Rabu, 10 Februari 2021

Danau Sidihoni, Danau di Atas Danau di Pulau Samosir

Danau Sidihoni SamosirDanau Sidihoni

Hai sahabat backpacker, gimana nih kabarnya? Semoga sehat selalu ya, aamiin....

Nggak kerasa udah lama juga nih aku nggak update. Soalnya beberapa waktu belakangan ini aku emang lumayan sibuk. Maklum lah, lagi proses adaptasi di tempat yang baru. Selain itu juga banyak tugas hingga berkas-berkas dokumen yang harus diurus. Apalagi berkasnya harus diurus di kantor dinas pemerintahan. Karena KTP ku yang berbeda provinsi membuat prosesnya menjadi lebih rumit lagi. :(

Tapi yah mari lupakan itu sejenak, kali ini aku mau ngelanjutin kisah petualanganku saat di Pulau Samosir beberapa waktu yang lalu. Setelah sebelumnya aku mengunjungi Museum Huta Bolon Simanindo, aku kemudian melanjutkan perjalanan ke Danau Sidihoni, sebuah danau yang ada di atas danau. 

Danau Sidihoni Samosir
Danau di Atas Danau

Baca juga: Museum Huta Bolon Simanindo

Alamat Danau Sidihoni

Danau Sidihoni beralamat di Kecamatan Ronggur Nihuta, Kabupaten Samosir. Tapi cara terdekat ke danau ini adalah dari Pangururan, ibukota Kabupaten Samosir.

Jadi dari Pangururan ambil jalan ke kiri, ke arah Ronggur Nihuta. Jalannya cukup menanjak dan ada kerusakan di beberapa bagian, tapi masih asyik buat dilalui kendaraan bermotor. Apalagi di sisi jalannya juga bisa terlihat pemandangan Danau Toba dan bukit-bukit hijau di sekelilingnya. Dari Pangururan, danau ini cuma berjarak sekitar 25 menit perjalanan doang.

Tiket Masuk ke Danau Sidihoni

Untuk masuk ke Danau Sidihoni ini gratis loh cuy. Gratis. Bahkan parkir motornya juga gratis cuy. Mantap abis!!!

Pesona Alam Danau Sidohoni

Danau Sidihoni adalah satu danau yang cukup unik di Pulau Samosir, soalnya danau ini juga disebut dengan nama Danau di Atas Danau karena secara geografis, posisi danau ini berada di dalam Pulau Samosir yang berada di tengah-tengah Danau Toba.

Danau ini juga punya pemandangan yang cukup cantik. Danaunya punya luas hingga 5 hektar dengan bentuk danau seperti mangkok. Maksudnya danaunya cekung dan sekitarnya terdapat banyak bukit-bukit dan lapangan berumput hijau yang mengelilingi danau ini. Pemandangannya bikin mata jadi segar cuy. 

Danau Sidihoni Samosir
Danaunya cakep juga
Danau Sidihoni Samosir
Bukit hijau di sekitar danau

Air danaunya juga masih bersih dan jernih, bahkan airnya dimanfaatin ama penduduk sekitar untuk kegiatan sehari-hari seperti mandi dan mencuci. Bahkan saat aku berkunjung ke danau ini, di satu sudut masih ada sekelompok anak gadis yang lagi mencuci pakaian. Cihuyy....

Selain itu, di sekitar danau ini juga banyaak kerbau-kerbau yang sedang merumput. Keberadaan kerbau-kerbau ini juga menambah asri pemandangan dari Danau Sidihoni. Mantap!!! 

Danau Sidihoni Samosir
Sekitarnya masih asri
Danau Sidihoni Samosir
Ada banyak kerbau

Puas menikmati keindahan dan keunikan Danau Sidihoni yang dijuluki sebagai danau di atas danau ini, aku pun segera beranjak untuk menuju tempat selanjutnya yaitu Jembatan Tana Ponggol, sebuah jembatan yang menghubungkan Pulau Samosir dengan daratan Pulau Sumatera. 

Danau Sidihoni Samosir
Siganteng yang unyu di Danau Sidihoni

To be continued...

