Selasa, 29 Desember 2020

Kisahku di 2020 dan Rencana di 2021

Pantai Panjang, Bengkulu

Hai sahabat backpacker

Tak terasa kita udah di penghujung tahun 2020 dan udah mau menyambut tahun 2021 aja. Tahun 2020 ini nggak terasa udah berlalu begitu aja. Tahun yang berat sih, karena kita harus beusaha bertahan dan beradaptasi dengan pandemi dan segala dampaknya dalam kehidupan sehari-hari kita.

Bagiku, tahun 2020 ini juga tak banyak yang terjadi. Hanya ada beberapa hal yang terjadi, tapi cukup berkesan sih.

Ujian SKD CPNS ke Bengkulu

Yupz, yang pertama yang terjadi pada tahun 2020 adalah aku melakukan perjalanan jarak jauh menuju Bengkulu untuk mengikuti ujian SKD CPNS. Ini merupakan perjalanan jarak jauh dengan bus pertama buatku. Seru juga sih walau ada beberapa kejadian tidak mengenakkan selama perjalanan seperti kursi yang kupesan udah diduduki orang lain, air AC yang menetes sepanjang malam hingga bus yang berasap karena human error.

Tapi perjalanan tersebut cukup berkesan juga karena selain melaksanakan ujian, aku juga mengunjungi beberapa objek wisata yang ada di sana seperti Rumah Pengasingan Bung Karno, Rumah Ibu Fatmawati, Masjid Jamik Bengkulu, Benteng Marlborough, Pantai Panjang, Danau Dendam Tak Sudah hingga Museum Negeri Bengkulu.

Ujian SKD CPNS nya juga kulalui dengan sukses. Alhamdulillah aku berhasil lulus dengan nilai TWK 95, TIU 135, TKP 136 dan total nilai 366. Saat itu aku berada di peringkat 3 dengan 2 formasi yang tersedia. 

Bus Putra Simas Rute Medan-Bengkulu
Pengumuman SKD Kemenag

Dapat Tiket Gratis ke Malaysia

Bersamaan dengan ujian SKD ku di Bengkulu, aku juga mendapat kabar gembira kalo aku mendapatkan satu tiket gratis ke Malaysia dari detikTravel. Horeeeee.... Alhamdulillah... 

Dapat tiket gratis ke Malaysia

Tapi bencana itu datang begitu saja, Virus Corona merajalela membuat Malaysia menutup perbatasannya dan trip tersebut dengan amat sangat terpaksa harus kubatalkan. Sampai sekarang rasanya masih kesal sih, tapi daripada kenapa-kenapa. Mungkin nanti bakal dapat rezeki yang lebih baik.

Yupz!!! Aku gagal liburan gratis ke Malaysia.

Pandemi

Setelah Malaysia, pelan-pelan Indonesia juga terkena dampak virus corona. Di daerahku sebenarnya dampak virus corona secara langsung tak sebesar di daerah lain. Tapi dampak sosial, ekonomi hingga pendidikan yang paling terasa. Karena itulah kita pun harus berusaha bertahan dan beradaptasi dengan keadaan yang ada. Kegiatan travelingku pun kuhentikan sementara hingga kondisinya memungkinkan.

Traveling di Kampung Sendiri

Bosen juga sih kalo nggak bisa kemana-mana. Tapi mau jalan-jalan yang jauh juga nggak aman. Akhirnya aku hanya traveling di sekitar kampung sendiri di Kota Tanjung Balai, Kabupaten Asahan dan Kabupaten Simalungun. Perjalanan ini rata-rata kulakuin dengan berangkat pagi-pagi dan pulang di sore harinya. Perjalanannya pun kulakuin pake sepeda motor, demi menghindari kontak yang tak perlu dengan orang lain. Selain itu, sebelum berangkat aku juga harus memastikan kondisi tubuh ada pada kondisi yang maksimal serta perlengkapan kesehatan yang cukup lengkap. 

