Wednesday, September 30, 2015

Air Terjun Ponot di Asahan





Air Terjun Ponot adalah air terjun eksotik yang terletak di Desa Tangga, Kecamatan Aek Songsongan. Air terjun ini adalah salah satu objek wisata alam andalan dari Kabupaten Asahan dan uniknya foto air terjun ini sering muncul di internet sebagai Air Terjun Sigura-Gura. Padahal kedua air terjun ini berbeda.

Lokasi
Air Terjun Ponot terletak di Desa Tangga, Kecamatan Aek Songsongan, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara. Bisa ditempuh sekitar 2-3 jam perjalanan dari Kota Kisaran, ibukota Kabupaten Asahan melalui Kec. Bandar Pulau.
Selamat datang di Ponot

Landscape Alam
Air terjun ini memiliki ketinggian hampir 100 meter, airnya jernih dan berada di tebing yang terjal dengan dua tingkatan air terjun. Berada di dekat air tejun ini rasanya seperti terkena hujan gerimis karena debit air yang jatuh sangat deras dan bias dari jatuhnya air yang terjun bebas dari atas tebing. Bebatuan alam yang berukuran sangat besar yang terdapat di bawah curahan air terjun, menjadi daya tarik tersendiri sebagai pelengkap keindahan Air Terjun Ponot.
ketinggiannya hampir 100 meter
Memiliki 2 tingkatan air terjun
Selain air terjun utama, di sebelah Air Terjun Ponot ini juga terdapat beberapa air tejun kecil yang mengalir dari sela-sela bebatuan dan ada juga yang mengalir melalui tebing yang tidak begitu curam. Air terjun kecil ini memang sering luput dari pandangan wisatawan yang terpukau akan keindahan Air Terjun Ponot. Tetapi dengan adanya air terjun kecil ini menambah keindahan alam Air Terjun Ponot.
Air terjun kecil di dekat Air Terjun Ponot
 Akses Lokasi
Untuk menuju air terjun ini, kami berkendara dengan sepeda motor sekitar 2 jam perjalanan dari Kota Kisaran, Ibukota Kabupaten Asahan. Kondisi jalannya pun sudah cukup mulus. Hanya di beberapa titik yang berlobang, selebihnya sudah cukup baik. di sepanjang perjalanan, mata kami juga dimanjakan dengan pemandangan indah dari Sungai Asahan dan beberapa air terjun yang berada di pinggir jalan. sungguh indah dan mempesona.

Fasilitas
Fasilitas yang berada di sekitar air terjun ini masih cukup minim, hanya ada beberapa tenda penjual makanan di sini, kemudian terdapat satu kamar mandi di dekat parkir, sedangkan untuk mushalla belum tersedia.

Tiket Masuk
Rp. 5000 permotor dan sudah termasuk biaya parkir.
Bunga liar di Air Terjun Ponot
Terpesona dengan indahnya alam Ponot


No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan sopan :)