Tuesday, November 3, 2020

Danau Toba dari Puncak Sigura-Gura

Puncak Sigura-Gura
Danau Toba dari Puncak Sigura-Gura

Hai sahabat backpacker....

Selamat datang lagi di blognya orang ganteng dan unyu. 😆

Di cerita sebelumnya aku udah cerita kalo kami pergi ke Bendungan Tangga, Asahan. Namun kami tak diperbolehkan untuk melihat bentuk bendungannya ama si Bapak Satpam.

Baca juga: Bendungan Tangga dan Lembah Asahan

Jadi, daripada perjalanannya sia-sia dan nggak dapat apa-apa, aku dan adikku, Rizlan, memutuskan untuk melanjutkan perjalanan kami menyusuri Jalan Sigura-Gura hingga ke Porsea.

Brrmmmm... brrmmm... sepeda motor pun kembali ku pacu melewati jalanan Sigura-Gura yang berkelok-kelok dengan kontur mendaki. Di kanan kirinya terhampar pemandangan hutan hujan tropis, perbukitan dan sesekali jurang yang dalam dengan Sungai Asahan yang mengalir di dasar jurang tersebut.

Puncak Sigura-Gura

Sekitar 30 menit kemudian kami tiba di Puncak Sigura-Gura. Puncak Sigura-Gura adalah salah satu titik tertinggi di kawasan Sigura-Gura dan menghadap ke arah kota Porsea, sebuah kota kecamatan di pinggir Danau Toba.

Di puncak ini ada satu bukit kecil yang menghadap langsung ke arah Danau Toba. Tapi sayangnya di bukit kecil tersebut terdapat banyak sampah yang berserakan. Sepertinya banyak pengunjung yang membuang sampah sembarangan. Sayang sekali sih, karena pemandangannya yang indah jadi tercemari dengan sampah-sampah ini.

Selain bukit kecil itu, juga ada satu warung kecil bernama Pondok Panatapan yang menjual makanan dan minuman. Kami berdua memilih untuk singgah di pondok kecil tersebut sekalian memesan teh manis hangat, karena angin di puncak bukit ini cukup kencang hingga terasa dingin. Brrrr..... 

Puncak Sigura-Gura
Pondok Panatapan
Puncak Sigura-Gura
Teh dan pemandangan yang indah

Danau Toba dari Puncak Sigura-Gura

Sambil menunggu teh manis hangatnya, aku memandangi pemandangan dari jendela warung. Dari jendela tersebut nampak pemandangan kota Porsea di bawah sana. Lalu nampak juga Danau Toba yang begitu luas dengan air yang terlihat biru, di seberang danaunya nampak pula Pulau Samosir. Sedangkan di sekeliling Danau Toba terlihat barisan pegunungan yang seolah-olah menjadi pagar penjaga keindahan Danau Toba. 

Cantik banget cuy.

Puncak Sigura-Gura
Danau Toba dari Puncak Sigura-Gura
Puncak Sigura-Gura
Pemandangan dari Puncak Sigura-Gura
Puncak Sigura-Gura
Barisan pegunungan di sekeliling Danau Toba

Bukit Wihelmina

Btw, saking cantiknya pemandangan dari bukit ini, dulu pihak Kolonial Belanda menamakan bukit ini dengan nama Bukit Wihelmina. Karena menurut mereka pemandangan bukit ini cukup indah, seindah kecantikan Ratu Wihelmina, Ratu Belanda saat itu.

Menurutku pemandangan dari bukit ini bisa lebih cantik lagi saat matahari terbenam, karena bukitnya menghadap ke arah barat. Sehingga pemandangan Danau Toba dengan latar matahari terbenam dari tempat ini pasti juara banget. Sayangnya aku belum bisa menyaksikannya secara langsung. Karena terlalu berbahaya melewati Jalan Sigura-Gura jika kemalaman.

Alamat Puncak Sigura-Gura

Puncak Sigura-Gura berada di kecamatan Parmaksian, kabupaten Toba Samsoir, Sumatera Utara.

Cara ke Puncak Sigura-Gura

Puncak ini berada di tepi Jalan Sigura-Gura yang menghubungkan kabupaten Asahan dan kabupaten Toba Samosir. Jika teman-teman datang dari kota Porsea, teman-teman bisa ambil rute Jalan Sigura-Gura menuju kabupaten Asahan. Dari pusat kota Porsea tempat ini bisa dicapai sekitar 20 menit perjalanan.

