Tuesday, April 14, 2020

Ada Kenangan Mantan di Taman Bunga Sapo Juma

Brrmmm..... Brmmm.....

Bang Fajar kembali mengendalikan mobil dari balik setir kemudi setelah sebelumnya kami menikmati hangatnya Pemandian Air Panas Sidebuk-Debuk dan sekalian sarapan di sana. Sekarang kami pun melanjutkan acara jalan-jalan satu hari di Tanah Karo dan berencana untuk mengunjungi Taman Bunga Sapo Juma.

Sebenarnya Aku, Selly dan Putri pengen ke Kebun Madu Efi yang juga merupakan taman bunga. Tapi karena lokasinya beda jalur dengan destinasi kami yang selanjutnya, jadi kami ke Taman Bunga Sapo Juma aja.
Taman Bunga Sapo Juma
Lokasi Taman Bunga Sapo Juma dan Tiket Masuknya

Taman Bunga ini berada di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Lokasinya berada dalam satu kawasan dengan Air Terjun Sipiso-Piso. Tepatnya berada di dekat lokasi puncak dari Air Terjun Sipiso-Piso.

Untuk menuju tempat ini bisa masuk dari kawasan wisata Air Terjun Sipiso-Piso dan belok ke kiri sebelum lokasi parkir air terjunnya. Dari sana palingan 5 menit doang dan sampe deh di Taman Bunga Sapo Juma.

Harga tiket masuknya sendiri cuma Rp. 10.000 aja perorang tanpa dipungut biaya parkir. Namun saat mau masuk kawasan Sipiso-Piso, perorangnya juga harus membayar biaya retribusi sebesar Rp. 5000 yang bisa digunakan untuk masuk ke Air Terjun Sipiso-Piso, Desa Tongging dan Taman Bunga ini.

Lanskap Taman Bunga Sapo Juma

Taman Bunga Sapo Juma ini sebenarnya milik pribadi. Awalnya bunga-bunga yang ada di taman ini ditanami oleh pemilik villa di kawasan ini. Tapi karena tamu villa sangat menyukai pemandangan bunga yang cakep ini, akhirnya taman bunganya pun dibuka untuk umum.

Bunga-bunganya berwarna-warni dan ditata dengan sangat baik. Di tengah-tengah kebun bunganya juga ada jalur setapak yang bisa dipake pengunjung untuk berfoto di tengah-tengah hamparan bunga tanpa harus menginjak dan merusak kebun bunga.
Jalur setapak buat foto-foto
Tanah di kebun bunga ini juga membentuk lembah dan bukit kecil. Di tengah bukitnya pun ada satu gazebo kecil berwarna putih. Gazebonya cakep juga dan menyatu dengan alam taman bunga.
Gazebo putih
Selain itu, pemandangan dari taman bunga ini juga cukup indah. Karena selain bunga berwarna-warni dan hamparan rumput yang hijau, juga terlihat Gunung Sipiso-Piso dan Danau Toba sebagai latarnya. Cakep lah pokoknya.
Bunga-bunga yang cantik

Rumput hijau nan luas

Berlatarkan Gunung Sipiso-Piso

Danau Toba pun terlihat
Sayangnya aku nggak begitu menikmati wisata di sini. Bukan karena pemandangannya, tapi lebih ke perasaan pribadi sih. Soalnya ini adalah kunjungan kedua ku ke tempat ini. Sebelumnya aku memang pernah ngunjungi Taman Bunga Sapo Juma bersama pacar yang udah jadi mantan. Sebenarnya perjalanannya seru, tapi beberapa hari doang setelah perjalanan itu dia malah ketangkap basah sedang selingkuh.

Asem kali.

Syukurnya sih aku bisa move on dengan cepat, karena ogah banget mikirin tuh cewek. Tapi tetap aja nggak enak rasanya ngunjungi tempat yang sama seperti ini. Selain itu, kawanku, si Bayu dan Putri yang cuma temen kata Bayu malah asyik foto-foto berdua di tengah taman bunga dengan berbagai gaya.
Ada kenangan mantan
Ah... Atau aku sebenarnya hanya kesal ama kata “Cuma temen" itu ya?

