Thursday, December 1, 2016

Liburan Murah ke Pulau Pandang dan Salah Namo Part 1 : Pulau Pandang



Pulau Pandang

Bagi traveler yang ada di Sumatera Utara, mungkin nama Pulau Pandang dan Pulau Salah Namo sudah tidak asing lagi. Karena kedua pulau yang berada di Selat Malaka ini sudah cukup terkenal sebagai mutiara pariwisata dari Kabupaten Batu Bara. Namun untuk mengunjungi dua pulau ini dibutuhkan biaya yang lumayan juga. Rata-rata trip ke sana menghabiskan uang minimal 350 ribu hingga 500 ribu perorang jika melalui open trip atau bisa jutaan juga jika menyewa kapal dari Pelabuhan Batu Bara.
Tapi kali ini aku ingin membuat kalian iri, soalnya aku hanya menghabiskan uang Rp. 33.000 saja untuk wisata di dua pulau ini. Iya, cuma Rp. 33.000. Ku ulangi sekali lagi ya biar kalian makin iri, cuma Rp. 33.000 untuk dua pulau, DUA PULAU. Nah, biar kalian makin iri lagi, uang segitu udah termasuk kopi dan semangkuk mie kuah serta air minum yang melimpah, Iri kan? Iri kan? Hahahaha.....
So... gimana caranya aku bisa dapat harga segitu murahnya? Jawabannya, itu rahasia, Muhahahaha.... lama-lama aku kok jadi ngeselin ya?
Nggak kok, sebagai cowok tampan yang baik hatinya, aku akan memberitahu kalian gimana caranya aku bisa dapat harga semurah itu. Caranya yaitu nggak berangkat dari pelabuhan besar tapi aku berangkat dari pelabuhan kecil di Desa Silau Baru, Kecamatan Silau Laut, Asahan. Dari pelabuhan ini ada beberapa kapal boat yang biasa membawa wisatawan berlibur di dua pulau itu saat hari libur dan hari-hari besar. Namun syaratnya jumlah orang yang berangkat harus cukup dan kondisi laut aman. Jika di hari keberangkatan misalnya ada angin kencang, trip bisa dibatalkan.
Boat ke Pulau Pandang
Pulau Pandang
Pulau yang pertama ku kunjungi adalah Pulau Pandang. Pulau Pandang merupakan salah satu pulau terluar Indonesia di Selat Malaka. Pulau yang hanya memiliki luas sekitar 2 hektar ini terkenal akan keindahan alam pantai dan panorama bawah lautnya.
Lokasi
Pulau Pandang berada di Selat Malaka yang secara administratif termasuk ke dalam wilayah Desa Bogak, Kecamatan Tanjung Tiram, Kabupaten Batubara dan pulau ini dapat ditempuh sekitar 2-3 jam dari bibir pantai Pulau Sumatera.

So... apa saja sih yang menarik dari pulau ini?
 Panorama bawah laut
Pulau Pandang memiliki panorama bawah laut yang sangat indah dengan berbagai terumbu karang dan ikan berwarna-warni yang sangat mempesona. Bahkan airnya pun terlihat begitu jernih dengan warna biru toska yang sangat menggoda sehingga sangat asyik untuk melakukan fishing, diving maupun snorkeling di pulau ini. Di sekitar perairan pulau ini aku juga sempat melihat gerombolan ikan indosiar, ikannya benar-benar bisa terbang. Itu ikan atau burung ya? Atau ikan yang labil?
Jernih banget airnya bro
Landscape Pulau Pandang
Selain panorama bawah lautnya yang mempesona, landscape Pulau Pandang juga sangat indah lho. Pulau kecil yang memiliki dua puncak bukit ini juga punya 3 corak dan karakteristik pantai yang berbeda. Pantai yang pertama yaitu pantai di sisi timur pulau yang menghadap ke Malaysia, pantainya berpasir putih lembut dengan beberapa bebatuan granit berbagai ukuran yang menghiasi tepian pantainya. Pemandangan di pantai ini sangat eksotis.
Pantainya asyik
Pantai yang kedua yaitu yang berada di sisi utara dan selatan pulau, pantai ini didominasi bebatuan berbagai ukuran dan selalu diterpa ombak sehingga terlihat dramatis.
deburan ombak di antara bebatuan
Pantai yang ketiga berada di sisi barat pulau yang menghadap ke Pulau Sumatera, nah di sini pantainya juga berpasir putih dan pantainya membentuk teluk dan terdapat bebatuan di lepas pantainya yang seolah membentuk pagar sehingga perairannya sangat tenang dan cocok untuk berenang.

