Thursday, September 24, 2015

Pegunungan Bukit Barisan di Kawasan Sigura-Gura



Pegunungan Bukit Barisan adalah jajaran gunung yang membentang dari ujung utara (Aceh) sampai ujung selatan (Lampung) pulau Sumatra, memiliki panjang lebih kurang 1650 km. Rangkaian pegunungan ini mempunyai puncak tertinggi Gunung Kerinci yang berlokasi di Jambi, berketinggian 3.805 meter di atas permukaan laut.
Lokasi
Nah, kawasan Sigura-Gura di Kabupaten Asahan dan Tobasa juga merupakan salah satu daerah yang dilalui Pegunungan Bukit Barisan. Daerah ini bisa di tempuh sekitar 5 jam perjalanan dari Kota Medan.
Pemandangan Alam Pegunungan Sigura-Gura
Landscape Alam
Meski tidak memiliki gunung-gunung yang menjulang tinggi, tetapi kontur alam di kawasan Sigura-Gura juga sangat indah dengan pemandangan perbukitan yang hijau, lembah yang tenang, kemudian terdapat tebing-tebing batu dan ada jurang yang dalam. Selain itu, pada beberapa titik terdapat air terjun cantik nan eksotis. Bahkan ada satu air terjun tertinggi di Indonesia di sini, yaitu air terjun sigura-Gura.
Landscape Air Terjun Sigura-Gura dan jurang yang dalam
Air terjun di kejauhan
Selain landscape alam yang indah, kawasan sigura-gura juga punya landscape indah buatan manusia, yaitu bendungan Sigura-Gura yang merupakan bendungan terbesar kedua di Indonesia. Di belakang bendungan ini terbentuk sebuah danau yang sangat cantik dengan hamparan air berwarna hijau toska. Uniknya, terdapat tak kurang dari 5 air terjun yang alirannya airnya terjun langsung ke dalam danau bendungan ini. cantik!
Saya berfoto dengan latar Pegunungan Bukit Barisan

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan sopan :)