Thursday, April 9, 2020

Pelangi Di Air Terjun Sipiso-Piso

Jangan ada satupun sampah yang tertinggal ya.” Ucapku ketika kami sedang membereskan alat-alat perkemahan kami pagi itu di Puncak Gunung Sipiso-Piso.
Yupz... Setelah paginya menyaksikan indahnya sunrise dari puncak gunung ini dengan latar Danau Toba, kami akan segera turun karena mini bus yang kami pesan akan segera datang menjemput kami. Anak-anak ini juga ngajak untuk sarapan dulu di area wisata Air Terjun Sipiso-Piso.
Air Terjun Sipiso-Piso
 Tak butuh waktu lama untuk turun dari gunung ini karena jalur pendakiannya yang mudah. Hanya sekitar 30 menit saja dan kami semua sudah sampe di kaki Gunung Sipiso-Piso. Dari sana kami lanjutkan jalan kaki ke arah Air Terjun Sipiso-Piso yang berjarak sekitar 1,5 km.

Setelah sedikit bernegosiasi dan minta diskon tiket masuk ke Air Terjun Sipiso-Sipo yang akhirnya dikasi potongan Rp. 1000 perorang, kami pun segera mencari warung makanan yang udah buka di pagi hari itu.

Menu yang kami pesan cukup sederhana, kebanyakan hanya mie ataupun nasi goreng. Tapi karena perut yang lapar, cuaca yang dingin, dan badan yang sedikit lelah membuat rasanya enak juga. Nyam..nyam...

Selesai dengan urusan perut, kami kemudian sedikit berwisata di Air Terjun Sipiso-Piso ini.

Lokasi Air Terjun Sipiso-Piso

Air Terjun Sipiso-Piso beralamat di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Air terjun ini letaknya tak jauh dari Gunung Sipiso-Piso, Danau Toba dan Taman Bunga Sopo Juma.

Lanskap Air Terjun Sipiso-Piso

Air Terjun Sipiso-Piso dikenal sebagai salah satu ikon wisata populer di Sumatera Utara bersama Danau Toba. Air terjun ini punya ketinggian hingga 120 meter dan di sekelilingnya ada tebing batu yang begitu terjal menjulang tinggi. Debit airnya yang deras membuat air terjun ini terlihat makin keren.

Nama air terjun ini juga diambil dari kata Pisau alias Piso dalam bahasa setempat yang diartikan bahwa aliran air terjunnya terasa tajam seperti pisau.
Debit airnya besar dan tajam seperti pisau
Untuk turun ke dasar air terjunnya sudah tersedia tangga ke bawah. Namun untuk turun harus melewati sekitar seribu anak tangga. Bikin gempor juga lah. Berhubung badan yang lelah dan waktu yang sedikit, kami hanya menikmati keindahan alam Air Terjun Sipiso-Piso ini dari atas saja.

Pemandangan air terjun dari atas juga cukup indah kok karena juga bisa melihat Danau Toba di satu sisi dan air terjun di sisi satunya. Apalagi saat itu ada momen yang tak terduga, yaitu munculnya pelangi dari aliran air terjun. Pelangi ini muncul ketika cahaya matahari datang dari arah depan air terjun dan terbiaskan oleh percikan aliran air terjun.
Danau Toba di satu sisi

Air Terjun Sipiso-Piso di sisi yang lain

Ada pelangi.. di air terjun

Momen yang langka nih
Sesekali pelanginya juga hilang ketika angin bertiup kencang dan muncul kembali saat aliran air terjunnya normal kembali. Padahal tanpa pelangi aja, air terjun ini udah cantik banget, ditambah dengan munculnya pelangi ini kecantikan Air Terjun Sipiso-Piso terasa makin mempesona. Mantap cuy.
Anggota pendakian

Sang backpacker unyu di Air Terjun Sipiso-Piso

28 comments:

  1. Subhanallah. Air terjunnya keren bgt kak. emang mirip pisau ya sekilas. pas ada pelangi lagi. Nikmat Tuhan mana yang kita dustakan?
    tks kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Kak, apalagi ada Pelanginya, emang jadi indah banget.

      Jadi ngerasa kecil di hadapan alam semesta ini.

