Kamis, 02 Februari 2023

Museum Pos Indonesia Bandung, Mengenal sejarah Pos Indonesia

 

Museum Pos Indonesia
Museum Pos Indonesia

Hai kawan-kawan...

Setelah sebelumnya aku menikmati kerennya koleksi batuan, mineral, logam dan fosil di Museum geologi Bandung, aku kembali melanjutkan petualanganku di Bumi Parahyangan ini. Tujuanku selanjutnya adalah Museum Pos Indonesia. 

Museum Pos Indonesia
Museum Pos Indonesia Bandung

Alamat Museum Pos Indonesia

Museum Pos Indonesia beralamat di Jalan Cilaki, No. 73, Citarum, Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat. Dari Museum Geologi Bandung, museum ini nggak jauh. Jadi aku cukup jalan kaki aja menuju museumnya melintasi Taman Lansia Bandung.

Tiket masuk

Tiket masuk ke Museum Pos Indonesia gratis. Iya cuy, gratis. Jadi kita sebagai pengunjung cukup lapor aja ke meja resepsionis dan mengisi buku tamu doang. Setelah itu kita akan diarahin ke pintu masuk museumnya yang ada di pojok bangunan. Dari meja resepsionis ke pintu masuk museumnya terdapat lorong panjang dengan tiang kolong tinggi yang berarsitektur indah.

Di ujung lorong itu terdapat tangga yang mengarah ke bawah dan di atasnya bertuliskan Museum Pos Indonesia. Di bagian paling depan terdapat satu gambar berukuran besar yang bertuliskan perangko pertama Hindia Belanda yang terbit pada 1 April 1864. 

Museum Pos Indonesia
Lorong estetik
Museum Pos Indonesia
Perangko pertama Hindia Belanda

Aku lantas menuruni anak tangga tersebut dan mulai melihat-lihat berbagai koleksi yang ada di museum ini. Koleksi yang ada museum ini sangat beragam dan berfokus pada koleksi pos.

Koleksi Museum Pos Indonesia

Di bagian awal terdapat beragam bentuk bis surat, ada yang persegi, ada yang tinggi, ada yang sederhana dan ada juga dengan hiasan-hiasan unik. Jadi dahulu, untuk mengirim surat, masyarakat tidak harus ke kantor pos, suratnya cukup dimasukkan ke dalam bis surat dan nantinya akan ada petugas yang mengumpulkan surat dari sana dan membawanya ke kantor pos. 

Museum Pos Indonesia
Bis surat

Di sebelahnya terdapat miniatur kantor pos kereta api. Jadi dahulu, surat-surat dibawa menggunakan kereta api dan kantor pos dibangun dekat stasiun sehingga pengiriman surat mudah dilakukan. 

Museum Pos Indonesia
Kantor pos kereta api
Museum Pos Indonesia
Lukisan tentang pos jaman dahulu

Di bagian selanjutnya terdapat koleksi sepeda ontel yang dahulu digunakan pak pos untuk mengantar surat. Di sebelahnya ada juga diorama yang menggambarkan pak pos bersama warga yang menunggu suratnya. 

Museum Pos Indonesia
Diorama Pak Pos

Beranjak ke bagian dalam, ada meja berlapis kaca transparan, di dalamnya terdapat berbagai macam koleksi perangko. Perangko tersebut berasal dari berbagai negara. Selain itu juga ada koleksi perangko Indonesia. Beberapa perangkonya juga unik dan memecahkan rekor MURI seperti perangko yang terbuat dari batik dan kulit gunungan. 

Museum Pos Indonesia
Koleksi perangko
Museum Pos Indonesia
Perangko dari berbagai negara
Museum Pos Indonesia
Perangko unik dari batik dan kulit gunungan

Selanjutnya juga ada koleksi yang berhubungan dengan kantor pos seperti timbangan tua, mesin hitung, tang plompir, seragam Pak Pos, hingga miniatur kendaraan pos. 