Sedangkan jika teman-teman datang dari arah kota Kisaran, teman-teman bisa melewati Jalan Sigura-Gura menuju Air Terjun Ponot atau Air Terjun Sigura-Gura. Dari sana lurus terus menuju kota Porsea dan sekitar 30 menit perjalanankemudian teman-teman bisa tiba di tempat ini. 

Puncak Sigura-Gura
Backpacker ganteng dan unyu di Puncak Sigura-Gura

36 comments:

  1. Danau Toba itu salah satu destinasi wisata yang ingin sekali saya kunjungi, tapi belum ada kesempatan ke sana, justru malah adik saya yang duluan melancong ke sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sabar ya Mas, semoga nanti bisa melancong sampe ke sini.
      Semangat Mas. 💪

      Delete
  2. Kak Rudi, jangan maruk dong! Pilih salah satu, mau ganteng atau unyu? Wkwkwk 🤣.

    Benar kata pihak kolonial Belanda, pemandangan dari bukit ini cantik banget!! Astagaaa!! Aku lihatnya suka sekali 😍. Membayangkan diri bisa duduk santai di bukit ini sambil melihat pemandangan Danau Toba, wah rasanya beban hidup hilang ludes semua 🤣
    Terima kasih udah ajak aku jalan-jalan virtual ke Danau Toba 🤭. Seumur-umur belum pernah lihat pemandangan Danau Toba sejelas ini hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh... Maunya pilih keduanya Kak. 🤣

      Sebenarnya pemandangan aslinya lebih cakep lagi Mbak, cuma karena kameranya kamera pocket, jadi nggak maksimal hasilnya.

      Terima kasih juga udah mampir Mbak, btw setelah ini pemandangan Danau Tobanya lebih jelas lagi loh.

      Delete
  3. Gila gambar pemandangannya Fantastis banget yaa mas...Yaa bicara soal Danau toba mungkin suatu hal yang menarik jika kita ingin ke Sumatra utara...Pasti orang akan menyebut Danau toba lah tempat wisata yang menarik. Meski banyak juga tempat wisata lainnya disumut. Tetapi sepertinya Danau toba sudah lebih dulu mendominisasi..😊😊

    Terlebih jika dilihat dari bukit SiGura-Gura yaa mas Rudy danau toba bah sebuah lautan nan indah, Padahal hanya danau yaa... Karena luas mungkin ini yang membuat danau toba punya pesona yang menarik wisatawan lokal maupun asing.😊😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Danau Toba emang udah jadi ikonnya Sumatera Utara Mas, jadi kalo orang nanya tentang wisata Sumut, pasti Danau Toba lah yang pertama di sebutin.

      Danau Toba ini luas banget Mas, mencakub beberapa kabupaten, jadi ada buanyak banget spot buat liat keindahan Danau Toba dan semuanya punya keunikan masing-masing.

      Delete
  4. Dari foto saja sudah kelihatan cakep, apalagi kalo melihat langsung, pasti takjub dengan keindahan bukit Sigura Gura.

    Kalo kenal danau Toba sejak SD lewat pelajaran sejarah karena merupakan danau terbesar di Indonesia, sayangnya aku belum pernah kesana.😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aslinya lebih cakep lagi Mas. Cuma kameranya aja yang kurang oke buat motoinnya

      Danau Toba emang udah cukup terkenal sih Mas, apalagi ini ikon wisatanya Sumatera Utara.

      Semoga nanti bisa sampe ke sini ya Mas.

      Delete
  5. langsung kebayang semilir angin porsea dengan segelas teh hangat, menikmati pemandangan bawah kota yang bersisihan langsung dengan danau toba, satu danau yang mengingatkankubakan legenda ikan di danau toba mas, yang jadi gadis cantik hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anginnya kencang Mbak, sampe kerasa dingin banget.
      Teh panasnya aja nggak nyampe 5 menit udah dingin banget.

      Ahahaha... Legenda yang cukup terkenal tuh Mbak, tapi aku kemarin nggak nemu ikan mas yang bisa berubah jadi cewek cakep sih. 🤣

      Delete
  6. ternyata begitu luas ya ... kalau lihat di peta kelihatan sedikit lebih kecil

    ReplyDelete
    Replies
    1. Luas banget pun Mbak, bahkan terluas se-Asia Tenggara loh.