43 komentar:

  1. Balasan
    1. Iya bro, emang bagus kali pemandangan di sekitar Danau Toba ini.

      Hapus
  2. dari danau toba..pulau samosir...lantas ada danau sidihoni..jadi kayak berlapis lapus gitu ya mas rud...mana ada padang sabana dan kawanan kerbau tentu indah betul tuh...wah boleh juga tuh mas langsung kenalan dengan gadis yang ada di danau itu wakkakakak


    wah uda mulai ngurus berkas berkas nih, semoga segala hal terkait cpns annya lancar ya mas :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, danau toba, di tengahnya ada pulau samosir, di tengah pulau itu ada danau lagi.

      Ahahaha... Segan mbak mau kenalan. 🤣

      Udah mulai kerja pun mbak. Udah masuk ke minggu kedua.

      Hapus
  3. Namanya unik, danau di atas danau hahahahha. Tapi emang sih, sebegitu luasnya pulau samosir pasti tetap ada mata air semacam danau di dalanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mas, karena posisi danaunya ada di tengah pulau yang di tengah danau.
      Dan nggak cuma satu loh Mas, ada 3 danau di Pulau Samosir.

      Hapus
  4. Kayak lagi di luar negeri ya, Kak 😂
    Bukit rerumputan gitu, sering banget lihat di pelem-pelem barat gitu dan ini persis mirip hanya sedikit kurang hijau hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahahaha... Iya juga sih, andai rumputnya lebih hijau lagi, pasti lebih cakep nih pemandangannya.

      Hapus
  5. Hoo keren ini, saya baru tahu mas, ternyata ada danau di atas danau yaa.

    Jadi ada pulau yg punya danau, yg di dalamnya ada pulau, yg di dalamnya ada danau lagi 😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mas, unikkan?
      Danaunya ada di dalam pulau yang ada di tengah danau yang ada di tengah pulau. 🤣

      Hapus
  6. Enak ya sore-sore maen ke danau, mana gratis mulai parkir sampai dengan masuknya. Keren.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mas, kayaknya kalo sore dan pagi pasti cakep nih pemandangannya.

      Hapus
  7. Ya ..ya ..ya ..., aku masih teringat dan nunggu-nunggu 'penampakan' danau diatas danau yang pernah mas Rudi sebut-sebut di pos sebelumnya 😊.

    Dan ini toow .. danaunya.
    Indah sekali, ya!.
    Ukuran luasnya yang ngga begitu besar keren juga disebut sebagai danau mini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mas, maaf lumayan telat nulisnya.

      Iya Mas, danaunya emang nggak gede-gede amat sih, tapi pemandangannya cakep juga. Apalagi di sekitarnya ada bukit-bukit dan lapangan hijau.

      Hapus
  8. Danaunya terlihat gak begitu luas ya, tapi tetap menyenangkan dong kalau jalan2 ke danau. Apalagi pas sore2 ini. Karena area hijaunya juga cukup luas, jadi tambah bikin happy deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mas, kalo sore, buat sunset ataupun pagi berburu sunrise juga pasti cakep nih di danaunya.

      Hapus
  9. cukup menarik yahh.. danau di atas danau.. seperti frasa puisi, pasti banyak yang penasaran ke sana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mas, bisa jadi frasa yang menarik buat pengunjung. Karena bikin penasaran juga.

      Hapus
  10. wwhaaa, ternyata banyak yang bisa dikunjungi di SUmatera Utara yah... Ibuku orang Batak, dan aku taunya cuma sampai Tarutung ajah... Baca2 blog ini jadi banyak tau tempat 2 wisata yang menarik ^_^ Pas ke pulau Samosir pun gak nginep cuma di pinggirannya ajah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah... Di Sumatera Utara masih banyak tempat menariknya loh Mbak. Coba deh sesekali explore lebih jauh.

      Hapus
  11. Danaunya nggak gede tapi indah yaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mas, danaunya kecil kok, tapi sekitarnya hijau.