Batu belah
Puas melihat pantainya yang berbeda-beda, aku kemudian melihat sisi unik pulau ini. Ada sisi uniknya? Ada dong. Pulau ini memiliki batu belah. Tau cerita tentang batu belah kan? Batu yang konon bisa menelan orang dan bentuknya terbelah rapi.
Batu belah Pulau Pandang ini berada tepat di puncak bukit sisi selatan pulau. Untuk mencapainya sudah ada tangga dari semen, sehingga cukup trekking sebentar saja, sudah terlihat deh batu belahnya.
Batu belah ini sangat amat unik lho karena posisinya berada tepat di puncak bukit. Sehingga aku pun berpikir bagaimana caranya batu yang begitu besar bisa nongkrong di puncak bukit begini? Sungguh sebuah misteri. Bentuk batunya juga sangat menarik, batunya benar-benar terlihat seperti terbelah dua dengan potongan yang rapi, seolah-olah seseorang membelah batu tersebut menggunakan pedang. Mungkin dulu Zoro dari dunia One Piece nyasar ke sini ya? Hm... Bisa jadi.
Di celah batunya yang terbelah ini juga terdapat beberapa bekas sesajen, membuat suasananya menjadi semakin misterius. Apalagi posisi batunya juga berada tepat di bawah sebuah pohon mangga besar. Misterius.
Batu Belah
Menara mercusuar
Puas bermisteri di batu belah, aku pun turun dari puncak bukit tersebut. Rencana selanjutnya adalah melihat landscape pulau dari atas menara mercusuar. Jadi pulau ini juga punya menara mercusuar lho. Karena aku duluan turun, aku pun menunggu rombonganku sambil menikmati pantainya yang berpasir lembut. Eh.. ternyata aku malah ditinggal karena mereka pikir aku udah duluan ke menara mercusuar.
Akhirnya setengah berlari, aku pun bergegas mendaki bukit Pulau Pandang ini untuk mencapai menara mercusuarnya. Hanya saja bukit yang satu ini lebih tinggi, lebih curam, lebih licin dan tidak ada tangga. Tapi karena buru-buru akibat ditinggal, medan seekstrim itu aku libas cuma dalam 3 menit, padahal normalnya butuh waktu 15 menit sih.
Menara yang berwarna putih ini diresmikan pada tanggal 17 september 2012 dan memiliki 5 tingkat dengan total ketinggiannya mencapai 20 meter. Tapi tangganya nggak punya pegangan, jadi harus hati-hati.
Ini menaranya
Pemandangan dari atas menara ini sungguh subhanallah banget. Cantik dan sangat mempesona. Gila deh keren pemandangannya. Jadi dari atas sini terlihat hijaunya pepohonan tropis di pulau ini yang berpadu dengan putihnya pasir dan hitamnya bebatuan berbagai ukuran yang memenuhi pantainya. Lalu yang cantiknya lagi adalah gradasi warna air laut di perairan Pulau Pandang yang berwarna biru toska hingga ke biru laut. Keren deh, jempol buat alam Indonesia. Wonderful Indonesia. Wonderful Sumatera Utara.
Wonderful Indonesia
Wonderful Sumatera Utara
Oh ya, pas turun dari bukit menara mercusuar ini, aku juga berhasil menggandeng tangan seorang cewek manis. Awalnya dia hampir jatuh karena curamnya bukit ini. Aku pun dengan gantle kemudian menggandeng tangannya untuk menjaga dia selamat sampai di bawah. Cie...cie... dan begitu sampai di bawah, setelah dia mengucapkan terima kasih, dia pun pergi bareng cowoknya yang sudah menunggu di tepi pantai. Krik...krik... tunasku patah sebelum berkembang.
Cukup segini aja deh cerita tentang Pulau Pandangnya, ntar kalian makin iri. Eh... tapi ntar kalian bakal makin iri kok, karena ntar aku juga bakal mosting cerita tentang Pulau Salah Namo yang kudatangi setelah dari pulau ini. tungguin ya. To be continued...
Silahkan iri, hahahaha...