Tanjungbalai Waterfront City
Wisata Mangrove Silau Laut, Asahan

Ujian SKB CPNS di Kisaran

Setelah menunggu cukup lama tanpa kepastian, akhirnya pada bulan September ada titik terang mengenai ujian SKB CPNS yang kuikuti. Karena pandemi, maka ujiannya dilakukan di kantor wilayah domisili masing-masing peserta. Jadi aku yang punya KTP Asahan pun melakukan ujiannya di kota Kisaran. 

Peserta ujian SKB Kemenag di Kabupaten Asahan

Btw, ujiannya juga mengharuskan tiap peserta menyediakan perlengkapan sendiri. Karena itu aku pun berusaha keras agar bisa membeli laptop demi keperluan ujian SKB CPNS yang menggunakan media zoom meeting dan sekarang laptopnya kupake buat ngeblog lagi setelah sekian lama ngeblog pake hp.

Ujian SKB CPNS ini juga bukan perkara mudah buatku. Karena meski ujiannya diadain di Kota Kisaran, namun jarak rumahku ke Kisaran sekitar 1 jam 30 menit juga. Selain itu, pada saat jadwal ujian tersebut juga bersamaan dengan jadwal naiknya air pasang di kampungku.

Jadi selepas shubuh, saat langit masih gelap itu aku berangkat dari rumah pake celana pendek doang. Soalnya jalanannya terendam air laut hingga ke lutut sejauh beberapa kilometer. Setelah tiba di Kecamatan Silau Laut,baru deh aku pake celana panjang dan sepatu.

Sungguh luar biasa rasanya.

Syukurnya ujian SKB CPNS ku berjalan cukup lancar, meski beberapa jawabanku rasanya tak cukup memuaskan, tapi aku tetap berusaha menampilkan yang terbaik dan berusaha tampil beda dengan ide orisinal yang kupunya. Contohnya saat ujian praktek mengajar, aku mengemukakan ide agar siswa mengumpulkan tugasnya dengan media blog, alih-alih mencetaknya dan mengumpulkan seperti biasa dengan alasan di blog sendiri mereka bisa membaca hasil tugas mereka kapanpun dan itu juga menambah kreatifitas mereka serta lebih bisa menghemat.

Bulan Oktober 2020, hasil ujian SKB CPNS pun diumumkan. Alhamdulillah aku menjadi salah satu dari dua orang yang lulus di formasi guru sejarah Kementerian Agama Provinsi Bengkulu dengan nilai psikotes 78.667, praktek kerja 79.143, wawancara 79.166 dan total nilai keseluruhan SKD dan SKB 76.685. Alhamdulillah.... 

Pengumuman SKB Kemenag

Blog diterima Adsense

Tahun 2020 juga menjadi tahun yang cukup menggembirakan untuk blog ini. Karena setelah sekian lama akhirnya blog tercinta ini diterima juga menampilkan iklan adsense.

Sebenarnya baru tahun ini sih aku ngedaftarinnya. Kemarin itu mau ngedaftarin tapi aku kesulitan masukin kode html nya karena ngeblog make hape. Akhirnya setelah punya laptop baru deh ku daftarin dan ternyata diterima. Semoga dengan adanya adsense ini aku bisa lebih semangat lagi ngeblognya. Aamiin...

Ku pikir itu aja sih yang terjadi pada tahun 2020 ini.

2021

Sedangkan untuk tahun 2021 aku belum punya gambaran bakal seperti apa. Yang pasti aku bakal pindah ke Bengkulu dan beradaptasi di sana. Kemudian aku juga bakal eksplore objek-objek wisata yang ada di Bengkulu dan menuliskan petualangan itu di blog ini. Dan yang paling penting adalah berusaha menjadi guru yang terbaik buat murid-muridku nanti di sana.

Semangat buat tahun 2021 dan sampai jumpa di tahun depan ya kawan-kawan.

Daaaaaa......

50 komentar:

  1. Sayang ya tiket gratis ke Malaysia jadi batal, tapi ngga apa2 ambil hikmahnya saja daripada jadi kesulitan masuk ke Indo lagi karena masih pandemi.