      Hapus
  12. Aku udh ga abis2 kagumnya Ama danau Toba ini. Danau Segede itu, ada pulau, trus ada danau lagi :D. Luar biasa ciptaan Tuhan yaa ❤️..

    Aku blm pernah pastinya kesini :D. Setelah baca tulisanmu, kayaknya butuh brp hari supaya bisa dtangin semua tempatnya mas :D. Kok banyak kali kayaknya hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahahaha... Itulah pesona Sumatera Utara Mbak. Kalo jalan-jalan di sini, siapin waktu yang banyak. 🤣

      Hapus
  13. kereeen bgt ini, alhamdulillah. Ntah kapan bisa jalan2 kesini smg ada jodohnya hahaha

    kerbauuu, kok dah lama nggak liat ya rasa2nya hahaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga nanti bisa ke sini Mbak. Aamiin...

      Sekarang kerbau emang kebanyakan ada di pedesaan dan pesawahan aja sih Mbak. Kalah pamor ama sapi.

      Hapus
  14. Wah bagusnya danau di atas danau ini... bersih banget rerumputan sekitarnya.. seperti lapangan golf ya?
    Tapi kalau dibuat mandi dan nyuci baju oleh penduduk.. apa ntar lama-lama nggak jadi keruh ya?
    Semoga penduduk setempat juga sadar dan bisa memelihara kebersihan dan keleatarian danau di atas danau ini sebagai objel wisata alam yang menarik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak, mirip lapangan golf gitu.

      Kayaknya sih nggak keruh Mbak, karena mereka udah manfaatin danau ini sejak dulu kala.

      Yang dikhawatirin sebenarnya pengunjung sih Mbak, karena banyak wisatawan yang nggak sadar kebersihan lingkungan.

      Hapus
  15. unik sekali tempatnya mas, danau diatas danau..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, karena unik itulah jadinya tempat ini menarik Mas.

      Hapus
  16. danau di atas danau, keren juga mas. Apalagi pemandangannya ala2 luar negeri, cihuyy..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahahaha... Setuju Mas, udah unik tempatnya juga cakep ala2 luar negeri.

      Hapus
  17. Bersih bangeeet, luas juga
    Cocok buat maen bareng temen 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bareng teman cocok, bareng keluarga juga cocok, bareng pacar apalagi Mbak. 😂

      Hapus
  18. danau di atas danau, unik ya sebutannya
    bukit hijaunya mengingatkanku sama bukit teletubbies, ijo ijo dan luas gitu
    ajak keponakan bisa buat lari-larian :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya juga sih Mbak, hijau dan berbukit-bukit. Kalo bawa ponakan, pasti girang banget tuh.

      Hapus
  19. Danau di atas Danau cukup Unik, Penasaran deh jadinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo penasaran, ke sini dong Kak jalan-jalan. Seru loh.

      Hapus
  20. Explore semua sudut alam di Indonesia emang ngga ada habisnya ya.

    Indonesia kekayaan alamnya melimpah ruah.
    Ini kalau di luar sono mah udah dikomersilkan pastinya ya, ngga mungkin gratis.

    Udah gratis, tinggal kita syukuri, rawat n lestrikan kealamiannya untuk warisan anak cucu kelak. Hihi... tua banget bahasanya.

    Btw, gadis-gadis yang lagi nyuci baju kok gak kelihatan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo seluruh Indonesia, kayaknya nggak ada habisnya Mbak. Buanyak banget soalnya.

      Iya Mbak, sebagai generasi penerus, tugas kita buat ngejaga dan melestarikannya, agar anak cucu juga bisa nikmatinnya.

      Duh Mbak, mana berani saya ambil foto cewek-cewek lagi nyuci yang pake kain kemben gitu. 😣

      Hapus
  21. Kalau nggak dingin, sore-sore pasti enak banget main bola di pinggir Danau Sidihoni :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya seru juga tuh Mas.
      Tapi kayaknya sih dingin karena posisinya ada di ketinggian.

      Hapus
  22. Loh pulau Samosir ada penghuninya ternyata

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan sopan :)