Selasa, 10 Januari 2023

Museum Geologi Bandung, Keren Banget!!!

 

Museum Geologi Bandung
Museum Geologi Bandung

Yuhuuuu....

Allooo kawan-kawan.

Setelah puas menjelajahi Museum Negeri Provinsi Jawa Barat Sri Baduga, aku kemudian beranjak menuju destinasi wisata selanjutnya yang ada di Kota Bandung. Tujuanku berikutnya adalah Museum Geologi Bandung.

Alamat Museum Geologi

Museum Geologi Bandung terletak di Jalan Diponegoro, No. 57, Cihaur Geulis, Kecamatan Cibeunying Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat. Letak museum ini nggak jauh dari Gedung Sate Bandung, salah satu ikon terkenal dari Kota Bandung.

Harga Tiket Masuk Museum Geologi

Seperti harga tiket museum lainnya, tiket masuk ke Museum Geologi Bandung sangat amat murah. Perorang dewasanya cuma Rp.3000 dan anak-anak Rp.2000 aja. Murah meriah muntah cuy.

Cara membeli tiket Museum Geologi Bandung sedikit berbeda, pertama kita harus scan barcode yang ada di plang depan museum. Setelah itu kita akan mengunjungi situs reservasi Museum Geologi Bandung. Lalu isi data dan jadwal kunjungan serta jumlah rombongannya. Nantinya, hasil reservasi tersebut bisa ditukarkan ama tiket masuk di loket Museum Geologi Bandung dan kita akan dapatin satu tiket berbentuk gelang dari kertas. 

Museum Geologi Bandung
Loket tiket masuk Museum Geologi Bandung
Museum Geologi Bandung
Petunjuk arah Museum Geologi Bandung

Sejarah Museum Geologi Bandung

Museum Geologi Bandung ini udah didirikan sebelum Indonesia merdeka. Tepatnya pada tanggal 16 Mei 1929. Pembangunannya diinisiasi oleh Dinas Pertambangan pada masa Hindia Belanda yang digunakan untuk menyimpan hasil penyelidikan tambang yang dilakukan. 

Museum Geologi Bandung
Plakat pembangunan museum
Museum Geologi Bandung
Sejarah Museum Geologi Bandung

Koleksi Museum Geologi Bandung

Begitu masuk ke dalam bangunan Museum Geologi Bandung, aku langsung disambut ama satu fosil gajah berukuran besar. Besar banget malah. Fosil ini adalah fosil gajah yang ditemukan di Jawa Timur. 

Museum Geologi Bandung
Fosil gajah besar banget

Setelah mengagumi fosil gajah tersebut, aku lantas memasuki ruangan di sebelah kiri. Ruangan ini bernama ruang tengah. Di dalam ruangan ini terdapat layar interaktif yang menampilkan animasi kegiatan geologi, sejarah pembentukan tata surya dan semesta sesuai teori big bang.

Di tengah-tengah ruangan juga ada sebuah bumi yang menampilkan dari kerak, lempeng hingga ke inti bumi. Di dekatnya ada layar interaktif yang bisa kita sentuh dan akan menampilkan berbagai data-data menarik seperti sejarah pembentukan bumi, jenis bebatuan dan mineral, hingga berbagai data geologi lainnya. Sedangkan di setiap pinggir gedungnya tersusun berbagai jenis batuan mineral dan logam. 

Museum Geologi Bandung
Sejarah pembentukan tata surya
Museum Geologi Bandung
Layar interaktif
Museum Geologi Bandung
Berbagai koleksi mineral yang cantik-cantik

Aku lantas beranjak ke ruangan kedua, namanya ruangan barat dan diatasnya terpampang tulisan keadaan geologi Indonesia. Di dalamnya terdapat berbagai informasi tentang keadaan geologi Indonesia terutama yang unik-unik seperti api biru di Kawah Ijen. Lalu ada juga maket lempeng bumi dan sebagainya. 

