat Rumah Ibu Fatmawati

Rumah Ibu Fatmawati ini berada di Jalan Fatmawati, Kelurahan Penurunan, Kecamatan, Ratu Samban, Kota Bengkulu. Letak rumahnya nggak jauh dari dari Rumah Pengasingan Bung Karno dan dekat banget ama Simpang Lima Ratu Samban, bahkan dari teras rumahnya bisa terlihat simpang limanya.

Tapi menurut bapak penjaga rumah ini, rumah asli Ibu Fatmawati bukan di sini, tapi di lokasi yang sekarang menjadi gedung Bank BNI. Rumah ini sebenarnya milik kerabat dari Ibu Fatmawati, entah pamannya entah kakeknya. Katanya sih pemerintah Bengkulu saat ini berusaha mengembalikan rumah Ibu Fatmawati ke lokasi aslinya, namun hal itu masih dalam proses. Untuk saat ini, di rumah inilah tempat untuk mengenal Ibu Fatmawati lebih jauh.

Tiket Masuknya

Seperti biasa, harga tiket masuk ke objek wisata sejarah itu selalu murah dan harga tiket masuk ke Rumah Ibu Fatmawati ini cuma Rp. 5000 doang perorangnya, murah meriah cuy.

Arsitektur dan Koleksi di Rumah Ibu Fatmawati

Rumah Ibu Fatmawati ini berupa rumah panggung dengan bahan bangunannya terbuat dari kayu. Terdapat teras di bagian depannya, dari teras ini pemandangannya cukup asyik juga karena bisa melihat halamannya yang dihiasi patung setengah badan Ibu Fatmawati hingga pemandangan kendaraan lalu lalang menuju simpang lima. Anginnya juga cukup enak di teras ini, adem cuy. 
Berbentuk rumah panggung

Teras rumahnya
Aku kemudian beranjak ke bagian dalam rumah, di sini terdapat sepasang foto Bung Karno dan Ibu Fatmawati yang mengapit lorong menuju ke ruang dalam. Lalu juga ada lukisan dan foto-foto tua Ibu Fatmawati hingga sejarah singkat tentang Ibu Fatmawati.
Bagian dalam Rumah Ibu Fatmawati

Lukisan Ibu Fatmawati

Foto-foto tua Ibu Fatmawati

Sejarah singkat Ibu Fatmawati
Di ruangan sebelah dalam terdapat dua kamar, yang satunya berisi sebuah ranjang besi lengkap dengan kelambu putihnya, mungkin tempat tidur Ibu Fatmawati. Sedangkan di kamar satunya lagi terdapat sebuah mesin jahit tua. Mesin jahit inilah yang dipakai Ibu Fatmawati untuk menjahit bendera Merah Putih yang dikibarkan pada proklamasi kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945. Sungguh mesin jahit yang sangat bersejarah bagi kemerdekaan Indonesia.
Ranjang besi dengan kelambu putih

Mesin jahit yang digunakan untuk menjahit bendera kemerdekaan
Tak terasa azan zhuhur berkumandang, aku pun segera pamit untuk melanjutkan perjalanan ke Masjid Jamik Bengkulu, salah satu masjid tua dan bersejarah di Kota Bengkulu. Oh ya, sebelum itu bapak penjaga juga menawari untuk berfoto di antara foto Bung Karno dan Ibu Fatmawati, baiklah. Cekrek!
Sang backpacker difotoin bapak penjaga Rumah Ibu Fatmawati

32 comments:

  1. Ini rumah saksi cinta presiden kita yang pertama. Gile Bu Fatmawati gaul banget ya jaman dulu. Nongkrongnya sama calon pemimpin bangsa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rumah saksi cintanya di Rumah Pengasingan itu Mas, kalo di sini masa kecilnya Ibu Fatmawati.

      Ya iya lah Mas, pergaulannya ngalahin kita-kita yang anak milenial. 🀣

      Delete
  2. Wah, saya belum pernah ke Bengkulu. Apalagi ke rumah Ibu Fatmawati. Boleh juga nih kapan-kapan kemari untuk melihat langsung saksi sejarah Indonesia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dimasukin ke daftar tempat yang harus dikunjungi nih Mbak. Di Kota Bengkulu juga masih banyak objek wisata lainnya loh.

      Delete
  3. Tiketnya murah banget
    saya suka sekali melihat photo ibu fatmawati yang terpajang di dinding.
    Koleksinya banyak juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harga tiket objek wisata di Bengkulu emang murah-murah Mas, apalagi kalo wisata sejarah gini.

      Koleksi fotonya cukup banyak Mas, karena kegiatan sosial Ibu Fatmawati kan banyak juga tuh.

      Delete
  4. nah ini tiketnya agak layak dibandingkan di rumah pengasingan Bung Karno..

    lihat ini jadi keinget film Soekarno..

    -traveler paruh waktu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahaa... Tiket ke Rumah Pengasingannya emang kelewat murah sih itu.

      Wah.. saya malah belum nonton tuh filmnya.

      Delete
  5. Bu Fatmawati cantik sekali, yaaaa :D

    Sekarang jadi tau alat jahit yang digunakan untuk menjahit bendera seperti apa ~ karena selama ini nggak pernah melihat bentuk aslinya >,< semoga rumah asli Bu Fatmawati bisa dikembalikan pada lokasi semula dan semoga semakin banyak yang tertarik berwisata sejarah :D

    Terima kasih mas, sudah ajak pembaca jalan-jalan :>

    ReplyDelete
    Replies
    1. Istri Soekarno mana ada yang nggak cantik Mbak. 🀣

      Iya Mbak, selama ini yang dikenal cuma bendera hasil jahitannya doang, tapi mesin jahitnya nggak banyak yang tahu.

