Tuesday, December 20, 2016

Masjid Azizi Tanjungpura, Masjid Kebanggaan Masyarakat Langkat



Masjid Azizi
Yo Sobat Backpack Sejarah, kali ini masih melanjutkan edisi petualanganku menembus batas Sumatera Utara-Aceh dengan uang kurang dari 100 ribu. Dan kali ini adalah cerita perjalanan pulangku, soalnya udah puas juga jalan-jalan ke Aceh walaupun cuma Aceh Tamiang dan hanya melihat Istana Karang dan Istana Benua Raja, tapi yang penting kan Aceh. Hahahaha...Apalagi tadi juga udah sempat liat-liat cewek Aceh. Hahaha....
Sebenarnya belum puas juga sih, tapi hari udah terlalu siang, bahaya juga kalo aku pulang kemalaman. Apalagi kondisiku kan naik kereta (baca:motor) dan uang di kantong cuma sisa 55 ribu dari 100 ribu yang ku bawa. Jika kemalaman dan terjadi sesuatu di jalan bisa bahaya ntar. So... sebelum magrib target udah harus nyampe ke Medan.
Meski pake target gitu, tapi tetap keamanan yang utama, jadi aku nggak ngebut-ngebut juga. Nikmati aja perjalanannya. Apalagi siang gini pas jam pulang anak sekolah, jadi bisa sekalian cuci mata. Hahahaha.... Sebelum pulang pun aku udah berencana untuk singgah ke beberapa tempat di Kabupaten Langkat dan yang pertama adalah Masjid Azizi.
Cowok ganteng singgah di Masjid Azizi
Lokasi Masjid Azizi
Masjid Azizi ini berada tepat di tepi jalan yang menghubungkan antara Kota Medan dengan  Banda Aceh, tepatnya di Kota Tanjungpura, Kabupaten Langkat. So... aku bisa singgah ke masjid ini saat pergi maupun pulang.

Sejarah Masjid Azizi
Masjid Azizi adalah masjid kebanggaan masyarakat Langkat dan merupakan peninggalan dari Kesultanan Melayu Langkat. Masjid ini dibangun pada tahun 1899 di masa pemerintahan Sultan Haji Musa hingga akhirnya selesai dan diresmikan oleh putranya, Sultan Abdul Aziz Djalil Rachmat Syah pada tanggal 13 Juni 1902. Artinya usia nih masjid udah lebih dari 100 tahun. Wow... tua banget ya.

Dalam pembangunannya, masjid ini menggunakan bahan bangunan yang didatangankan sendiri dari Penang, Malaysia dan Singapura dengan menggunakan kapal ke Tanjungpura. Sedangkan pekerjanya banyak dari etnis Tionghoa dan masyarakat Langkat sendiri. Untuk rancangan masjidnya sendiri ditangani oleh seorang arsitek berkebangsaan Jerman.
arsitekturnya sangat indah
Arsitektur Masjid Azizi
Menurutku arsitektur Masjid Azizi adalah salah satu masjid dengan arsitektur terindah. Bangunannya yang megah dengan warna kuning yang warna khas Melayu Islam dipadukan dengan corak khas arsitektur Timur Tengah yang terlihat pada bagian dalam masjid dan arsitektur khas India yang terlihat dari bangunan fisik kubah dan menaranya.
Karena keindahan arsitekturnya ini, sampai-sampai pembangunan Masjid Zahir di Kedah, Malaysia menjadikan arsitektur Masjid Azizi sebagai rujukannya. #keren..
mimbar masjid
Oh ya, di samping masjid ini juga terdapat makam-makam para raja Langkat dan kerabatnya. Bahkan di sini juga ada makam T. Amir Hamzah, seorang pahlawan nasional Indonesia yang meninggal saat peristiwa revolusi sosial di Sumatera Timur.
Makam keluarga Kerajaan Langkat

40 comments:

  1. sek sek bentar, kurang dari 100 ribu doang??? what??? murah banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, soalnya kan cuma Aceh Tamiang yang cuma 4 jam dari Medan.
      Karena naik motor, cuma bayar bensin dan makan siang aja.
      Jadinya murah deh mbak.