    Selamat atas terpilihnya jadi staff pengajar.

    Terus, pf juga buat approve adsense-nya. Yang sabar ya ngumpulin pundi receh demi receh dari si tayangan ��.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaaaah .., smiley-nya munculnya anak taoge :(

      Hapus
    2. Ahahaha... Kok bisa jadi anak toge gitu ya Mas? 🤔

      Iya Mas, sayang sih tiket gratisnya nggak jadi, tapi demi kebaikan bersama mau gimana lagi.

      Terima kasih banyak Mas atas ucapan selamatnya.
      Pastinya semangat dong buat ngajar dan sabar banget ngumpulin recehannya. 🤣

      Hapus
    3. Xixixi ..
      Bubur kacang ijo, egh* salah .. jujur kadang aku juga heran loh kok di beberapa blog nyertain smiley ada yang berhasil nongol si imut smiley, tapi kok ada juga yang munculnya anak taoge .
      Duh napaaa tuh google :(

      Sami-sami, mas.
      Terimakasih juga saling supportnya bewe selama ini.

      Hapus
    4. Ahahaha... Emang ada-ada aja nih google, kadang bisa muncul yang bagus, kadang jadi touge.

      Iya Mas, semoga ke depannya kita masih bisa saling support ya Mas. 💪

      Hapus
  2. Alhamdulillah, saya turut bahagia membacanya. Selamat ya pak Cikgu.
    Semoga anak2 di Bengkulu jg senang bakal dpt 2 literasi sekaligus, agama dan teknologi dari guru barunya.

    Semoga Allah mengganti tiket ke Malaysia itu dimasa yg akan datang dgn perjalanan yg lebih hebat lagi. Aamiin YRA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin....
      Makasih banyak buat doanya ya Mbak.
      Semoga doa-doa baiknya juga balik ke Mbak juga.

      Hapus
  3. Wah bakal banyak postingan di Bengkulu ini hahahahaah
    Selamat sudah menjadi guru dan blog menghasilkan nantinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya bakal kayak gitulah Mas, soalnya bakal tinggal di Bengkulu juga.

      Terima kasih banyak Mas. 😊

      Hapus
  4. Wah, gagal pelesiran ke negeri Jiran ya hihihi..AKu belum pernah tuh. Ga apa2 travelingnya di rumah aja wkwkwkwk daripada kenapa2. Wah, keren juga nilai lulus tes CPNS nya. sukses selalu yaaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak, gara-gara corona nih.
      Asem banget rasanya.

      Iya sih, daripada kenapa-kenapa, mending tahan diri dulu lah buat saat ini.

      Aamiin.. makasih ya Mbak, semoga Mbak juga sukses selalu ya. 😊

      Hapus
  5. wuiiii takkasih ucapan selamat dulu mas rudi...selamat menjadi cpns ya tesnya lulus

    dan banyak pencapaian2 warbiasa ya untuk anak medan satu ini :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih banyak ya Mbak Nita buat ucapan selamatnya. Terima kasih banyak. 😊

      Hapus
  6. Selamat mas Rudi.. btw semoga tahun 2021 kita bisa mencapai hal hal yg lebih baik daripada tahun ini yaaak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Mas Dodo.
      Iya Mas, semoga tahun 2021 ini kita bisa mencapai yang lebih baik lagi, semangat. 💪

      Hapus
  7. selamat mas lolos ujian cpns yahh walau ada beberapa aral melintang tapi kerja keras tidak akan mengkhianati hasil

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih banyak Mas.
      Iya Mas, selagi nggak patah semangat insya Allah hasilnya nggak bikin kecewa.

