Saturday, February 20, 2016

Objek Wisata di Tanjung Balai


            Kota Tanjung Balai adalah sebuah kota kecil di Sumatera Utara dan berada di tepi Sungai Asahan dan Sungai Silau. Kota yang dijuluki Kota Kerang ini dulunya merupakan pusat dari pemerintahan Kesultanan Melayu Asahan. Berikut ini beberapa objek wisata menarik yang pernah saya kunjungi di kota kecil ini. 

Ikon Kota Tanjung Balai : Lapangan Pasir dan Kerang
            1. Lapangan Pasir

Lapangan Pasir bernama lengkap Lapangan Sultan Abdul Jalil dan merupakan alun-alun Kota Tanjung Balai, tempat diselenggarakannya berbagai perhelatan akbar, seperti Pesta Kerang, Upacara Kemerdekaan dsb. Di tengah lapangan ini terdapat sebuah bangunan podium yang ber-relief Cangkang Kerang Raksasa yang merupakan simbol dan ikon Kota Tanjung Balai. Selengkapnya baca di sini.
Lapangan Pasir
2. Istana Asahan

Bangunan Istana Asahan ini merupakan sebuah bangunan replika dari Istana Asahan yang asli, karena bangunan aslinya telah dirobohkan berganti menjadi ruko. Bangunan replika istana ini memiliki arsitektur sama seperti aslinya dan terletak di Jalan Bendang, Kecamatan Sei Tualang Raso. Selengkapnya baca di sini.
Istana Asahan
                  3. Rumah Balai

Rumah Balai adalah sebuah bangunan replika balai yang menjadi asal usul nama Tanjung Balai. Balai di berada di Jalan Asahan, Kelurahan Indra Sakti, tepat di ujung tanjung. Sehingga disebut Balai di Ujung Tanjung atau Tanjung Balai. Selengkapnya baca di sini.
Rumah Balai
                  4. Masjid Raya Sultan Ahmadsyah

Masjid Raya Sultan Ahmadsyah merupakan satu-satunya bangunan asli peninggalan Kesultanan Asahan yang tersisa di kota ini. Masjid ini dibangun pada tahun 1888, pada masa pemerintahan Sultan Ahmadsyah. Masjid bersejarah ini berada di Jalan Masjid, Kelurahan Indra Sakti. Selengkapnya baca di sini.
Masjid Raya Sultan Ahmadsyah
                  5. Sungai Asahan

Sungai Asahan adalah sungai terpanjang di Sumatera Utara dan merupakan lokasi rafting terbaik nomor 3 di dunia. Namun untuk wilayah Tanjung Balai, arus Sungai Asahan sudah tenang karena dekat dengan muara, sehingga kegiatan wisata yang asyik di sungai ini adalah memancing atau berperahu santai mengarungi sungai.
Sungai Asahan
                  6. Jembatan Tabayang

Jembatan Tabayang adalah sebuah jembatan di atas Sungai Asahan yang menghubungkan Kecamatan Sei Kepayang, Asahan dengan Kota Tanjung Balai. Jembatan ini merupakan jembatan terpanjang di Sumatera Utara dengan panjang mencapai 600 meter. Selengkapnya baca di sini.
Jembatan Tabayang
                  7. Tanjung Balai Food Court

Tanjung Balai Food Court merupakan pusat jajanan malam di Kota Tanjung Balai. Tanjung Balai Food Court berada tepat di sebelah Lapangan Pasir. Di sini biasanya menyediakan kerang rebus, pisang kepit, jagung bakar, kelapa muda dan berbagai makanan lainnya. Selengkapnya baca di sini.
Tanjung Balai Food Court
                  8. Vihara Tri Ratna

Vihara Tri Ratna dibangun pada tahun 1984 dan merupakan satu-satunya vihara di Kota Tanjung Balai. Vihara ini terdiri atas 4 tingkat dan di atapnya berdiri patung Budha Amitabha setinggi 6 meter. Vihara ini terletak di jalan Asahan, Kelurahan Indra Sakti. Selengkapnya baca di sini.
Vihara Tri Ratna
                  9. Kelenteng Dewi Samudera

Kelenteng Dewi Samudera adalah kelenteng terbesar di Tanjung Balai dengan arsitektur khas Negeri Tirai Bambu. Kelenteng yang diresmikan pada tahun 2009 ini berada di Jalan Asahan, Kelurahan Indra Sakti. Selengkapnya baca di sini.
Kelenteng Dewi Samudera
                  10. Pulau-Pulau Kecil di Aliran Sungai Asahan

Di sepanjang aliran Sungai Asahan di kawasan Tanjung Balai, terdapat beberapa pulau kecil yang terbentuk akibat sedimentasi dari material yang dibawa oleh arus Sungai Asahan. Pulau-pulau ini memiliki pantai berpasir putih yang indah dan airnya tawar.
Pulau-Pulau Kecil di Aliran Sungai Asahan
  Transportasi menuju Tanjung Balai

Untuk menuju Kota Tanjung Balai, teman-teman bisa menggunakan kereta api dari Stasiun Medan jurusan Kota Tanjung Balai dengan waktu tempuh 4 jam dan harga tiket sekitar Rp. 35.000. Bisa pula menggunakan angkutan bus KUJP, KUPJ Tour atau Sartika jurusan Tanjung Balai dengan harga tiket sekitar Rp. 35.000 maupun menggunakan angkutan kapal ferry dengan tujuan Pelabuhan Teluk Nibung.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan sopan :)