Saturday, December 7, 2019

Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta

Masjid Gedhe Kauman
Hai sahabat backpacker...

Selamat datang di blog backpack sejarah, blognya si backpacker yang ganteng dan unyu. :D

Sekarang aku mau ngelanjutin kisah petualanganku saat jalan-jalan di Yogyakarta. Seperti yang kuceritakan sebelumnya, aku dan adikku mengunjungi Keraton Hadiningrat Ngayogyakarta. Sayangnya karena kurangnya informasi, jadi cuma sebagian kecil doang dari keraton ini yang kami jelajahi. Selain itu, waktu zhuhur juga udah tiba sih, jadi kami mutusin buat istirahat sejenak dan beribadah.

Berhubung kami lagi ada di Keraton Jogja, jadi kami mutusin buat ibadah di Masjid Gedhe Kauman aja. Soalnya lokasinya masjidnya nggak jauh dari Keraton dan bisa sekalian menikmati salah satu masjid terbesar dan bersejarah di Yogyakarta yang juga menjadi Masjid Raya Kesultanan Hadiningrat Ngayogyakarta.

Alamat Masjid Gedhe Kauman

Masjid Gedhe Kauman beralamat di Jalan Kauman, Ngupasan, Yogyakarta. Tempatnya nggak jauh dari Komplek Keraton Yogyakarta. Oleh karena itu, motor sewaannya kami tinggalin aja di parkiran keraton dan kami jalan kaki aja ke masjid ini. Lets go...

Sejarah Masjid Gedhe Kauman

Masjid Gedhe Kauman ini dibangun oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I bersama Kyai Faqih Ibrahim Diponingrat yang merupakan penghulu keraton pertama. Sedangkan arsitek pembangunan masjid ini adalah Kyai Wiryokusumo. Masjid ini dibangun pada hari Ahad Wage, 29 Mei 1773 M atau 6 Rabi'ulakhir 1187 H. Artinya nih masjid udah berusia 246 tahun. Busyeett....

Arsitektur Masjid Gedhe Kauman

Masjid Gedhe Kauman ini punya gaya arsitektur tradisional Jawa yang cukup kental. Atap masjidnya bertingkat tiga yang berbentuk tajuk lambing teplok. Pintu masuknya ada di sisi timur dan utara masjid. Di bagian dalam, terdapat mimbar bertingkat tiga dari kayu, di dekatnya ada bangunan mirip sangkar. Dulunya sangkar ini menjadi tempat sholat sultan demi keamanannya.
Atapnya bertingkat tiga

Pintu masuknya
Mimbar masjid

Ruang untuk sultan sholat

Atap dalam masjid
Beribadah di masjid ini sangat nyaman, bahkan esok harinya aku sholat jum'at di masjid ini dan khatibnya membawakan khutbah yang sangat menentramkan hati yang selama ini menggalau. :D
Atap di bagian serambi masjid

Si ganteng yang unyu di Masjid Gedhe Kauman

8 comments:

  1. Asyik ya bisa jalan-jalan.. bisa kenal semua tempat.. Kami yg sibuk siang malam kayak saya mau bagaimana ini.. hahahahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahaha... Jalan-jalan juga sekalian buat kerja kok bang, jadi nggak sekedar main-main doang bang.

      Delete
  2. Wah, masjidnya bagus ini buat dibuat sholat, aman juga sepertinya sangkar untuk si sultan ya. Saya juga pengen kesini, kalau pas di Jogja lah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nyaman banget kak kalo sholat di masjid ini, cobain deh kak.

      Delete
  3. Artistik banget masjidnyaaa

    Salfok kaos blogger hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masjid bersejarah emang rata-rata bagus semua sih mas.

      Ahahaha... Kaos dapat kok itu mas.

      Delete
  4. Masjidnya keliatan klasik banget. Saya yang sering mondar-mandir jogja malah seumur-umur belum pernah masuk masjid kauman, hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sesekali singgah dong mas, seru juga bisa ibadah sambil wisata sejarah dan rohani. :D

      Delete

Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan sopan :)