Thursday, October 17, 2019

Candi Bubrah

Hai.. hai.. sahabat backpacker..

Setelah sebelumnya aku dan adikku menikmati indahnya bangunan peninggalan sejarah Candi Lumbung, kami kemudian melanjutkan penjelajahan di Taman Wisata Candi Prambanan ini dengan menggowes sepeda menuju candi selanjutnya, yaitu Candi Bubrah.
Candi Bubrah
Tak begitu jauh menggowes sepeda, kami berdua pun sampe juga di halaman Candi Bubrah. So... Yok langsung aja kita liat lebih dalam tentang candi ini.
Plang Candi Bubrah
Sejarah Candi Bubrah

Candi Bubrah adalah sebuah candi Budha yang diyakini dibangun pada abad ke 9 Masehi dan masih satu periode dengan pembangunan Candi Sewu dan Candi Lumbung yang ada di dekat candi ini. Berdasarkan Prasasti Manjusrigrha, candi-candi ini dibangun oleh Rakai Panangkaran dari Dinasti Syailendra, Raja Kerajaan Mataram Kuno.

Btw candi ini dinamain Candi Bubrah karena saat dulu ditemuin, candi ini dalam kondisi bubrah, alias runtuh dalam bahasa Jawa. Tapi setelah restorasi yang dilakuin tahun 2016 yang lalu, sekarang Candi Bubrah sudah berdiri kokoh dan cantik.
Papan informasi Candi Bubrah
Arsitektur Candi Bubrah

Candi Bubrah merupakan candi tunggal tanpa ada candi perwara di sekitarnya. Candi ini dibangun dari batu andesit dengan bentuk yang terkesan tinggi dan ramping dan stupanya berupa satu stupa induk yang dikelilingi delapan stupa yang dikelilingi lagi oleh enam belas stupa lainnya.

Di dinding luar candi ini ada relung-relung yang berisi arca Budha, keunikan lainnya adalah adanya hiasan bermotif teratai di beberapa bagian candi. Kalo diliat-liat, bangunan candi ini cakep juga.
Relung dan stupa di Candi Bubrah

Candi Bubrah

Candinya tunggal
Lokasi Candi Bubrah

Candi Bubrah ini berada di dalam komplek Taman Wisata Candi Prambanan dan secara administratif masuk dalam wilayah Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Setelah selesai menikmati indahnya Candi Bubrah, kami pun melanjutkan penjelajahan menuju tempat selanjutnya. Lets go...
Si ganteng yang unyu di Candi Bubrah

10 comments:

  1. Saat saya wisata ke Prambanan, belum sempat main ke candi bubrah. Ternyata bentuknya indah juga ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, candinya cakep juga.
      Lain kali kalo ke sini lagi, coba deh ke sini juga mas pake sepeda, asyik lho.

      Delete
  2. setiap kali berkunjung ke wisata candi2 gitu selalu takjub deh sama orang2 jaman dulu bisa bikin bangunan megah, kokoh, dan bentuknya itu lho unik. entah itu candi, piramid, dll.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama kak, saya juga selalu kagum karena dijaman yang masih tradisional begitu, bisa ngebuat bangunan semegah dan seindah ini.

      Delete
  3. wah keren, blum pernah nih main ke sini. semoga kapan kapan bisa kesempatan main

    ReplyDelete
  4. Wah aku blm pernah ke candi bubraaaah. Duh semoga lain waktu bisa main2 di candi keren kek gini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga ntar kesampean ya mbak, jalan-jalan ke candi-candi keren. Aamiin...

      Delete
  5. Baru tau kalau sekitar Prambanan ada Candi Bubrah... nice info gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan, masih banyak tempat-tempat keren lainnya di sekitar Prambanan sih.

      Delete

Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan sopan :)