      Aamiin... Semoga doanya terkabul Mbak.

      Terima kasih juga sudah berkunjung Mbak. 😊

      Delete
  6. Jadi ingat bendera yang beliau jahit, tempat seperti ini memang harus dilestarikan agar tidak terlupakan dalam sejarah. Semoga banyak pengunjungnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget Mas, apalagi beliau salah satu tokoh penting dalam peristiwa proklamasi kemerdekaan Indonesia.

      Semoga lah banyak pengunjung yang suka ama wisata sejarah.

      Delete
  7. Setelah kemarin bahas tentang rumah pengasingan Bung Karno, yeay sekarang bahas rumah Ibu Fatmawati. Seperti kemarin, ini gak kalah murah yah harga tiketnya. Lumer dong, buat arsip foto kan mantep banget nih. Mana rumahnya bersejarah lagi, kisah kasih Bung Karno
    dan Buk FatmawatiπŸ˜ƒ

    Ngeliat mesin jahit itu, teringat mesin jahit punya nenek. Nampaknya mesin jahitnya seumuran deh, palingan tuaan yang bu fatma kayaknya hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dong, sekali traveling harus jelajahi semuanya. Apalagi tiketnya murah-murah.

      Kapan lagi kan bisa jalan-jalan ke tempat bersejarah bagi kisah cinta Bung Karno dan Ibu Fatmawati. 🀣

      Wah... Termasuk barang antik tuh Mbak mesin jahitnya.

      Delete
  8. Hanya tau bahwa ibu Fatmawati adalah seorang yang menjahit kain bendera merah putih, sekarang malah tau mesin jahitnya. Ternyata masih disimpan dengan baik dan menjadi benda yang sangat bernilai historis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas, saya juga baru mesin jahitnya setelah ngunjungi rumah ini, awalnya mikir mesin jahitnya di simpan di Jakarta atau malah udah hilang, ternyata masih dirawat dengan baik.

      Delete
  9. Wah asyik ya bisa travelling sejarah begini.
    Jadi ini rumah kediaman bu Fatmawati di Bengkulu. Sekaligus rumah saksi cinta nya dengan Bung Karno dulu.
    Arsitekturnya khas dan apik.
    Makasih info nya . Bisa dijadikan rekomendasi kalau liburan ke Bengkulu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asyik banget dong. 🀣

      Iya Mbak, di sini kita bisa mengenal Ibu Fatmawati lebih jauh bersama kisah cintanya dengan Bung Karno.

      Sama-sama Mbak dan terima kasih juga udah berkunjung. 😊

      Delete
  10. Btw rumahnya keliatan nyaman bgt yaa. Duh kl ke bengkulu wajib mampir ke kediaman bu Fatmawati nih, makasih mas Rudi semoga tempat begini selalu dikenang supaya tidak melupakan sejarah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo rumah tua yang terawat begini, emang nyaman banget sih Mbak, apalagi arsitekturnya juga unik.

      Terima kasih juga udah singgah ke blog ini Mbak. 😊

      Delete
  11. Awalnya aku sempat pengin nanya itu rumahnya ibu Fatmawati kok lokasinya hampir berdekatan dengan lokasi rumah pengasingan presiden Soekarno, memang begitu letaknya atau bukan ..
    Ternyata, dijelaskan kalau rumah ini sebetulnya bukan rumah asli ibu Fatmawati.

    Semoga ya segera direalisasikan pemindahan rumah aslinya, kemudian dibiat museum yang lebih rapi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas, meski masih dalam perdebatan, tapi dari hasil penelitian sementara emang bukan ini rumah aslinya, tapi lokasi rumah aslinya pun nggak jauh dari rumah ini.

      Delete
  12. Waahhhhh ibu Fatmawati cantiiiik yaaaa ternyata. Tapi memang istri2 presiden Soekarno cantik2 semua sih...

    Aku suka nih mas DTG ke tempat2 bersejarah gini. Itu rumahnya adem bangetttt, serba kayu. Ntah kenapa rumah dengan arsitektur kayu itu slalu lebih menarik buatku. Berkesan warm. Banyak yg bilang kuno, tp buatku jd LBH berasa rumah sih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahaa... Bung Karno emang pande milih wanita yang cantik-cantik. 🀣

      Menurutku juga lebih nyaman rumah seperti ini, arsitekturnya unik dan menarik.

      Delete
  13. Keren banget ya arsitekturnya..
    Dan masih terawat banget :D.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya David, rumahnya punya arsitektur yang khas dan unik, apalagi rumahnya juga dirawat dengan baik, jadi nyaman buat dikunjungi.

      Delete
  14. Jujur ini seru banget bisa mampir ke rumah Ibu Fatawati. Ah semoga suatu hari nanti ada kesempatan bisa terbang ke Bengkulu. Terima kasih sudah menulis ini, ya. :D Salam kenal juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga nanti bisa sampe ke sini ya Kak, terima kasih juga udah mampir dan salam kenal kembali. πŸ™‚

      Delete
  15. wah udah lama aku gak wisata sejarah, nanti sehabis pandemi mau main kesana ah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga setelah pandemi ini bisa jalan-jalan lagi ya Kak. πŸ™‚

      Delete
  16. Wah bapak penjaga baik sekali mau bantuin photo biar ada kenang2an :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang sebaiknya gitu sih Mbak, biar pengunjungnya betah. 😊

      Delete

Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan sopan :)