Friday, February 28, 2014

Monumen Letda Sujono Tugu Kesaktian Pancasila di Bandar Betsi

 
Tugu Letda Sudjono
Tugu Kesaktian Pancasila adalah tugu untuk memperingati peristiwa 1 Oktober. Tugu kesaktian Pancasila terletak di Lubang Buaya, Jakarta. Akan tetapi tugu ini tidak hanya ada di Lubang Buaya, Jakarta. Karena di tengah-tengah perkebunan PTPN III kebun Bandar Betsi di Kecamatan Bandar Huluan, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara yang berjarak sekitar 4 jam perjalanan dari Kota Medan juga terdapat tugu seperti itu.
Tugu yang berada di tengah perkebunan membuat bus yang kami sewa tidak dapat masuk karena jalannya yang kecil sehingga kami terpaksa menyewa angkutan desa untuk melanjutkan perjalanan ke Tugu Letda Sujono ini.
Setelah melewati perkebunan karet yang cukup luas akhhirnya kami tiba di Tugu Letda Sudjono ini. Model bangunan tugu ini mirip dengan Monumen Pancasila Sakti di Lubang Buaya Jakarta. Yang membedakannya agak ke depan dari monumen itu ada patung Letda Sudjono yang gugur saat mempertahankan areal kebun dari upaya perebutan paksa oleh massa Barisan Tani Indonesia yang merupakan organisasi sayap Partai Komunis Indonesia. Oleh karena itu, Tugu ini dikenal dengan sebutan Tugu Sujono.


Monumen ini biasanya ramai dikunjungi pada saat hari peringatan Kesaktian Pancasila pada tanggal 1 Oktober. Bahkan upacara tersebut biasanya dihadiri oleh jajaran Pemprov Sumut. Namun jika di hari-hari biasa, monumen ini cukup sepi dan lenggang. Tapi tidak usah kecewa, karena lokasinya yang berada di tengah perkebunan karet membuat tempat ini begitu teduh dan sejuk sehingga tetap nyaman untuk dikunjungi.
Alamat : kebun Bandar Betsi di Kecamatan Bandar Huluan, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara
Transportasi : Sebaiknya naik kendaraan pribadi seperti sepeda motor, karena kondisi jalannya adalah jalan perkebunan

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan sopan :)