Monday, January 2, 2017

Jejak Langkah Tahun 2016 dan Target 2017


Bulan Desember udah berakhir dan sekarang udah masuk bulan Januari, artinya saat ini udah kita udah berada di tahun 2017. Soalnya setelah tahun 2016 adalah tahun 2017. Benerkan?

Ini apaan sih nggak penting banget, nenek-nenek juga tau kalo abis 2016 itu 2017.

Oke... oke... kembali ke topik. Jadi gini cuy, di awal tahun ini aku ingin melihat jejak langkahku selama tahun 2016 serta menetapkan target yang ingin kucapai di tahun 2017 ini. Apalagi sekarang ide-ide lagi berkeliaran banget di otakku.

Gilaaaaa.... otakku diserang berbagai ide.

Jejak Langkah 2016

Yang pertama dari segi sifat, ku rasa tahun 2016 ini sifatku udah lumayan berubah sih menjadi sedikit lebih baik. Mungkin karena pengaruh usia juga ya, secara kan sekarang udah remaja, jadi nggak bisa bersikap kanak-kanak lagi.

“Oy! Kau masih remaja? Nggak salah tuh?”

Nggak kok, soalnya usia ku kalo bukan 17 tahun, ya 18 tahun, atau 19 tahun gitu lha, tergantung situasi dan kondisi aja. Istilahnya menyesuaikan keadaan. Hahahaha...

Selanjutnya untuk masalah pendidikan dan pekerjaan. Hmmm...sedih sih tahun ini target wisuda nggak tercapai soalnya aku masih belum bisa fokus dan mungkin kurang motivasi dalam ngerjain skripsi. Hiks... hiks... Untuk masalah kerjaan juga belum begitu berhasil, masih mulai merintis sedikit demi sedikit sambil terus belajar mencari peluang. Semoga tahun ini bisa lebih baik. amin...

Lalu untuk masalah asmara. Jadi tahun ini aku kembali single. Catet ya, S-I-N-G-L-E bukan jomblo dan aku udah move on kok. Horeeee.... jadi yang mau mendaftar silahkan. Hahahaha....

Tapi, tahun 2016 ini nggak selamanya buruk kok, ada juga beberapa hal keren yang terjadi dalam hidupku.
Sebagai seorang cowok yang mengagumi langit, tahun 2016 ini meninggalkan kenangan yang cukup berkesan buatku, karena sepanjang tahun ini ada beberapa fenomena langit yang tak hanya indah tetapi juga langka.

Yang pertama tentu saja peristiwa Gerhana Matahari Total yang melintasi Indonesia. Ya... walau Sumatera Utara tidak kebagian Gerhana Total dan cuma dapat Gerhana Sebagian, tapi aku nggak kecewa kok, soalnya aku berhasil mengabadikan peristiwa gerhana matahari tersebut bersamaan dengan terbitnya matahari. wow... lebih langka dari gerhana matahari total. Kisahnya bisa kalian baca di sini.
Gerhana matahari di saat sunrise
Peristiwa langit yang kedua yaitu pada tanggal 7 Juni, tepatnya di bulan Ramadhan di saat sahur. Pagi itu di kampungku di plosok Asahan sana terjadi badai petir selama lebih dari 30 menit. Saat itu suara petirnya terus sambung menyambung tanpa henti bahkan tanpa jeda sedetik pun. Seram....

Peristiwa langit terakhir yaitu Supermoon 14 November, ini adalah supermoon terbesar dalam 68 tahun terakhir. Supermoon sendiri adalah fenomena dimana bulan purnama lebih besar dan lebih terang daripada bulan purnama biasa. Kisah lengkapnya bisa dibaca di sini.
Supermoon
Untuk masalah jalan-jalan, tahun ini aku sukses jalan-jalan mengeskplore kampung halamanku sendiri, soalnya selama ini aku lebih banyak jalan-jalan di luar daerah sendiri, padahal di kampung halaman ada banyak objek wisata keren dan sangat memukau serta nggak kalah ama tempat lain.

Dan akhirnya di 2016 ini aku bisa mencapai target traveling tahun 2016 ke Pulau Samosir setelah 7 kali ke Danau Toba tapi nggak pernah ke Pulau Samosirnya. Perjalanan ini juga merupakan perjalanan full backpacker ku dan pengalaman pertama nginap di hotel yang walau hotel budget tapi ternyata tempat tidurnya lebih enak daripada tempat tidur ku di kost. Hahaha.... 
Tahun 2016 aku juga memenangkan hadiah dTraveler of The Month bulan September dari Detik Travel dengan artikel tentang Soto Udang. Alhamdulillah, senang rasanya bisa menang. Di akhir tahun juga aku mendapat pemberitahuan kalo ternyata artikel punyaku juga menang di bulan Oktober dan November. Alhamdulillah..
Dapat baju kaos dari detik travel 
dapat kabar kalo menang di bulan Oktober dan November
Tapi hadiah terbesar di tahun 2016 ini adalah menjadi pemenang d’Traveler of The year 2015 kategori most published yang diumumin di awal tahun 2016 kemarin. Dari kompetisi ini aku dapatin hadiah Samsung Galaxy A3, sebuah smartphone keren yang nggak mungkin bisa kumiliki kalo bukan karena menang. Terima kasih Detik Travel :)
juara most published
Oh ya, di tahun 2016 ini aku juga diajak Detik Travel untuk membuat video testimoni tentang d’Traveler yang dijadikan untuk iklan d’Traveler of The year 2016 dan videonya itu juga ditayangin di detik tv. Wow banget kan, bisa masuk tv walau cuma tv online, tapi nggak apa-apa deh, yang penting tv. Hahaha....
bikin video testimoni untuk iklan
Untuk masalah blog di tahun ini sempat vakum juga sih di pertengahan tahun dan aku merasa menjadi blogger gagal. Tapi di akhir tahun ini semangatku udah kembali buat mengurus blog ini. Blognya juga udah lumayan rame sih sekarang dan semakin bagus menurutku. Alhamdulillah...