Atau gabungan keduanya?

Ntah lah.

Hmm... Cuma temen, kata Bayu.

Note: Perjalanan ini dilakukan sebelum covid-19 mewabah, tetap di rumah ya sahabat
Sang backpacker di kebun bunga

20 comments:

  1. Wahhh indah ya... berapa luas arealnya?

    ReplyDelete
  2. Yang punya taman itu orang kaya pastinya ya
    Mantap betul tamannya
    Tiket masuk jadi 15ribu, termasuk murah lah jika tanpa ada biaya parkir
    Wah kasihan yang ingat mantan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastinya kaya Mas, punya villa kok dia.

      Lumayan lah Mas, apalagi bisa sekalian wisata di Air Terjun dan Desa Tongging.

      Ahahaa... Emang mantan ini, bikin repot aja. 🀣

      Delete
  3. Masih untung...nggak cuma jadi tukang fotonya Bayu+Putri

    Btw, memang rasanya jd aneh ya...klo ke suatu tempat, tp ada kenangan yang tertinggal di sana...dan kenangan itu sama seseorang yang posisinya sudah mantan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, untung aja mereka minta fotoin ama adik-adiknya aja.

      Iya juga sih Mbak, kalo ada kenangan mantan di tempat itu, rasanya jadi kurang asyik gitu.

      Delete
  4. Hai Rudi. Ternyata ada tempat indah gini ya di Tongging, tambah juga pemandangan Gunung Sipiso-piso bikin makin syahdu. Saya pernah ke Tongging, dulu sekali dan hanya jalan-jalan biasa. Semoga taman bunganya awet yah, yang datang juga jaga sikap, sayang kalau rusak nanti.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai juga Mas dan Mbak
      Iya nih, Tongging ini emang lengkap juga wisatanya, ada desa di pinggir Danau Toba, ada gunung, air terjun, sampe taman bunga.

      Aamiin... Semoga deh pengunjungnya nggak bar-bar nginjakin bunga.

      Delete
  5. Cantiknya pemandangan gunungnya ... Bikin pengin ikutan travelling kesana 🀩!.

    Harga tiketnya termasuk murmer.
    Patut diacungi jempol πŸ‘

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk ke sini Mas, banyak tempat menarik loh. 😁

      Lumayan juga lah Mas harga tiketnya.

      Delete
  6. "Syukurnya sih aku bisa move on dengan cepat, karena ogah banget mikirin tuh cewek"

    santai mas, akan datang di saat yang tepat hihi.

    dan harga 10k bsa dapetin pemandangan asik kyak gini. keren.. kalau di selecta malang, wahh 40k hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siip Mas, udah move on kok. 😁

      Wah.. mahal juga ya Mas, tapi pasti tempatnya lebih lengkap dari tempat ini tuh.

      Delete
  7. Bang, harusnya pas di sini foto terus kirim ke mantan. Kasih kutipan saja "Ingat tempat ini?" *eh ahhahahahhaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahaha... Nggak deh Mas, ntar dia baper. 🀣🀣

      Delete
  8. pernah ke sini, tapi cuma foto dari pinggir jalan aja, nggak masuk :D

    -Traveler Paruh Waktu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya ampun Mas, padahal tiket masuknya cuma Rp. 10.000 loh. 🀣

      Delete
  9. Wkwk... Harusnya seneng malah jadi meneng ya. Gegara mantan, plus temen yang asyik berduaan.
    Satu kata buat kamu mas.
    Sabar😁

    ReplyDelete
  10. Bunga mekar jadi layu pas inget mantan. Wkwkwk. Mantan = lesson, dont destroy your day because of mantan yg udah bahagia tanpa kitaahh.. Hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahaha... Siap Mbak, kita juga bisa kok bahagia tanpa dia. 🀣

      Delete

Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan sopan :)