Thursday, September 24, 2020

Wisata Baru di Asahan, Pesona Alam Sureng

Pesona Alam Sureng

Hai sahabat backpacker... selamat datang di blognya orang ganteng dan unyu yang suka berpetualang. :D

Setelah kemarin aku berbagi cerita tentang objek wisata baru di Kabupaten Asahan yang bernama Wisata Alam Mangrove Silau Laut. Maka kali ini aku mau berbagi lagi cerita tentang objek wisata baru yang masih berada di Kabupaten Asahan dan bernama Pesona Alam Sureng.

baca juga: Wisata Alam Mangrove Silau Laut, Pesona Baru di Asahan

Perjalanan ini bermula ketika salah satu temanku mengunggah foto Pesona Alam Sureng ini dan membuatku cukup penasaran. Saat itu bertepatan pula salah seorang temanku mengajak untuk jalan-jalan kalo lagi ke Kisaran.

Bang, kapan ke Kisaran? Jalan-jalan yok!” begitulah kira-kira chat dari Ratri, salah seorang temanku yang tinggal di Kota Kisaran.

Boleh. Kebetulan Abang hari senin ini ada agenda verifikasi di Kisaran.” Jawabku.

Aku ama temenku si Dila yang Bang, soalnya kalo pacarku si Gusti nanyain, kan ada alibi.” Chatnya lagi.

Ahahaha… iya-iya.” Balasku cepat.

Btw, si Ratri ini emang udah punya pacar sih dan katanya pacarnya ada di luar provinsi. Oh ya, alasan aku mau diajak jalan bukan karena mau jadi orang ketiga loh. Tapi lebih seru aja kalo jalan-jalan itu ada temennya. Toh dia yang ngajak juga kan? Dan dia bareng temennya juga kok. jadi amanlah.

Kalo bisa pagi yang Bang, soalnya aku masuk shift jam 2.” Kata Ratri lagi.

oke deh! Jam 9 juga udah beres kok itu” balasku yakin.

Tapi….

Pukul 8 pagi.

Pukul 9 pagi

Pukul 10 pagi

Aku dan beberapa orang yang punya agenda yang sama di hari itu masih mengunggu. Namun petugas verifikasinya tak kunjung hadir meski kami telah menunggu sejak pagi hari. Sedangkan hp ku sudah penuh dengan chat dari Ratri yang menanyakan kepastian buat jalan-jalan.

Dan akhirnya lewat pukul 10.20 pagi barulah kami mendapat kepastian kalo ternyata lokasi verifikasinya dipindah ke kantor.

Owalah…. Capek nunggunya dari tadi cuy. -_-

Setelah menyelesaikan agenda tersebut, aku pun bergegas menemui Ratri dan kami pun segera menuju objek wisata Pesona Alam Sureng. Namun lagi-lagi muncul kendala, ban belakang motorku bocor dan harus ditampal.

Sambil menunggu abang Kang Tambal menambal ban motorku yang bocor, aku menatap lekat-lekat parasnya Ratri.

Kenapa Bang?” Tanya Ratri dengan wajah yang bersemu merah.

Kagak. Cuma mau liat kira-kira kamu dijampi-jampi apaan sih ama si Gusti, kok banyak amat kendalanya saat jalan ama kamu. Mulai dari verifikasi yang telat sampe ban yang bocor.” Jawabku.

Ahahaha…” Dila cuma tertawa mendengar penjelasanku sedangkan Ratri memanyunkan bibirnya.

Tapi emang bener sih, mungkin nih cewek dijampi ama cowoknya kalo jalan ama orang lain biar kena kendala. Wkwkwkwk… atau mungkin ini hukuman karena jalan ama pacar orang ya?

Hmmmm…. Tapi nggak mungkinlah, soalnya aku kan orang yang baik hati dan tujuanku cuma buat temen jalan-jalan doang.

Iya kan?

Iya kan?

Dan akhirnya setelah menunggu beberapa saat, si motor udah bisa dibawa melaju kembali. Tak lama kami pun tiba di objek wisata yang di maksud.