Target 2017

Untuk target 2017 ini aku nggak begitu muluk-muluk sih, yang pasti 

1. Perbaikan diri
Aku ingin menjadi pribadi yang lebih baik lagi dalam semua sisi di diriku ini. Sehingga aku bisa menghadirkan kebahagian yang bukan hanya untukku tapi juga untuk semua orang, khususnya orang-orang yang ada di sekitarku. Aku juga targetin tahun ini aku harus wisuda dan udah bisa dapat penghasilan yang lumayan. 

2. Olahraga
Tahun ini aku ingin kembali berolahraga, soalnya nih tubuh rasanya udah kaku banget dan mulai nggak nyaman. Apalagi tahun ini aku juga ingin kembali mendaki gunung. So pasti fisikku harus bisa lebih baik lagi. 

3. Keuangan
Semakin hari pengeluaran emang semakin besar rasanya, apalagi adikku juga udah kuliah, jadi kondisi keuanganku juga semakin sulit. padahal di tahun ini ada beberapa barang yang ingin ku miliki. Jadi tahun ini targetnya adalah hidup lebih hemat dan menabung dengan target minimal 3 juta rupiah di akhir tahun. 

4. Traveling
Untuk target traveling di tahun 2017 ini aku masih belum tentuin mau kemana, tapi aku udah bikin 3 pilihan besar.
·         Banda Aceh-Sabang-Takengon
·         Portibi-Sibolga-Barus-Nias
·         Atau jelajah Sumatera Barat
Mungkin ntar milihnya sesuaiin keuangan deh, atau milih sesuai kondisi.
Sedangkan untuk jalan-jalan kecil targetnya adalah tour dengan rute Tongging-Silalahi-Taman Wisata Iman, eksplore pantai-pantai di Kabupaten Batubara dan Kabupaten Serdang Bedagai. 

5. Blog Backpack Sejarah
Tahun ini rencananya blog “Backpack Sejarah” ku yang tercinta ini pengen kupasang Top Level Domain biar blognya makin kece macem yang punya. Hahaha... selain itu targetnya bisa menulis artikel lebih konsisten lagi agar bisa terus mempromosiin pariwisata Indonesia.

Ya..... itu lah sedikit jejak langka dari tahun 2016 dan targetku untuk tahun 2017 ini, semoga aja bisa tercapai. Amin...
#TetapSemangat

20 comments:

  1. Ntar kalau ke Aceh jangan lupa ke Gua Sarang yah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insya Allah mas.
      Makasih buat infonya mas.
      Soalnya baru tau tuh tentang goa sarang.

      Delete
  2. semoga semua resolusi di tahun 2017 bisa tercapai ya. saya juga punya resolusi baru untuk terus semangat berolahraga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin... makasih ya mas.
      Semoga semua resolusi mas di tahun 2017 juga bisa tercapai ya :)

      Delete
  3. Joss banget hehehhe. Aku tahun 2016 masih sekitran Jogja dan masih seperti bisa tanpa target

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sih mas, aku juga masih sekitaran Sumut aja.
      2017 ini mau nyoba keluar dulu.
      semoga mas juga bisa di luaran Jogja ya mas. amin...

      Delete
  4. Sealamat tahun baru, semoga 2017 membawa banyak keberkahan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat tahun baru juga Mas Cumi.
      Amin ya Allah...

      Delete
  5. kereeeen, ini traveler sejati banget ya, jadi pingin aktif nulis lagi di detik, selamat dan semangat!

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih mbak, masih traveler pemula kok.
      hayuk mbak, aktif lagi biar dapat hadiah juga :)
      sekarang juga ada komunitas d'traveler kok.

      Delete
  6. Hidup lebih hemat dan berusaha untuk bisa menabung. Saya juga demikian ini, Sob. Semoga harapan di 2017 terkabul.

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga bisa kita capai ya mas.
      amin....

      Delete
  7. halo halak medan ...salam kenal yaaaa :D

    ReplyDelete
  8. Semoga apa yg dicita-citakan terlaksana semua :) apalagi kalau bisa halan2 gratisan, lebih seneng lagi kan ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin mbak...
      terima kasih buat doanya,
      semoga mbak juga dapat ya :)

      Delete
  9. Single sama jomlo bukannya sama?
    Mantap dapet kaos dan hape. Saya selama give away atau lomba pernahnya dapet kaos aja. Hape belum pernah. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda tulisannya mas. hahahaa..
      tetap semangat mas, semoga lomba selanjutnya dapat hadiah hape :)

      Delete
  10. semoga di tahun 2017 cepet lulus kuliah ya sama bagus tuh udah kepikiran ganti domain TLD. Gue malah pas udah 5 tahun ngeblog baru ganti :')

    kunjungan balik, salam kenal :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin... terima kasih ya mas :)

      Iya mas, pengen lebih bagus lagi blognya.

      Salam kenal kembali mas :)

      Delete

Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan sopan :)