      Delete
  2. Luar dan dalamnya keren ya, mudah2an bisa singgah ke masjid Azizi ini :)
    Suasana sore sepertinya asik buat santai dekat masjid dan menikmati pemandangannya ya mas :)

    Btw, salam kenal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, kalo sore makin keren lagi mas pemandangannya.

      Delete
  3. Duh, belum pernah keluar Jawa nih. :( Masjidnya bagus!
    Baca tanggal 13 Juni, inget tanggal jadian sama mantan zaman SMA. Wqwq. XD

    ReplyDelete
  4. masjid azizi emang indah nih, saya juga pernah mengunjungi nya kesana dan pengen singgah lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ke sana lagi aja bang, biar jalan-jalan terus. :D

      Delete
  5. Kalo lagi berjamaah terus posisinya di samping deket kuburan, kyaknya aku gak berani deh hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahaha... masak lagi ibadah malah takut ama hantu mbak.

      Delete
  6. Memang indah... Mimbarnya keren bgt...

    ReplyDelete
  7. warna melayu identik dengan warna kuning dan emas ya, warna kejayaan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, rata-rata sih identiknya itu warna kuning keemasan gitu.
      Nampak dari warna istananya, masjid, baju adat dan lain-lain.

      Delete
  8. saya itu selalu takjub dengan arsitekstur masjid-masjid besar di Aceh.
    gak di luar masjid atau di dalam masjid, selalu terkesima.
    jadi ingin berkunjung kembali ke Aceh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masjid Azizi di Langkat Mas, Sumatera Utara.
      Tapi masjid di Aceh arsitekturnya emang megah-megah sih. Pengen liat langsung juga.

      Delete
  9. Masjidnya adem banget kelihatannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, di dalem masjidnya memang adem banget malahan.

      Delete
  10. Replies
    1. iya mas, setiap masjidnya punya arsitektur yang cantik.

      Delete
  11. wah ... kebetulan aku orang langkat ni Mas .... aku sering juga berkunjung ke Mesjid azizi ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asyik banget lha bang, bisa sering-sering sholat di sini.

      Delete
  12. suka ya, jalan naik kereta buat nyari tempat2 unik atau wisata. join tuh sama medanwisata, dia juga suka ngebolang naik motor.

    ReplyDelete
  13. masjid-masjid di luar jawa ini mesti unik dan bagus-bagus ya mas. Punya ciri khas sendiri, sepertinya menyenangkan berkeliling ke masjid-masjidnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, setiap masjidnya punya arsitektur yang khas, jadi asyik menjelajahinya satu demi satu.

      Delete
  14. Ada seorg sahabat di Langkat..semoga kelak bs jalan2 k Langkat dan Aceh mengynjungi Masjid2 yang penuh sejarah...aamiin

    ReplyDelete
  15. wah sumatera keren ya mas,... betewe kalo di situ pans ndak mas?? kalo di masjidnya pastiadem ya kan amntap

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo di kotanya ya khas kota tropis lha mas.
      Kalo di masjidnya adem banget. Hahaha...

      Delete
  16. Usia masjidnya sudah mencapai 100 tahun, bener2 peninggalan yang legend sekali ya mas bangunannya
    Alangkah indahnya berfoto dengan latar belakang bangunan indah nan megah gini, sayang sekali aku blum berkesempatan menyambangi langkat
    Aku klo inget langkat ingetnya malah duku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, selain bersejarah, arsitekturnya juga cantik banget.

      Sesekali coba dong mbak ke sini, asyik lho,
      Kalo di Langkat bisa sekalian lihat gajah di Tangkahan juga.

      Ahahaha... itu mah langsat mbak :D

      Delete
  17. Cakep banget masjidnya. Arsitekturnya perpaduan begitu yak. Btw, serius itu backpack hanya dengan 100rb bisa keliling-keliling provinsi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, arsitekturnya emank cakep.
      Malah kurang dari 100 ribu kok mbak, soalnya budget lagi terbatas, jadi disesuain aja deh.

      Delete
  18. Co ganteng ke mesjid harus nya pek baju kokoh, peci putih dan sarung hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ntar makin klepek-klepek cewek-cewek liat aku kayak gitu mas. hahahaha...

      Delete
  19. Replies
    1. Iya mas,
      Ini salah satu masjid dengan arsitektur terindah di Sumatera Utara.

      Delete

Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan sopan :)