Museum Pos Indonesia
Kode Pos Indonesia
Museum Pos Indonesia
Timbangan
Museum Pos Indonesia
Tang plompir
Museum Pos Indonesia
Seragam Pak Pos
Museum Pos Indonesia
Berbagai miniatur Pos

Di bagian paling ujung terdapat koleksi surat-surat emas Nusantara. Ini bukan surat yang terbuat dari emas ya, tetapi surat-surat emas ini adalah surat-surat yang dikirimkan berbagai kerajaan yang ada di Nusantara. Terdapat berbagai surat, naskah, hikayat dan lainnya dengan berbagai bahasa. Surat-surat ini memiliki keindahan karena dihiasi berbagai corak di setiap lembarnya. 

Museum Pos Indonesia
Surat Emas Nusantara

Demikianlah perjalananku ke Museum Pos Indonesia. Selanjutnya aku akan berkunjung ke Gedung Sate, gedung ikon di Kota Bandung, Jawa Barat.

To be continued ..... 

Museum Pos Indonesia
Siganteng yang unyu di Museum Pos Indonesia

29 komentar:

  1. untung gratis ya,

    keren bgt pos tempo dulu. dan negara kita dulu Eropa bgt ya sewaktu jadi East Indie. Auto list daftar tujuan. keren bgt pengalaman tempo dulunya. Thanks udah kasih perjalanan virtual ke sana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mas, kalo gratis gini kan enak. 🤣

      Karena yang ngebangun juga Eropa Mas, jadi ya khas Eropa juga bangunannya.

      Sama-sama Mas, makasih juga udah mampir 😊

      Hapus
  2. Unik ya, ananda Rudi. Dikira surat terbuat dari emas. Ternyata surat dari raja2. Terima kasih telah berbagi informasi. Selamat malam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahahaha... Iya Nek. Dulu juga kirain suratnya dari emas. 🤣

      Hapus
  3. Waahh belum pernah benar2 explore wisata sejarah Bandung, suka banget museum :)

    BalasHapus
  4. Barangkali kalo ga di jajah kita ga punya bangunan khas Eropa..eeh🙏sekarang kantor pos udah jarang banget buat kirim ini itu,ya masih juga,tapi kegiatannya ga seramai pada saat gadget belom ada,sekarang berkirim pesan lebih praktis,tapi jadi kangen kantor pos jaman dulu ,biasanya kalo mau lebaran rame yg ngeposin kartu lebaran dan banyak Abang"yg jual kartu lebaran di teras kantor pos,sekarang ud ga ada

    BalasHapus
  5. Baju seragam pak pos itu dulu menemani setiap hari anter surat sahabat pena hehe

    BalasHapus
  6. Museum Pos ini mengingatkanku pada hobi berkirim kartu pos. Sayangnya berkirim pos di Indonesia tidak menjadi sebuah kebiasaan yang dilakukan oleh warganya. Jadi berkirim pos sudah tidak menarik lagi bagi warga. Dinilai lama dan tidak efektif dalam berkirim pesan.

    Aku masih menemukan beberapa bus surat yang berada di pinggir jalan. Salah satunya yaa di Kantor Pos Pusat Semarang.

    BalasHapus
  7. bangunannya punya desain menarik..tak heran dibangun sejak hindia belanda makanya ada kesan arsitektur jaman kolonial dimana banyak terdapat lorong lorong dan soko

    aku kira itu orang beneran tadi tak taunya diorama dong

    bagus amat ya ada perangko batik dan gunungan juga surat dari jaman kerajaan berupa hikayat dan sebagainya makanya ddisebut surat emas...

    BalasHapus
  8. Jadi inget dulu koleksi perangko, sampe bela2in minta ke papa tiap kali bisnis trip ke LN 🤣.

    Baguus yaaa dalamnya. Aku penasaran perangko yg terbuat dari kain dan kulit gunungan.

    Btw, ada penjelasan ga kenapa kartu pos semakin ga jelas pengirimannya 🤣🤣. Niat ngirim ga mereka wkwkwkwk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. astaga, kapan ya terakhir menggunakan jasa kantor pos untuk pengiriman? Sepertinya terakhir sblm covid. Pas thn 2020 mau kirim ke teman, ditolak sama kantor pos krn katanya perbatasan masih pd ditutupin. Ini museum benar2 akan jd satu2nya reminder cara komunikasi sblm internet ya

      Hapus
  9. Wow, menarik banget Museum Pos Indonesia di Bandung ini! Bangunannya terlihat sangat bersejarah. Aku mengoleksi perangko juga loh. Kapan2 mesti disambangi nih, ajak anak2 supaya mereka mengenal tentang Pos Indonesia yang berjasa dalam kehidupan manusia.

