Rabu, 13 Juli 2022

Bus CSH 88 Rute Bengkulu Menuju Jakarta

Bus CSH 88 Jakarta Bengkulu
Bus CSH 88 Bengkulu-Jakarta, sumber: FB CSH 88

A

llooooo.... apa kabar teman-teman? Semoga baik-baik aja ya, aamiin....

Liburan semester kali ini aku berencana berpetualangan ke Bumi Parahyangan alias Bandung.  Dari Bengkulu, tempatku bekerja saat ini ada dua bus yang menuju Bandung, yaitu PO SAN dan Putra Rafflesia. Namun sayangnya semua tiketnya sudah ludes dan baru tersedia kembali 5 hari kemudian. Busyet... keburu abis masa liburanku.

Akhirnya aku mencoba keberuntungan menghubungi bus CSH 88, dan alhamdulillah, masih tersedia kursi yang kosong. Namun bus ini hanya sampe ke Jakarta, di Terminal Pulogebang. Untuk ke Bandung, aku harus nyambung lagi.

Bus CSH 88 berangkat dari Kota Bengkulu jam 9 pagi dengan harga tiket Rp. 450.000 perorang. Setiap orangnya juga mendapat sepotong roti dan air mineral. Mantap! 

Bus CSH 88 Jakarta Bengkulu
dapat roti dan minuman

Bus ini dilengkapi AC dan setiap seat ada bantal kecilnya serta sandarannya juga bisa diturunkan. Namun tidak tersedia leg rest dan foot rest. Untuk nyarger HP, bisa di bagian depan, minta tolong ama keneknya. Tapi pas aku minta tolong buat nyarger katanya lagi panas, jadi nggak bisa. L

Dari Bengkulu menuju Jakarta bus ini melalui lintas Tengah kemudian ke Lintas Timur dengan rute Bengkulu-Kepahiyang-Curup-Lubuk Linggau-Lahat-Muara Enim-Prabumulih-Indralaya-Masuk Tol hingga Bakauheni-Merak-Serang-Jakarta-Terminal Kalideres dan berakhir di Terminal Pulogebang.

Perjalanannya cukup nyaman, namun kuakui bus ini lumayan lambat karena perjalanan Bengkulu-Jakarta ditempuh hampir 29 jam yang biasanya cuma 24 jam. Meski pun itu karena 1 jamnya dipakai untuk mengganti ban yang pecah di Bakauheni. Selain itu, bus ini juga sangat sering menaikturunkan penumpang bahkan ketika bus sudah terisi penuh. Auto bangku tempel cuy.

Di sepanjang perjalanan, pemandangannya juga cukup mantap. Dari pemandangan perbukitan hijau, kemudian perkebunan, hingga berbagai kota yang belum pernah kukunjungi. Di Lahat, Sumatera Selatan aku juga bisa melihat Gunung jempol, sebuah gunung unik dengan puncak seperti jempol.  Dan yang paling kerennya adalah pemandangan Selat Sunda, selat yang menghubungkan Pulau Sumatra dengan Pulau Jawa yang akan kuceritakan dicerita selanjutnya. Bersambung..... 

Bus CSH 88 Jakarta Bengkulu
Gunung Jempol di Lahat
Bus CSH 88 Jakarta Bengkulu
Menara Singer di kejauhan di Bakauheni, Lampung

24 komentar:

  1. Seru juga memang kalau dari sebrang Sumatra menuju jakarta dengan menggunakan bus yaa mas Rud..😁😁

    Dan saya juga baru tahu ternyata selain bus CSH 88 ada juga bus lainnya yang langsung menuju kota Bandung.

    Jadi kangen aku pengen nyebrang2 Pulau kaya dulu lagi.😁😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seru banget Mas, tapi CSH 88 ini cuma sampe Jakarta, yang sampe Bandung cuma PO SAN dan Putra Rafflesia mas

      Hapus
  2. selamat menikmati perjalanannya, bang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap bang, selamat membaca petualangan saya ya bang. 🙏

      Hapus
  3. PO SAN emang terkenal sih di bengkulu. Jadi ya biasa kalau tiket selalu habis ketika libur panjang. Dulu pernah naik bus itu ketika ke padang. Sedangkan putra raflesia belum pernah naik.