      Delete
  2. Subekhanallah bagus baget tempatnya, mas bro? Tapi itu tebingnya nakutin baget lho mas, salah melangkah bisa jatuh ke bawah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak bro. Ada pagarnya kok, tapi kalo nggak hati-hati, bisa koit juga. 😁

      Delete
    2. Kok manggilnya mbak bro, siih 😆🤭

      Delete
    3. Ahahaha... Biar keren. 🤣🤣🤣

      Delete
  3. Oh ternyata gunung Sipisopiso itu salah satu ikon wisata di Sumatra Utara selain danau Toba. Tapi memang bagus sekali tuh air terjunnya.

    Itu ceritanya bagaimana ya bisa ada pelangi di air terjun Sipisopiso, soalnya biasanya pelangi kan adanya diatas, tapi itu dibawahnya ya.😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan gunungnya Mas, tapi air terjunnya yang jadi ikon. 😁

      Emm.. itu cahaya mataharinya dibiaskan oleh percikan air terjunnya yang gede, jadi muncul deh pelangi.

      Delete
  4. Akses masuk kesana sekarang lebih bagus dan gampang ya. Sekitar tahun 2008 waktu saya kesana, masih belum ada jalan sebagus sekarang. Piso-piso memang paten lah! Hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah... Tahun segitu mungkin belum ada pembangunan Mbak.
      Kalo sekarang udah dikelola sih.

      Delete
  5. Lihat air terjun Sipiso-piso ini, baik rutenya juga tampilan air terjunnya jadi keingetan sama air terjun di kabupaten Magelang, namanya Kedung Kayang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi penasaran ama Kedung Kayang itu, kayaknya mantap juga tuh.

      Delete
  6. Pertanyaan saya di postingan sebelumnya terjawab sudah. Ternyata gunungnya memang dekat dengan air terjun. Hehehe...

    Foto pelangi di air terjun itu keren banget! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas, malah tetanggaan nih air terjun dan gunungnya, karena itu namanya sama. 😁

      Delete
  7. Duh unyunya backpacker yang satu ini. Keren deh untuk pelanginya, langka bener bisa lihat langsung pelanginya. Saya dulu pernah ke air terjun, ada pelanginya cuman gak segeda yang difoto sama kaka.

    Yak saya setuju, jangan sampe kita datang yang awalnya bersih tanpa sampah, eh malah pergi meninggalkan sampah T_T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahaa... Terima kasih Kak. 😊
      Wah.. mantap juga tuh bisa liat pelanginya juga, karena momentnya agak langka sih.

      Bener banget tuh Kak. Harus jaga kebersihan di manapun kita berada, apalagi di tempat wisata.

      Delete
  8. duh jadi pen jalan-jalan wkwk, ada tips gak bang buat jadi backpaker gimana caranya? hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo jadi backpacker, ya siapin mental lah bang.
      Terus harus ngumpulin informasi yang banyak.

      Delete
  9. Bagus banget air terjunnya, apalagi akses viewnya juga bisa dilihat dari mana saja, khususnya bagian atas, pasti bagus juga karena langsung terhubung dengan aliran sungainya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju Mas, view air terjunnya emang mantap.

      Emm.. kalo pas di sungai di atas air terjunnya agak sulit sih Mas, karena hutan dan tanpa ada jalan.

      Delete
  10. Ya ampuuun ini nih yg q maksud kemarin mas. Di LKS bku paket sekolah ada yg bahas keindahan air terjun sipiso-piso ternyata emg indah bangeeeet yaaaa. Huhu
    Kapan bisa kesana :(

    ReplyDelete
  11. Sudah sering pulang kampung lewat danau Toba tapi belum pernah ke sini ...

    ReplyDelete
  12. Waaah, jadi kangen Toba. Tahun 2011 pernah main ke Sipiso-Piso ini. Waktu itu juga gak sampai turun ke aliran airnya. Karena dingin banget hehehe. Waktunya juga mepet. Pengen segera nyeberang ke Tomok di Samosir. Soalnya kapalnya antri panjang.

    Kalau cuaca lagi cerah, foto di kedua sisi ini memang cakep banget sih. Bisa pindah-pindah agar dapat background yang instagramable :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo mau turun emang harus sediain waktu yang banyak sih, karena turun dan naiknya itu jauh.

      Bener banget Mas, kalo di Sipiso-Piso ini, sebelah mananya pun cakep.

      Delete
  13. mantap!! aku pernah ke sini juga, dan ngga turun sampe dasar air terjun soalnya capek banyak bgt tangganya wkwk..

    -Traveler Paruh Waktu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwk.. lebih 1000 anak tangga itu Mas, saya dua kali sih turun dan itu bikin kaki pegal emang.

      Delete

Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan sopan :)