      Hapus
  8. Selamat mas Rudi telah lolos seleksi CPNS - nya , yang dibarengi juga dengan pencapaian blog . Ya?? Kalau saya pribadi sih, untuk tahun 2021 sih tak berharap terlalu tinggi cuma berharap dan berdoa supaya bisnis marketing online lancar dah itu saja tak mahu muluk yang terlalu tinggi takut tak sesuai harapan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih ya Mbak Tari. 😊

      Nggak apa-apa Mbak, yang penting usahanya aja dulu. Kalo serius, insya Allah berhasil. Semangat Mbak. 💪

      Hapus
  9. Kak Rudi, selamat karena telah lolos seleksi CPNS 🥳 keren banget Kak Rudi! Perjuangan menuju lokasi ujian yang penuh hambatan tetap diterobos dan membawa berkah yang baik. Aku ikut senang dengarnya, Kak 💃🏻
    Perihal liburan gratis ke Malaysia, apa tidak digantikan dengan hadiah lain oleh pihak penyelenggara?

    Oiya, selamat tahun baru 2021, Kak Rudi 🥳
    Semoga segala impian dan harapan untuk tahun depan bisa terwujud, ya 🙏🏻

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih banyak Kak Lia. 😊
      Iya nih, perjuangannya luar biasa juga. Tapi syukurlah lulus.

      Di awal emang ada pemberitahuan kalo nggak bisa diganti hadiahnya Kak. Jadi ya gitu deh. Sedih gagal liburan. ☹️

      Selamat tahun baru juga Kak Lia, semoga kak Lia juga harapan dan impiannya tercapai ya. Aamiin...

      Hapus
  10. Wahh selamat yah Mas Rudi untuk keberhasilan lulus Tes CPNS,, Ikutan seneng ngedengernya.. Aku sndri gagal di tes SKB kementrian Perdagangan.. huhu sedihhh.. Tapi nggak papa... Masih ada seribu jalan... Semangat mas..

    Ya ampun sayang banget yah mas,, Jalan2 gratis ke Malaysianya nggak jadi.. Besok2 semoga mendapatkan pengganti yg lebih baik..

    Selamat juga buat keterima adsensenya... Anggap aja penghasilan adsense itu bonus... jadi nggak usah ambil pusing.. Yg penting terus ngeblog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tetap semangat Mas.
      Rezeki nggak cuma jadi cpns doang kok.
      Udah gitu, bulan Maret katanya bakal dibuka lagi, jadi coba aja lagi Mas, mana tau rezeki.

      Aamiin.. iya Mas, harus dapat ganti yang lebih baik nih.

      Siap Mas. Yang penting tetap berbagi kisah petualangan aja ya kan Mas.

      Hapus
  11. Selamat kak atas keberhasilannya menjadi PNS. semakin maju dan mantap kedepannya ya kak. Adsensenya juga semakin melimpah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin... Makasih banyak buat doanya ya Bli.
      Semoga Bli juga semakin maju dan mantap ke depannya. Aamiin...

      Hapus
  12. Waaah yg menang lomba jalan2 ke malaysia ga diganti pake uang gitu mas Ama penyelenggara? Setidaknya ga bisa traveling, kan mereka bisa ubah jd cash hadiahnya. Mau di reschedule ga jelas gini soalnya.

    Selamaaaat yaaaa, semoga nanti di kota Bengkulu bisa jd guru terbaik utk anak2 di sana :). Ikutan seneng bacanya. 2021 hrs optimis, ini THN yg baik buat semua :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di awal emang udah ada pemberitahuan nggak bisa ganti Mbak. Jadi ya gitu deh, gagal liburan. ☹️

      Aamiin... Iya Mbak, tahun ini harus lebih baik lagi.

      Hapus
  13. subhanallah, kereeeen 2020 nya kak Rudi. Semoga tahun 2021 lebih baik ya kak
    aamiin yra

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin... Makasih buat doanya Mbak Enny.
      Semoga tahun 2021 kita bisa menggapai hal-hal yang lebih baik lagi.

      Hapus
  14. ditunggu cerita Bengkulu dan cerita jadi guru dsana juga ya kak,...

    BalasHapus
  15. waaaa 2020 Mas Rudi banyak yg dicapai yaaa.. alhamdulillah banget, semoga tahun 2021 makin sukses yaaa.. sambil menyelam minum air ini ya, SKB bisa sambil jalan2 :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak, alhamdulillah dapat beberapa rezeki.
      Semoga 2021 ini kita bisa makin sukses Mbak. Aamiin..