    Tidak nyangka kalau perjalanannya 29 jam. Lama juga yaa mas rudi :D
    ditunggu cerita selanjutnya mas :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mas, pilihan utama sih, walau harganya lebih mahal dikit, tapi kualitasnya emang terjamin.

      Hapus
  4. Tiketnya mahal ya, Mas Rudi. Kenapa tidak naik pesawat saja. Saya juga sering ke Bengkulu, anak bungsu saya kerja dan nikah di sana.

    Oh, ya. Mohon maaf ya, Mas Rudi. Komen mas Rudi di artikel saya judul, "3 Alasan Masyarakat Kerinci Membangun Rumah Gede ..." tidak muncul. Yang ada cuman notasinya Jadi, saya tak bisa membalas. Akhir2 ini blog saya sering begitu. Tidak semua komen teman2 bisa tampil.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tiket pesawat lebih mahal lagi buk.
      Tapi tiket bus ke Bengkulu emang mahal sih. Mungkin karena kotanya nggak dilalui jalan lintas utama, jadi harga tiketnya cukup mahal.

      Iya Buk, nggak apa-apa kok, mungkin sedang error aja tuh.

      Hapus
  5. Ternyata mahal juga ya tiket bus dari Bengkulu ke Jakarta 450 ribu, mungkin karena perjalanannya jauh 29 jam kali ya.

    Asyik nih liburan ke Bandung, sepertinya bentar lagi posting liburan nya.😀

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tiket bus ke rute Bengkulu emang mahal Mas, mungkin karena Bengkulu letaknya nggak di jalur lintas utama, jadi harganya ya begitu lah.

      Siip... Ditunggu aja cerita tentang Bandung nya.

      Hapus
  6. Hampir setiap tahun melakukan perjalanan seperti ini, yahnamanya juga perantauan. Btw mampir pak saya di sekitar ancol gak jauh jauh amat darai pulogadung. Salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama Pak, saya juga perantau dari Medan, jadi tiap tahun naik bus demi pulang kampung.

      Salam kenal kembali Pak, insya Allah kalo nanti ada kesempatan, singgah ke sana.

      Hapus
  7. finally ada update baru ya kak Rudi
    29 jam lama juga ya ternyata dari Bengkulu. Soalnya juga lewat via jalur laut yang pastinya juga butuh lama untuk antri masuk kapal ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahahaha... Iya mbak, agak kesulitan bagi waktu nih. 🥺

      Biasanya cuma 23 jam sih mbak. Bus ini aja yang sedikit lama jalannya.

      Hapus
  8. Bus mania nih kak, d Sumatera katanya jalurnya terkenal ganas ya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jalur Sumatera boleh dicoba sih. Ada 3 jalur dengan pemandangan yang berbeda-beda.

      Hapus
  9. wah penasaran ma kardus rotinya, kok ga difoto rotinya mas rud...heheheh

    biarpun ada drama ban pecah di bakaheuni tapi perjalanan terasa asyik ya, bisa melancong ke bumi parahyangan. Siapa tahu di sana bertemu yang dicari cari selama ini hahha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rotinya biasa doang kok Mbak Mbul.

      Ahahaha... Bertemu awewe Bandung yang terkenal geulis. 🤭

      Hapus
  10. Waah 450rb cukup mahal yaa mas. Saya dari Tangerang ke Palembang, dapet tiket 250rb. Perjalanan 12 jam.

    San saya melihat lewat gunung Jempol. Nampaknya bagus juga yaa. Saya belum pernah ke sana. Hehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo ke Bengkulu emang mahal Mas, karena nggak di jalur lintas utama.

      Saya cuma lewat doang dari Gunung Jempol itu, padahal keren kayaknya

      Hapus
  11. wadaw, mahal juga ya harga tiket bus dari Bengkulu ke Jakarta. Gak bisa sering2 dong :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mahal banget malah Mbak, karena Bengkulu nggak terletak di jalur lintas utama.

      Hapus
  12. Aku belum pernah ngerasain lintas Sumatra naik bus gini 😅. Pernah ada niat, tapi naik mobil pribadi , kalo naik bus, aku nya yg kuatir mabok darat mas 🤣. Lumayan lama juga yaaa 29 jam.. tapi anggab aja ini bus mentingin safety mas , jadi ga ngebut2 amat kayak bus lain 😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahahaha... Emang iya sih Mbak, naik bus banyak tantangannya.

      Hapus

Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan sopan :)