Alamat Pesona Alam Sureng

Objek wisata Pesona Alam Sureng ini terletak di Sei Renggas, Kecamatan Kota Kisaran Barat, Kabupaten Asahan. Kalo dari pusat Kota Kisaran tempat ini cuma sekitar 10 menit berkendara doang melalui Jalan Lintas  yang menghubungkan antara Kota Kisaran dengan Kecamatan Mandoge dan Kabupaten Simalungun. Objek wisata ini juga tak jauh dari SMK Negeri 2 Kisaran.

Tiket Masuk Pesona Alam Sureng

Untuk tiket masuknya cukup murah sih, persepeda motornya dikenakan biaya Rp. 5000 aja dan sudah termasuk biaya parkir. Sedangkan mobil dikenakan biaya Rp. 10.000 aja. Di sini juga ada beberapa pondok-pondok untuk keluarga dan perpondoknya dikenakan biaya Rp. 10.000. Namun jika tak ingin duduk di sana, masih terdapat banyak kursi-kursi lain yang tersebar di sekitar sini dan untuk duduk di sana, cukup pesan minuman doang.

Pondok Rp. 10.000

Pemandangan Pesona Alam Sureng

Setelah membayar tiket masuk, aku pun segera memasuki kawasan Pesona Alam Sureng. Gerbang depan dengan tulisan “Selamat Datang di Pesona Alam Sureng” pun menyambut kami. Di belakangnya terdapat jejeran payung yang tergantung di antara dahan-dahan sawit. 

Selamat datang di Pesona Alam Sureng

Payung warna-warni bergantungan

Objek wisata utama di Pesona Alam Sureng ini adalah aliran Sungai Silau. Sungai ini mengalir dari wilayah Simalungun dan Mandoge, membelah Kota Kisaran dan kemudian menyatu dengan aliran Sungai Asahan di wilayah Tanjung Balai hingga akhirnya mengalir ke Selat Malaka.

Sungai Silau di Pesona Alam Sureng

 Sungai Silau yang ada di dekat Pesona Alam Sureng ini berkelok-kelok dan alirannya cukup lebar. Airnya memang tidaklah jernih, apalagi di musim penghujan seperti ini. Namun karena permukaan sungainya yang lebar dan berkelok, membuat suasana di sekitar Pesona Alam Sureng ini jadi adem karena angin yang bertiup dari arah sungai cukup kencang.

Sebagai sebuah objek wisata yang baru dibuka, tempat ini sudah memiliki fasilitas yang cukup lengkap seperti pondok, bangku-bangku, warung jualan, toilet dan yang paling utama adalah spot foto kekinian. Spot-spot foto kekinian yang disediakan pun ada beragam seperti payung-payung yang menggantung diantara pohon sawit, pintu kemana saja, spot berbentuk love, rumah kincir dan  yang paling utama yaitu perahu cinta, sebuah spot berupa haluan perahu yang menghadap langsung ke aliran Sungai Silau. 

Perahu Cinta

Tetap pake masker cuy

24 comments:

  1. aduh aku kangen euy, ke tempat2 wisata alam beginih... It feels like ages ago, udah lama gak wisata bareng temen2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga lah pandemi ini cepat berakhir Mbak, biar bisa berwisata alam lagi bareng temen-temen. Aamiin...

      Delete
  2. Ih bagus, ya. Ada payung2nya gitu. Emang lg kekinian sih itu mah😍😍

    Btw, pembukaannya bikin mesam mesem hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, rata-rata di tempat wisata sekarang banyak payung-payung gitu sih.

      Ahaha... Jangan terlalu dihayati ya Mbak.

      Delete
    2. Seruu, cute aja gitu. Apalagi ciwik2, pasti suka kwkwkw

      Hahaha gak kok, gak dhayati, hanya dipahami hahaha

      Delete
    3. Iya Mbak, apalagi cewek-cewek, pasti suka lah ama spot foto kekinian gitu.

