Sunday, February 21, 2016

Istana Maimun



Istana Maimun

Istana Maimun adalah salah satu bangunan peninggalan Kesultanan Deli di Kota Medan dan masih terawat hingga kini. Istana ini merupakan objek wisata Kota Medan yang sangat terkenal dan merupakan ikon pariwisata Kota Medan. Katanya, belum ke Medan kalau belum ke Istana Maimun ini.




Sejarah Pembangunan
Istana Maimun didirikan pada tanggal 26 Agustus 1888 oleh Sultan Deli, Makmun Al-Rasyid Perkasa Alamsyah dan selesai pada 18 Mei 1891. Istana ini didesain oleh arsitek Itali.
Prasasti pembangunan istana
Arsitektur
Desain arsitektur Istana Maimun sangat mengagumkan karena memadukan dari arsitektur Melayu, Moghul, Timur Tengah, Spanyol, India dan Belanda. Pengaruh arsitektur Belanda tampak pada bentuk pintu dan jendela yang lebar dan tinggi. Tapi, terdapat beberapa pintu yang menunjukkan pengaruh Spanyol. Pengaruh Islam tampak pada keberadaaan lengkungan pada atap. Bentuk lengkungan ini amat populer di kawasan Timur Tengah, India dan Turki.
Bangunan istana terdiri dari tiga ruang utama, yaitu: bangunan induk, sayap kanan dan sayap kiri. Bangunan induk disebut juga Balairung, di mana singgasana kerajaan berada. Di bangunan ini juga terdapat sebuah lampu kristal besar bergaya Eropa. Di dalam istana terdapat 30 ruangan, dengan desain interior yang unik, perpaduan seni dari berbagai negeri. Dari luar, istana yang menghadap ke timur ini tampak seperti istana raja-raja Moghul.
Arsitekturnya megah
Di sebelah Istana Maimun juga terdapat meriam puntung yang katanya jelman dari seorang pangeran saat Kerajaan Aru berperang melawan Kerajaan Aceh.
Lokasi :
Istana Maimun beralamat di Jalan Brigjen Katamto, Kelurahan Sukaraja, Kecamatan Medan Maimun, Kota Medan. Istana ini juga berdekatan lokasinya dengan Masjid Raya Al-Mashun dan Taman Sri Deli.
Harga Tiket dan Jadwal Buka :
Komplek Istana Maimun terbuka untuk umum setiap hari mulai pukul 08.00-17.00 WIB dengan tiket masuk Rp. 5000/ orang.
Istana Maimun di kala malam
Saya dengan latar Istana Maimun

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan sopan :)