      Ahahaha... Setiap ada kerjaan gitu, pasti sempatin buat jalan-jalan lah Mbak. Sayang udah jauh-jauh.

      Hapus
  16. Wah, Mas, pencapaiannya pada 2020 sedikit tapi keren. O, ya. Kok tes CPNS-nya jauhh ya. Lumayan jadi bisa sekalian traveling

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih, di sekitar daerahku lagi nggak buka formasi CPNS, jadi ambil yang jauh deh.
      Tapi bisa sekalian jalan-jalan. 😁

      Hapus
  17. Wihh ada foto pantai panjang tuh, kapan ke bengkulu lagi bang, biar traveling bareng
    Nanti sekalian juga di anterin keliling deh , hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Allah dalam waktu dekat bakal ke Bengkulu lagi Mas.
      Wah... Boleh juga tuh. Hayuk Mas.

      Hapus
    2. Hehe, siap bang, info kontak aja
      Hehe tapi nanti di ajak kelilingnya pakai motor ya 😊

      Sekalian bisa buat konten blog barengan 🤭

      Hapus
    3. Siap Mas, ntar dikabarin kalo ke Bengkulu ya.

      Hapus
    4. Woke deh bang, siiap 😁

      Hapus
  18. perjuangan panjang yang berakhir bahagia ya kak, perjalanan Medan ke Bengkulu juga nggak singkat. alhamdulilah. congrats ya kak.
    mungkin next time setelah pandemi berakhir bisa jalan jalan mandiri ke Malaysia ya, tetep semangat jalani hari hari kedepan ini

    wahh kalau aku ke Medan nggak bisa ketemuan ya, kudu ke Bengkulu berarti ini hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Kak, 2 hari 2 malam baru sampe naik bus. 🤣
      Perjalanan yang sangat panjang dan penuh perjuangan.
      Tapi alhamdulillah berhasil lulus.

      Makasih ya Kak. 😊

      Iya Kak, nanti bakal puas-puasin ke Malaysia nih, balas dendam. 🤣

      Iya nih, soalnya nggak di Medan lagi tinggalnya, tapi di Bengkulu.

      Hapus
  19. selamat mengabdi mas rudi :D
    Kalau sudah tinggal di bengkulu, jangan lupa untuk main-main ke liku 9 mas. Jalanannya asyik. Hawanya sejuk, jalannya berkelok-kelok, dan kiri kanan berupa hutan. Kalau beruntung bisa denger suara siamang yang bersahut-sahutan.

    oya jangan lupa cicipi ikan bakar di rumah makan padang Surau gonjang mas :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mas, terima kasih banyak.

      Boleh dicoba juga tuh liku 9. Katanya sering ada bunga rafflesia juga di situ.

      Wah.. jadi laper Mas. 🤣

      Hapus
  20. halo mas, kira kira bisa partneran gk sebagai blogroll

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo juga Mas, boleh Mas, tapi itu caranya gimana ya?

      Hapus
  21. Wahhh udah seneng2 dapt tiket gratis ke malaysia, tiba2 pandemi, ya ampun, nyesek banget pasti, semoga nanti rejekinya diganti dg yg lebih besar ya mas, amin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nyesek banget Mbak.
      Bikin tidur jadi nggak tenang.
      Pokoknya ntar kalo udah kondisi aman, bakal kupuasin traveling ke sana. Balas dendam. 🤣

      Hapus
  22. Selamat yaa bapak PNS.. seneng aja bacanya.. aku juga ikut ujian CpnS, tapi sayang belum takdirnya.. huhuhu #staySabar hahaha

    Asiik ya dapet tiket gratis walaupun gak jadi terbang, mudah2an corona cepet berlalu, dan bisa jalan2 jauh (lagi)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Mbak 😊

      Tetap semangat ya Mbak, semoga yang selanjutnya lulus. Aamiin...

      Aamiin... Semoga lah Mbak, biar bisa beraktifitas normal lagi.

      Hapus

Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan sopan :)