      Delete
  7. ngeteh sambil viewnya kayak gitu udah fix banget relax xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget Mas, menikmati segelas teh dengan pemandangan berupa Danau Toba, beuh... Seger kali Mas.

      Delete
  8. Wah sayang banget ya, sampahnya berserakan seperti itu. Padahal viewnya cakep kalau lihat dari foto.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kesadaran pengunjungnya masih rendah Kak, jadi masih banyak yang buang sampah sembarangan.

      Delete
  9. Pengen banget ke danau Toba.. belum pernah seumur2.. kapan yah bisa kesana... hahha
    Sumpah itu pemandangan mantep banget...
    Tapi sayang yah, kalau pengunjungnya nggk pada mengidahkan kebersihan.. padahal kan kalau nggk ada tempat sampah, sampahnya bisa dibawa pulang terus dibuang disana...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga nanti bisa ke sini ya Mas, biar bisa liat langsung danau terbesar di Indonesia ini.

      Itulah Mas, padahal menjaga kebersihan itu nggak sulit loh dan untungnya juga buat diri kita bersama, tapi masih ada aja manusia yang buang sampah sembarangan di tempat wisata.

      Delete
  10. Keren bener! semoga kedepannya semakin banyak yang mengunjungi, terutama untuk wisatawan mancanegara.

    ReplyDelete
  11. pemandangan begini nih bikin rindu banget. Nyegerin mata kan ya, ijo royo-royo. Mana udah lama nggak melancong. ditambah liat hasil jepretan mas rudi yang kece pula. cocok, tambah mupeng :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahaha... Sesekali melancong lah Mbak, tapi yang deket-deket aja dulu.

      Delete
  12. aku dari dulu pengen banget ke danau toba lo mas
    sayang belum kesampaian
    bagus banget itu viewnya
    pengen banget foto di sana sambil minum teh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga nanti bisa sampe ke sini ya Mas, semangat 💪

      Delete
  13. Keren mas, pemandangan yang jarang sekali terlihat oleh mata. Saya baru tahu ada nya puncak di gura-gura ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tempat wisata ini emang nggak begitu terkenal Mas, jadi nggak banyak yang tau.

      Delete
  14. mas, kamu ke air terjun sigura2 ga? aku tuh pengen banget kesana karena itu air terjun tertinggi di indonesia. penasaran sbnrnya... pas ke medan ga sempet2 mau kesana... malah akhirnya ke air terjun sipiso-piso..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo Air Terjun Sigura-Gura aku udah pernah Mbak, air terjunnya emang tingggiiiii banget, tapi kita cuma bisa liat dari sisi seberang aja.

      Karena lokasinya jadi pembangkit listrik, jadi nggak bisa main air.

      Sebatas liat doang yang bisa.

      Delete
    2. Pengeeen tuh liat. Gpp ngeliatnya dari sisi sebrang, yg ptg bisa foto :D. Sipiso2 aja megah gitu kan, apalagi sigura2 yg lebih deras. Iyaaa, aku jg baca kalo sigura2 dijadiin pembangkit listrik.

      Delete
    3. Air terjunnya biasa aja sih Mbak, tapi tingiiiii banget.
      Puncaknya di atas bukit gitu, terus ngalirnya ke arah jurang yang dalam banget.

      Delete
  15. Kalau diri di puncak gini, semua pemandangannya bakalan kelihatan dah, haha... Kayaknya adem juga suasananya kalau pas siang gini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, pemandangannya jadi luas, bisa liat danau, kota, sawah dan banyak lagi. Apalagi anginnya juga kencang, jadi adem.

      Delete
  16. Hallo sobat salam kenal. Saya lihat gambar air terjun di dalam postingan ini seperti di kampung saya. Jadi melo dan muda-mudahan cepat libur biar bisa pulang kampung dan membuat tulisan bertema traveling seperti ini.

    Semangat selalu sobat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo boleh tau, kampungnya Mas Martin dimana?

      Semoga cepat libur Mas, biar bisa buat cerita traveling juga.
      Jadi penasaran ama tempat wisata di kampungnya Mas Martin.

      Delete
  17. Air terjunnya indah, dan selfok sama tanaman yang di fokusin itu. Mudah mendapatkannya di kampung..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang bunga liar sih itu Kak Nissa, tapi karena ada air terjun jadi latarnya, keliatannya cakep. Jadi ku fotoin aja.

      Delete

Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan sopan :)