Thursday, October 29, 2015

Makam Nomensen di Sigumpar



Di Kabupaten Tobasa terdapat makam DR. IL Nomensen. Seorang pahlawan bagi orang Batak karena telah mengubah pola pikir dan keyakinan mereka dari Animisme ke dalam Agama Kristen.
Lokasi
Makam Nomensen terletak di belakang gereja HKBP DR. IL Nomensen, Kecamatan Sigumpar, Kabupaten Toba Somosir, Sumatera Utara. Di komplek pemakaman tersebut tidak hanya DR. IL Nomensen yang dimakamkan, tetapi terdapat juga makam teman-teman seperjuangan Nomensen dan istri DR. IL Nomensen yang dimakamkan berbagi satu nisan dengan DR. IL Nomensen.
Terletak di Sigumpar, Toba Samosir
Tepatnya di belakang gereja

DR. IL Nomensen
DR. IL Nomensen adalah seorang misionaris yang berasal dari Jerman. Beliau tidak bisa dilupakan bagi orang Batak di seluruh dunia karena telah membawa perubahan pola pikir dan kepercayaan yang mendasar bagi masyarakat Batak untuk melangkah keluar dari pola animisme ke arah “Ha Kristenon”. Sebagai paradigma baru dalam kehidupan orang Batak dengan nilai-nilai cinta kasih, pendidikan, kesehatan yang menjadi cikal bakal kemajuan dan pembaharuan hidup orang Batak.
Makam Nomensen
Seorang Pahlawan
Bagi orang Batak, DR. IL Nomensen adalah seorang pahlawan dan tokoh panutan karena dia lah yang membawa kemajuan dan membuka pola pikir bagi kehidupan orang Batak. Pertanda bahwa orang Batak sangat menghargai dan menghormati jasa DR. IL Nomensen dapat dilihat dari komplek pemakamannya yang berada di Sigumpar cukup bersih dan terawat.
Komplek makamnya bersih dan terawat
DR IL Nommensen menghembuskan nafasnya yang terakhir pada usia 84 tahun, tepatnya pada tanggal 23 Mei 1918. Kemudian beliau dimakamkan di belakang Gereja HKBP Nommensen, Sigumpar. saat ini komplek makamnya dijadikan sebagai salah satu tujuan wisata religi masyarakat Batak.
Berfoto di depan makam Nomensen

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan sopan :)