Friday, September 18, 2015

Air Terjun Sigura-Gura, Air Terjun Tertinggi di Indonesia



Air Terjun Sigura-Gura, Tertinggi di Indonesia

Air Terjun Sigura-Gura adalah air terjun tertinggi di Indonesia. Air terjun ini memiliki ketinggian hingga 250 meter dan berada di Kabupaten Asahan yang berbatasan dengan Kabupaten Tobasa. Namun uniknya, jika teman-teman mencari di google tentang air terjun ini, malah banyak yang muncul adalah foto Air Terjun Ponot, padahal kedua air tersebut tidak sama.

Lokasi 
Air Terjun Sigura-Gura terletak di Kabupaten Asahan yang berbatasan dengan Kabupaten Tobasa. Bisa ditempuh sekiatr 4 jam dari Kota Medan melalui Porsea maupun dari Kota Kisaran. Namun, pengunjung tidak bisa masuk sembarangan ke sana. Seperti saat saya berkunjung beberapa waktu yang lalu, ya tidak bisa mencapai langsung air terjunnya. Hal itu karena lokasi Air Terjun Sigura-Gura merupakan kawasan pembangkit listrik. Sehingga tidak memungkinkan untuk dikunjungi masyarakat awam tanpa surat izin. Saya dan para wisatawan yang lain hanya bisa menikmati keindahan Air Terjun Sigura-Gura dari gardu pandang yang memang disediakan untuk menikmati indahnya air terjun ini.


Berada di kawasan pembangkit listrik

Pengunjung hanya bisa melihat dari gardu pandang
 Landscape Air Terjun
Dari gardu pandang ini, saya dapat melihat aliran Air Terjun Sigura-Gura ini. Air terjunnya memiliki ketinggian sekitar 250 meter dan seperti bersumber dari mata air yang berada tepat di puncak pegunungan Bukit Barisan. Kemudian aliran airnya mengalir melalui bebatuan yang sedikit curam dan akhirnya aliran air terjunnya terlihat mengalir ke jurang yang sangat dalam dan bermuara di Sungai Asahan yang ada di bawahnya.
Ketinggiannya mencapai 250 meter dan merupakan air terjun tertinggi di Indonesia
Kondisi Sarana dan Prasarana
Namun, meski pun merupakan air terjun tertinggi, tetapi pengelolaan tempat ini masih sangat minim, ya... seperti lokasi parkir dan toilet yang tidak tersedia. Sehingga wisatawan memarkir kendaraannya tepat di bahu jalan dan jika kebelet pipis pasti bingung deh mau pipis dimana. Sungguh sangat disayangkan memang. Andai dikelola dengan lebih baik, pasti lebih keren lagi. Ini air terjun tertinggi di Indonesia lho.
Tips
            Kalo untuk tips, menurut saya siapkan fisik yang kuat, karena trek menuju Air Terjun Sigura-Gura cukup curam dan berliku, karena jalurnya melintasi Pegunungan Bukit Barisan.
            Objek wisata di sekitarnya :
            > Bendungan Sigura-Gura
            > Danau Bendungan Sigura-Gura
            > Air Terjun Tak Bernama
            > Air Terjun Tersembunyi
            > Air Terjun Simanimbo    
Berfoto di depan pamflet PLTA Sigura-Gura

2 comments:

  1. fasilias yang tersedia di air terju sigura gura ini apa aja min?
    Inzanami

    ReplyDelete
    Replies
    1. fasilitasnya cukup minim, cuma ada satu gardu pandang dan bangku beton.
      kemudian ada warung makanan yang buka saat hari libur doang.
      untuk parkir, langsung di pinggir jalan.
      wc dan lainnya tidak ada sama sekali. kalo kebelet, bingung deh mau pipis di mana. :D

      Delete

Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan sopan :)