Monday, October 12, 2015

Bendungan Sei Ular nan Eksotis



Bendungan irigasi sungai ular adalah sebuah bendungan irigasi yang memiliki fungsi utama sebagai pengendalian banjir dan irigasi dari Sungai Ular. Karenanya, keberadaan bendungan ini sangat strategis untuk menghindarkan warga maupun lahan pertanian dari bahaya banjir, termasuk untuk sarana ketersediaan air bagi pertanian masyarakat.
Bendungan Sei Ular

Lokasi
Bendungan ini terletak di Desa Pulau Tagor, Kecamatan Serba Jadi, Kabupaten Serdang Bedagai. Bisa ditempuh dari arah Galang menuju Tebing Tinggi, dan setelah melewati jembatan Sei Ular, belok kiri dan ikuti jalan di tepi sungai tersebut hingga sampai di jalan setapak menuju bendungan.
Landscape Bendungan
Meskipun hanya sebuah bendungan, sebuah bangunan beton, tetapi Bendungan Sungai Ular adalah tempat yang indah untuk dikunjungi dan merupakan tempat yang nyaman untuk refreshing dan menenangkan diri. Ini karena Bendungan Sei Ular jauh dari keramaian. Selain itu perpaduan air yang mengalir, cahaya matahari senja yang membias dan bengunan beton nan kokoh memberikan kesan indah dari sudut yang berbeda dan sekaligus menenangkan. 
Landscape beton bendungan
Sei Ular
Karena itu, bendungan ini sering menjadi tempat wisata dadakan bagi masyarakat sekitar, yah, terutama siswa-siswa SMP dan SMA di sana. Sayangnya tempat ini memang belum dikelola secara maksimal, andai bendungan ini juga difungsikan sebagai tambak ikan dan wisata, tentunya bisa memberi dampak ekonomi lebih buat masyarakat bukan?
Saya berfoto dengan latar bendungan

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan sopan :)