    BalasHapus
  10. kebetulan saya lagi sumedang ini,

    BalasHapus
  11. Emang udah seharusnya tiket masuknya gratis 😁, kalo engga yang dateng cuma yang study tour aje. Sampe saat ini pos masih menjadi acuan pengiriman paket dari luar negeri.

    BalasHapus
  12. jadi kangen masa-masa keemasan kantor pos waktu aku kecil atau SD dulu. Kantor pos udah kayak friend sama aku.
    Dan aku sering banget kirim surat pena atau kartupos ikutan kuis dan masukin ke bis surat. Yaampun dulu pulang sekolah mampir ke bis surat dan masukin kiriman surat atau kartu posku. Terus hepi kalau dapet kiriman dari pak pos ke rumah

    sampe aku punya album filateli dan koleksi perangko dari negara lain, sayang aku lupa naruh mana, entahlah

    BalasHapus
  13. rasa-rasanya hampir semua kantor pos di Indonesia itu pakai gedung bangunan tua peninggalan belanda ya. wah dulu aku pernah magang di kantor pos pusat banyuwangi soalnya. dan gedungnya udah tua banget. nostalgia banget ingat masa magang dulu waktu liat postingan ini.

    BalasHapus
  14. Masuk dalam wish list kunjungan kalo ke Bandung ini heheheh
    Bawa kamera polaroid kayaknya asyik, jadi kesan vintagenya semakin terasa

    BalasHapus
  15. Aku pernah kesini pas study tour jaman SMA, kayaknya thn 2005an deh. Dulu ke situ rasanya biasa aja, karna th segitu aku masih sering kirim2an surat sama saudara di beda pulau, wlpn sebenernya aku udah pegang hp sendiri thn segitu.

    Skrg, rasanya pasti beda bgt kalau mengunjungi museum pos ini, berasa nostalgia bgt, apalagi dr dulu aku emang suka bgt ngoleksi benda2 pos

    BalasHapus
  16. Beberapa gambar ada yg baru gue liat disitu wkwk kerennn makasih jalan-jalannya mas

    BalasHapus
  17. Motor lanang dua tak merk Suzuki itu ikonis sekali, Mas Rudi. Waktu kecil, saya menyebut motor seperti itu "honda Pak Pos", karena di tempat saya dibesarkan semua sepeda motor disebut honda. :D

    BalasHapus
  18. Boleh di coba nih. Jadi penasaran juga dengan museum pos di medan..

    BalasHapus
  19. Dulu warna oren baju n motornya selalu dinanti. Sekarang dah jarang keliatan

    BalasHapus
  20. Waaah, aku udah lama banget gak ke Museum Pos. Dulu aku pernah ditakut-takutin temen katanya patung-patungnya itu orang asli yang dijadiin patung, terus aku jadi takut ke sana lagi :'( Tapi baca post ini kok jadi nostalgia ya, apalagi lihat kotak pos besar merah itu. Kapan-kapan mau ke sana lagi ah :)

    BalasHapus
  21. Dari luar bentuk bangunannya kelihatan kuno tapi pas masuk ke dalam seperti sudah modern.

    BalasHapus
  22. Kangen kirim-kiriman kartu lebaran atau surat ke sahabat pena yang SKSD dari biodata dibelakang sampul LKS

    BalasHapus
  23. ke inget jaman dulu masukan ke BIS Surat ternyata balasannya lama karena terkirimnya lama, jadi nunggu2 balasan eh ternyata memang suratnya yang belum terkirim

    BalasHapus
  24. wah,baru tau ada museum pos indonesia ini, noted,buat ke bdg kapan2 kan....trus penasaran tu surat2 emas kerajaan2 kok nemu aja ya mereka.pdhl kan udah lama bgt,ada aja koleksinya hehe

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan sopan :)