      Ahahaha... Bisa aja Mbak.

      Delete
  3. Kenapa kalo jalan sama pacar orang suka ada kendalanya ya bang.😂

    Baru buka ya bang tempat wisata nya tap menurutku sudah bagus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena bisa belok arah bang biasanya hihii ati2 loh mas Rudi, jangan sampe seperti film Pupusnya Hanin Dhiya loh mas

      Delete
    2. Mungkin ada jampi-jampinya si cewek Mas Agus. 🤣

      Iya Mas, fasilitasnya udah cukup lengkap sih saat dibuka, jadi cukup bagus lah Mas Agus.

      Delete
    3. Ahahaha... Iya Mas Roni, saya mah baik hati dan nggak belok-belok kok. 🤣

      Delete
    4. Halah, om agus ini ketahuan dl sering modus kwkkwwk

      Delete
    5. Ahahah... Iya nih, Mas Agus sering modus, jadi udah pengalaman tuh. 🤣🤣

      Delete
  4. Mulai rindu dengan aktivitas seperti ini, dan kemarin juga aku berkunjung ke destinasi terbuka. Sekarang spot foto banyak banget, ada yang suka, ada juga yang kurang sepaham. Tapi semuanya memang demi kunjungan wisatawan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih Mas, sekarang rata-rata objek wisata nampilin spot foto yang rada mirip sih, yang viral di medsos dan bisa tampil kece di IG.

      Semua demi dapat kunjungan wisatawan.

      Delete
  5. Senengnya kalau jalan bareng temen itu, pas diperjalanan nggak sepi. Seenggaknya ada temen ngobrol. Pas sampai lokasi, ya tentu bisa dimintai tolong buat foto-foto.

    Misal boncengan, bayarnya tetep 5000 mas per motor?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget tuh Mas, jadi ada temen ngobrol.
      Tapi kalo buat foto-foto, malah saya cuma motoin doang, bukan difotoin. 😑

      Iya Mas, yang dihitung cuma perkendaraan aja Mas, bukan perorang.

      Delete
  6. Aku suka konsepnya.
    Plus murahnya harga tiket, hehehe ..

    Nah yang bikin asik juga cukup pesan bayar beli minuman doang udah bisa duduk-duduk santai mandangin view keren sungai Silau.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas, harga tiketnya cukup murah sih karena cuma Rp. 5000 doang permotor. Jadi walau boncengan, tetap Rp. 5000 juga.

      Iya Mas, selain itu juga banyak kok kursi-kursi lain yang bebas buat didudukin buat santai mandangin sungainya.

      Delete
  7. Wisata Pesona Alam Sureng di letak nya di daerah Kisaran ya? Kota Kisaran itu di Sumatera Utara ya mas Rudi? Maaf kalau salah.
    Lokasi wisata Pesona Alam Sureng ini oke juga ya di hiasi payung-payung dan pohon palem, ditata seperti wisata kekinian.
    Tiket masuknya juga terjangkau. Semoga kedepannya semakin dimenal dan ramai pengunjung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget tuh Mbak, Objek wisata ini adanya di Sumatera Utara.

      Iya Mbak, kalo dikelola dengan baik, pasti ramai sih. Apalagi lokasinya juga nggak jauh dari pusat kota dan tiket masuknya juga murah.

      Delete
  8. dududu jadi pengen jalan-jalan, seger banget ya bisa lihat pemandangan kece gitu. syangnya sungainya berwarna coklaty ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Soalnya lagi musim hujan di sini Mbak, jadi sungainya pun keruh.

      Delete
  9. Temen2ku banyak yg asalnya dari kisaran , tp aku sendiri blm pernah ksana sampe skr. Ternyata bgs juga wisatanya ya mas. Alam begini aku seneng :). Sungainya lebar juga yaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sesekali ke sini dong Mbak, Asahan punya wisata alam yang keren loh, dari air terjun tertinggi, lokasi arum jeram terbaik dan banyak lagi wisata-wisata kerennya.

      Delete

Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan sopan :)