Saturday, November 7, 2015

Makam Batu Suku Batak



Suku Batak adalah salah satu suku yang berada di Sumatera Utara. Suku ini memiliki banyak peninggalan sejarah dan budaya yang bernilai tinggi dari berbagai zaman. Bahkan, suku Batak memiliki peninggalan dari jaman megalithikum, yaitu makam batu.
Makam Batu Batak
Replika kuburan/ makam batu ini mengikuti bentuk kuburan/ keranda batu kepala-kepala suku/ marga ratusan tahun yang lalu. Pembuatan replika ini dimaksudkan untuk menunjukkan kepada masyarakat bahwa banyak peninggalan Batak yang berasal dari jaman batu besar (Megalithikum). Merupakan kehormatan jika seseorang dikuburkan di dalam batu. Keranda dari batu ini berbeda dengan keranda yang terbuat dari kayu dimana keranda dari kayu ditanam di dalam tanah sedangkan keranda batu diletakkan diletakkan di atas tanah.
Keranda batu biasanya dibuat dari batu besar dan utuh. Dalam perkembangannya, sejak masuknya teknologi campuran semen ke tanah Batak, pembuatan keranda batu ini tidak lagi menggunakan batu besar, akan tetapi menggunakan campuran semen yang dibentuk menyerupai keranda batu jaman dulu.
Diletakkan di atas tanah
dihiasi ukiran-ukiran

Lokasi 
Saat ini salah satu tempat untuk melihat makam batu peninggalan masyarakat batak ada di Balige, tepatnya di Huta Batak yang ada di Komplek T.B. Silalahi Center, Jalan Pagar Batu No. 88, Desa Silalahi, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba Samosir. Di sini terdapat replika makam batu dari peninggalan budaya Batak Toba.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan sopan :)