Friday, February 21, 2014

Masjid Badiuzzaman Masjid Tua Terunik Kota Medan


Masjid Badiuzzaman Surbakti
Masjid Badiuzzaman Surbakti  adalah salah satu masjid yang terunik di kota medan karena masjid ini dibangun tanpa menggunakan semen, melainkan putih telur dan usianya ternyata telah lebih dari 100 tahun lho. Menarik sekali kan?

Sebenarnya sudah cukup lama saya tertarik dengan masjid unik ini. Tetapi  kesempatan tersebut belum ada. Hingga akhirnya saat saya melakukan penelitian untuk memenuhi tugas sebuah mata kuliah, secara tidak sengaja saya melihat masjid ini. ya... akhirnya kesempata itu datang juga.

Masjid Badiuzzaman Surbakti terletak di Kecamatan Medan Sunggal, Kota Medan. Masjid ini didirikan oleh Datuk Badiuzzaman Surbakti pada tahun 1885. Artinya usia masjid ini telah lebih dari 100 tahun, bahkan usinya lebih tua dari pada Masjid Raya Al-Mashun. Apalagi usia saya, tentu masjid ini lebih tua. ^_^
Pamplet Masjid Badiuzzaman
Makam dan Prasasti perjuangan Datuk Badiuzzaman di dalam komplek masjid
Di bagian depan masjid terdapat makam adik Datuk Badiuzzaman. di samping makam tersebut terdapat catatan perjuangan Datuk Badiuzzaman melawan Belanda dalam Perang Sunggal. Sedangkan makam Datuk Badiuzzaman berada di Jawa. Karena menurut penjaga masjid yang saya temui, Datuk Badiuzzaman dibawa ke Jawa oleh pihak Belanda.

Arsitektur masjid ini sebenarnya terkesan biasa saja lho, dengan bentuk segi empat dan kubah berbentul limas. Namun terdapat juga sedikit ciri khas arsitektur melayu, seperti pada jendela masjid yang di setiap sisinya berjumlah empat.
Jendela masjid yang unik
Keunikan utama masjid ini adalah didirikan tanpa menggunakan semen tetapi menggunakan putih telur. Meskipun cuma dibangun dengan putih telur, bangunannya masih kokoh sampai sekarang. Arsitektur dan mimbar masjid ini juga masih asli dan terjaga hingga saat ini.
Alamat : Jalan Bunga, Kecamatan Medan Sunggal, Kota Medan
Transportasi : dapat menggunakan angkot jurusan sunggal dengan harga Rp. 5ooo 
Objek Wisata Sekitarnya:
> Taman Buaya
> Gereja Velangkani   
Ruang dalam masjid
 

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan sopan :)