24 comments:

  1. Hehehe, cowoknya menunggu di tepi pantai :) krik... krik...
    Eh, itu bening banget yaa... airnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bang, aku pikir gak ada cowoknya, sebagai cowok yang baik ya aku gandeng aja biar aman. Ternyata ....

      Bening banget bang, bikin pengen nyebur aja.

      Delete
  2. haha sepikiran sama mas.. zoro yg belah bisa serapi itu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha...
      Iya mas, Zoro kan tukang nyasar tuh. Mungkin aja dia nyasar ke pulau ini. :D

      Delete
  3. Waah seru banget, bisa melihat pemandangan pulau dari atas mercusuar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, pemandangannya juga indah banget kalo dari atas mercusuarnya. Cantik deh.

      Delete
  4. Replies
    1. Hahaha... bisa jadi tuh bang.
      Mungkin aja dia nyasar ke sini. :D

      Delete
  5. Wah airnya bening bnget bagus, kece, luar biasa:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, pesona bawah airnya emank bagus banget. Bikin pengen nyebur aja.

      Delete
  6. pemandangannya keren banget ya disana..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas/mbak, cantik banget deh pemandanganya, apalagi kalo dari atas mercusuarnya.
      Wussss... mantap.

      Delete
  7. Replies
    1. Iya mas, panorama alam pulaunya emang mempesona nih.

      Delete
  8. Wah, pemandangannya cakep.. Iya, aku ngiri #pakebanget aku belum pernah jalan ke pulau budget under 500rb (ini budget minimal). Ayolah, buka er-ha-es nya dong.. Udah lama dengar tentang pulau Padang ini, cuma aku nggak tau dimana dan gimananya (cara nyampenya), Kalo dari Pekanbaru by bus itu jalurnya kemana ya? Info dong, komplit ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahahaa... Pulau Pandang tuh di Kabupaten Batu Bara, Sumut. Kalo dari Pekanbaru bisa naik bus tujuan medan, turun di simp. Sei bejangkar, dari sana naik angkot tujuan pelabuhan. Ntar di pelabuhan bisa naik boat ke pulau. Tapi biasanya mahal sih karena harus nyewa boat.

      Atau bisa ikut opentrip juga, cuma ya lumayan juga.

      Kalo aku dapet murah karena ikut dari pelabuhan kecil, tapi harus selalu cari info.
      Karena mereka bisa tiba-tiba batalin trip kalo penumpangnya terlalu sedikit atau cuaca lagi nggak bagus.

      Delete
    2. Aku mau ngetrip sendirian, eh maybe berdua,tiga atu empat Ding.#hahaha.. Tergantung mood. Aku mau yang murah itu, nggak peduli. Dont Care, pokoknya yang murah #maksa #hahahaha..

      Delete
    3. Ahahahaha....
      Kalo mau semurah itu, mbak harus punya jaringan ke pelabuhan-pelabuhan kecil buat mantau info kapan keberangkatannya. Karena mereka cuma berangkat di hari libur doank dan itu belum pasti juga, karena tergantung cuaca dan penumpangnya.

      Delete
    4. Kalau boleh tau cri infonya kemana ya mass :-/ jadi pengen

      Delete
    5. Kalo untuk cara super murah ini sih caranya harus datang langsung ke pelabuhan kecilnya atau punya temen yang tinggal di deket situ.

      Tapi kalo mau yang open trip, ada beberapa komunity yang tiap bulan ngadain acara.

      Kalo cara paling mudah, langsung sewa boat aja di Pelabuhan Tanjung Tiram, Batu Bara, cuma ya mahal sih mas. Nyampe 1-3 juta gitu.

      Delete
  9. Padu-padan pasir putih sama bebatuannya keren banget, rasa-rasanya kalo kejar-kejaran di pasir ntu bakalan seru abis, apalagi sama cewek yang digandeng tadi... #ckckck

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastinya seru banget apalagi kalo ama cewek yg tadi.
      Eh, itu pacar orang mas. #ckckck

      Delete
  10. Wah next kalo aku mau kesana minta dianterin ama Rudi aja ya biar dapet harga murah, hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahaha... boleh mbak.
      Tapi siap-siap kecewa kalo di hari H tripnya batal kalo cuacanya jelek.
      Maklum mbak, trip murah resikonya juga tinggi. Tapi kalo keamanannya, aman sih mbak.

      Delete

Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan sopan :)