Friday, February 21, 2014

Masjid Lama Gang Bengkok Masjid Unik Bergaya China di Medan




Masjid Lama Gang Bengkok
Di Kota Medan terdapat sebuah masjid yang sangat unik lho guys... dan masjid ini merupakan simbol toleransi beragama dan kesukuan di kota Medan. Usianya pun telah lebih dari 100 tahun. Wow!!!
Masjid Lama Gang Bengkok itulah nama masjid unik berarsitektur China tersebut. Masjid ini terletak di Jalan Masjid Kelurahan Kesawan, Kota Medan.
Sejarah
Masjid Lama Gang Bengkok didirikan pada tahun 1890 di atas tanah wakaf Datuk Kesawan dengan pendanaan dari Tjong A Fie, Saudagar Tionghoa yang bukan beragama muslim.
Prasasti Pembangunan Masjid
Bukan saja dari pendanaan, arsitektur masjid ini juga menunjukkan tingginya toleransi di Kota Medan. Sekilas masjid ini seperti klenteng, tetapi sesungguhnya masjid ini memadukan arsitektur China, Melayu dan Timur Tengah.
Bagian Teras Masjid
Ruang dalam dan mimbar masjid
Arsitektur
Arsitektur China terlihat dari atap masjid yang semakin melebar ke bawah dan melengkung di setiap sisinya. Arsitektur Melayu terlihat dari warna masjid yang didominasi warna kuning dan hijau serta beberapa ornamen yang bergaya melayu. Sedangkan budaya Timur Tengah dapat kita lihat dari bentuk gapura dan mimbar masjid. Masjid Lama Gang Bengkok memang sebuah simbol toleransi Kota Medan.
Gapura Masjid
Kubah Masjid
Jika dulu saja mereka bisa menjaga toleransi, artinya kita juga harus menjaga toleransi juga. Agar tidak ada konflik kesukuan dan agama di negeri kita yang tercinta ini ya!!!

Alamat : Jalan Masjid Kelurahan Kesawan, Kota Medan.
Transportasi : bisa berjalan kaki dari Lapangan Merdeka ke Jalan Masjid, atau menggunakan Becak motor 
Wisata di sekitarnya:
> Lapangan Merdeka
> Kawasan Kesawan
> Titi Gantung  

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan sopan :)