Sunday, November 20, 2016

Kuil Shri Mariamman, Kuil Hindu Tertua di Kota Medan



Kuil Shri Mariamman, kuil Hindu tertua di Medan
Wisata rohani kita dulu ya teman-teman backpack sejarah. Kali ini saya mau cerita tentang Kuil Shri Mariamman yang merupakan kuil Hindu khas India tertua di Kota Medan. tertua geng!
Sejarah
Kuil Shri Mariamman dibangun pada tahun 1884, artinya kuil ini sudah berusia emmm.... berapa ya? Bentar ya, ku hitung dulu. Yupz 132 tahun saat ini, tua banget ya? Pantas saja disebut sebagai kuil Hindu tertua di Kota Medan. Kuil ini dibangun untuk peribadatan dan memuja Dewi Mariamman.
Prasasti Kuil Shri Mariamman
Lokasi dan cara ke sana
Kuil Shri Mariamman ini terletak di kawasan Kampung Madras, sebuah kawasan yang mayoritas penduduknya beretnis India Tamil yang memeluk agama Hindu. Tepatnya di Jalan Tengku Umar No. 16 dan tidak jauh dari SUN Plaza.
Untuk mencapai kuil ini kita bisa menggunakan angkutan umum tujuan SUN Plaza, nanti dari sana jalan kaki aja sekitar 100 sampe 200 meter. Ketemu deh ama kuilnya. Oh ya, kuilnya hanya dibuka pada pukul 06.00-12.00 wib dan pukul 16.00-20.00 wib. Untuk masuk tidak dipungut biaya, hanya saja harus tetap menghormati mereka yang sedang beribadah.

Arsitektur kuil
Arsitektur kuil ini memiliki bentuk yang khas, di bagian depannya terdapat gopuram, yaitu menara bertingkat berwarna keemasan yang setiap tingkatnya terdapat ornamen patung dewa dan di puncaknya terdapat trisula.
Gopuram
Di bagian dalam terdapat altar dewa-dewa. Di bagian tengahnya adalah altar Dewi Mariamman, selain itu terdapat juga banyak patung-patung dewa lainnya dalam agama Hindu seperti Dewa Siwa, Wisnu, Ganesha, Dewi Durga dan dewa-dewa lainnya.
Bagian dalam kuil
Pada bagian luar kuil juga terdapat berbagai relief dan patung-patung dewa yang berdiri menghiasi setiap sudut kuil tua ini.
Patung-patung Dewa di dinding luar kuil
Cowok tampan di depan kuil

Objek wisata di sekitarnya : Museum TNI Medan

2 comments:

  1. pada awalnya saya ga nyangka kalo ada kuil begini di medan. tapi ternyata memang ada... fix makin pengen ke Medan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di Kota Medan ada banyak objek wisata yang menarik kok mas. dijamin nggak bakal nyesal. :)

      Delete

Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan sopan :)