Museum Geologi Bandung
Koleksi batuan 
Museum Geologi Bandung
Salah satu mineral yang ditemukan di bumi Indonesia
Museum Geologi Bandung
Keadaan geologi Indonesia

Setelah itu aku kemudian naik ke lantai 2. Di lantai 2 ini ada ruang manfaat dan mitigasi bencana. Jadi di ruangan ini berisi informasi tentang berbagai bencana geologi yang terjadi seperti letusan gunung berapi, gempa bumi, tanah longsong dan sebagainya.

Oh ya, di salah satu sudut ruangan ini terdapat mesin simulasi gempa yang bisa dinaiki, tapi saat aku berkunjung, mesinnya tidak aktif. Lalu juga terdapat berbagai barang peninggalan dari kejadian letusan gunung berapi dan berbagai bencana geologi lainnya.

Agak seram sih, tapi di sini juga dijelasin berbagai informasi mitigasi bencana. Jadi kalo terjadi bencana alam, hal-hal yang sebaiknya dilakukan ada diinformasikan. Lalu juga ada juga informasi tentang manfaat dari bencana alam, seperti letusan gunung api yang membuat tanah menjadi subur. 

Museum Geologi Bandung
Ruang simulasi gempa bumi

Ruangan selanjutnya adalah ruangan manfaat dari Sumber Daya Geologi. Jadi di dalamnya terdapat berbagai macam mineral, logam dan hasil tambang yang bermanfaat bagi manusia dan cara memanfaatkannya seperti logam berharga, emas, perak dan platina, kemudian batuan mineral yang indah, hasil tambang seperti batubara, minyak bumi dan masih banyak lainnya.

Di ruangan ini juga terdapat berbagai macam barang-barang yang dibuat atau memanfaatkan dari hasil sumber daya geologi, seperti peralatan hidup tradisional hingga barang-barang modern saat ini. 

Museum Geologi Bandung
berbagai sumber daya geologi yang berharga
Museum Geologi Bandung
Berbagai mineral yang berguna
Museum Geologi Bandung
Peralatan sehari-hari dari hasil sumber daya geologi

Aku selanjutnya turun ke lantai satu, ada satu ruangan lagi yang berisi Sejarah Kehidupan. Di dalam ruangannya berisi informasi sejarah awal mula kehidupan sejak zaman palaezoikum hingga ke zaman modern. 

Museum Geologi Bandung
Info tentang makhluk hidup pertama berdasarkan teori saat ini

Di ruangan ini juga terdapat berbagai macam fosil, mulai dari fosil moluska, cikal bakal ikan dan mamalia hingga fosil dinosaurus. Selain itu juga terdapat tengkorak manusia purba yang pernah ditemukan di Indonesia beserta berbagai artefak peralatan hidup yang mereka gunakan seperti kapak persegi dan masih banyak lagi. 

Museum Geologi Bandung
Fosil cikal bakal ikan
Museum Geologi Bandung
Berbagai fosil yang ditemukan
Museum Geologi Bandung
Fosil Dino
Museum Geologi Bandung
Fosil Kerbau
Museum Geologi Bandung
Fosil hewan di Pulau Jawa
Museum Geologi Bandung
fosil kerang
Museum Geologi Bandung
Fosil berbagai moluska
Museum Geologi Bandung
Beliung persegi, peninggalan manusia purba
Museum Geologi Bandung
Tengkorak manusia purba

Puas juga rasanya mengunjungi Museum Geologi Bandung ini, jujur aja, konsep museumnya jauh lebih menarik daripada museum kebanyakan dan menurutku, kalo ke Bandung, museum ini wajib untuk dikunjungi. 

Museum Geologi Bandung
Siganteng dan unyu di Museum Geologi Bandung

24 komentar:

  1. Wah saya juga suka jalan2 ke museum gini. Walau identik dengan dunia anak sekolah, tapi senang aja lihat2 yg dipamerkan di museum. Lama jalan2 di Bandungnya nih, Mas :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak, saya malah destinasi wisata favoritnya museum atau ikon di suatu daerah sih, soalnya bisa belajar banyak hal dari destinasi tersebut, apalagi harga tiketnya juga murah.

      Hapus
  2. Aduuhh....jadi pengen jalan jalan tapi duitnya tidak ada😅
    Btw semangat terus nulis artikelnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jalan-jalan yang dekat aja dulu. Saya dulu juga awalnya seperti itu, pelan-pelan bisa ngumpulin untuk yang agak jauh.

      Terima kasih udah mampir 🙏

      Hapus
  3. tahun 2014 lalu waktu SMP kunjungan study tour ke sana, fossilnya di atas masih ada. cuma sekarang lebih modern display nya. jadi pengin ke sana lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak, tampilannya sekarang lebih modern dan canggih sih, beda ama museum lainnya.

      Hapus
  4. Beberapa kali masuk ke museum geologi dan setuju kalau museum ini layak dikunjungi. Pengelolaannya beda karena museum ini berada dibawah kemen ESDM.
    Media edukasi di museum ini sangat interaktif. Pengunjung benar-benar diajak belajar mengenali fenomena alam dan bumi. Apalagi banyak penemuan manusia purba di indonesia.

    Tulisan yang bagus mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget Mas, pengelolaannya emang jauh lebih baik daripada kebanyakan museum lainnya. Pengunjungnya juga lebih rame.

      Hapus
  5. wuih tiketnya murah bett,mana keren2...wajib bgt dikunjungi klo ke bdg

    BalasHapus
  6. Syukur ya, ananda. Tiket masuk moseum dibuat murah. Bisa terjangkau oleh semua kalangan. Kalau mahal, sulit masyarakat mau ke sana. Akibatnya, bayak anak bangsa ini yang lupa sejarah. Terima kasih telah berbagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget tuh Nek, dengan harga yang murah, semua kalangan bisa mengakses pengetahuan yang ada di dalam museum.

      Hapus
  7. Saya terakhir ke sini sekitar tahun 2006 atau 2007 gitu, study tour SMA hehehehe... Bagus sih, nambah pengetahuan tentang Geologi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah lama banget tuh Mas, tapi emang banyak anak sekolah yang berkunjung ke sini sih. Soalnya museumnya emang keren abis.

      Hapus
  8. g fokus sama foto kerang,mirip banget kayak yang di film jinny oh jinny

    BalasHapus
  9. murah memang tiket museum ya...boleh lah kapan kapan aku main, biar bisa belajar sejarah hewan purba termasuk mamouth...si gajah besar hehehe (jadi ingat pilm Ice Ace, si gajah mamouth sama kukang ceriwis)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rata-rata emang murah banget Mbak Mbul. Udah murah, banyak ilmu, bisa buat wisata juga.

      Hapus
  10. Wah iya ya ini koleksinya keren bangeeet Mas

    estetik juga buat foto2

    BalasHapus
  11. Wow, ada ruang simulasi gempanya juga nih :D By the way, itu penampakan gajahnya mengingatkan aku dengan Museum Zoologi di Bogor. Tapi dia menampilkan ikan paus super besar :) AKu pernah berkunjung ke Museum Geologi Bandung duluuuu zaman masih kecil :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, jadi pengen ngunjungi museum zoologi Bogor nih.

      Hapus
  12. Itu kayaknya fossil mammoth mas, bukan gajah 😅. Sodaraan sih memang 😄.

    Naah temenku yg orang sana juga pernah bilang museum geologi ini baguuus. Layak lah buat didatangin. Aku sendiri selalu penasaran ttg Fossil, dan aneka tambang atau bebatuan dari dalam perut bumi. Kayaknya memang hrs aku datangin kalo nanti ke bandunh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahahaha... Iya Mbak, mirip soalnya 🤣

      Ntar boleh lah dikunjungi Mbak, keren loh tempatnya.

      Hapus

Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan sopan :)