Senin, 08 Agustus 2022

Perjuangan menuju Kota Bandung, Bumi Parahyangan

Bus Primajasa
Bus Primajasa, sumber: kumparan

Allooooo..... Sekitar jam 9 pagi kapal penyeberangan yang kunaiki merapat di Dermaga 3 Pelabuhan Merak, Cilegon, Provinsi Banten. Segera kami para penumpang bus CSH 88 kembali masuk ke dalam bus yang terparkir di lambung kapal. Karena tak lama kemudian bus melanjutkan perjalanannya menuju Kota Jakarta, si Kota Metropolitan.

Dari Pelabuhan merak, terbentang pemandangan bukit-bukit hijau yang menjulang tinggi. Sedangkan di sisi belakang ada lautan biru dari Selat Sunda. Tak lama bus memasuki jalan tol dan pemandangan di kanan kirinya yang tadinya didominasi sawah-sawah hijau dan perbukitan, perlahan-lahan berganti menjadi pemandangan gedung-gedung tinggi yang mencakar langit.

Sekitar jam 11 lewat, Bus CSH 88 singgah di Terminal Kalideres, Jakarta Barat. Busnya berenti lumayan lama di sini. Selain menurunkan penumpang, kru bus juga mengganti ban serep bus yang tadi pagi pecah di dekat Pelabuhan Bakauheni, Lampung. 

Terminal Kalideres
Terminal Bus Kalideres, sumber: beritajakarta

Setelah itu, bus kembali melanjutkan perjalanannya menuju tujuan akhir di Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur. Karena waktu yang udah cukup siang, jadi jalanannya pun lumayan macet. Dan akhirnya sekitar jam 1 siang aku baru tiba di Terminal Pulo Gebang. Alhamdulillah.

Terminal Pulo Gebang

Terminal Bus Pulo Gebang yang dikenal juga dengan nama Terminal Bus Terpadu Sentra Timur Pulo Gebang adalah salah satu terminal bus tipe A yang terletak di Cakung, Jakarta Timur. Terminal ini melayani bus-bus dengan rute dari Jakarta menuju Pulau Sumatera, Jawa kecuali Jawa Barat, hingga bus tujuan Bali dan Bima di Nusa Tenggara Timur. Terminalnya juga dilengkapi berbagai fasilitas umum dan sangat nyaman. 

Terminal Pulo Gebang
Terminal Bus Pulo Gebang

Tujuanku ke terminal ini adalah untuk mengamankan tiket pulang ke Bengkulu pada minggu depan. Setelah tiket pulang di tangan, aku kemudian mencari loket bus tujuan Kota Bandung. Tapi nggak ketemu cuy. Setelah lelah mencari, aku lantas bertanya pada petugas yang tersebar di setiap lantai. Namun kata petugasnya, di terminal ini tidak tersedia bus tujuan Bandung. Alamak!!! Kata si bapak, bus tujuan Bandung adanya di Terminal Bus Juanda Bekasi dan cara tercepat dan termudah ke sana, ya naik ojek online. Hadewh...

Akhirnya aku segera memesan ojek tujuan Terminal Bus Juanda Bekasi. Setelah melewati jalan-jalan tikus dan macetnya Jakarta Timur serta Bekasi, akhirnya aku tiba juga di Terminal Bus Juanda Bekasi.

Terminal Bus Juanda Bekasi

Terminal Bus Juanda Bekasi adalah terminal penumpang tipe A yang merupakan terminal induk terbesar di Kota Bekasi. Terminal ini melayani bus-bus rute dalam kota Bekasi, bus tujuan provinsi Jawa Barat, Bus tujuan Sumatera, Jawa hingga bus tujuan Bali dan Nusa Tenggara. 

Terminal Bus Juanda Bekasi
Terminal Bus Juanda Bekasi

Bus Primajasa

Berhubung tujuanku adalah Kota Bandung, aku pun memilih Bus Primajasa, salah satu bus menuju Bandung yang paling terkenal. Saat itu ada 3 bus Primajasa yang berjejer, 2 bus AC dan satunya bus ekonomi. Setelah duduk, aku bertanya pada petugasnya, masih lama lagi kah berangkat?

Kata si bapak sekitar 30 menit lagi.

Syukurlah, masih bisa beli makan dulu pikirku. Aku kembali turun dari bus, namun bingung mau beli apa. Akhirnya aku beli gorengan yang ada di deket bus Primajasa terparkir sekalian beli minum. Setelah itu, aku masuk kembali ke dalam bus, duduk santai menikmati dinginnya AC bus sambil memakan gorengan sepotong demi sepotong.

Sedang seru-serunya makan gorengan, mata ini memperhatikan kertas yang tertempel di bagian depan. Kertas itu bertuliskan rute dan harga tiket. Namun anehnya rute yang tertulis di situ adalah Cirebon dan Kuningan.

Hmmm... aneh sekali, tapi aku nggak terlalu ambil pusing. Hingga naiklah seorang ibu-ibu ke dalam bus. Aku lantas mencoba beramah tamah menanyakan tujuannya yang ternyata menuju Kuningan. Si ibu lantas bertanya balik dan ku jawab menuju Kota Bandung.

“Dek, bus ini nggak menuju Bandung, bus yang ke Bandung di sebelah.” Kata si Ibu.

Ha???? Aku segera turun kembali dari bus dan bertanya pada bapak petugas dan benar saja, karena busnya berjejer tiga, aku pun jadi salah naik bus. Hampir aja aku nyasar ke Cirebon.

Tak lama bus pun melaju meninggalkan terminal Bus Bekasi menuju Kota Bandung via Tol Cipularang. Sepanjang perjalanan, pemandangannya luar biasa, bukit-bukit hijau terbentang di sisi jalan tol. Namun karena badan yang udah capek, aku pun tertidur.

Sekitar jam 7 malam, akhirnya bus Primajasa tiba di Terminal Leuwipanjang, Kota Bandung. Capek uy, banyak drama juga, mulai dari bus yang bocor ban, telat nyampe, pindah terminal demi ke Bandung hingga salah naik bus. Namun akhirnya aku bisa tiba dengan selamat di Kota Bandung. Selamat Datang di Bumi Parahyangan.

16 komentar:

  1. Sebenarnya naik bus sekarang menyenangkan, ada banyak pilihan dan cukup bagus. Keren lah pengalamannya bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mas, kebanyakan bus-bus sekarang pelayanannya juga juara.

      Hapus
  2. udah lama gak mampir,tetap seruuu perjalanannya.selamat jalan2 di bandung ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih udah mampir mbak. 🙏
      Siap mbak, siap buat menjelajah Bandung nih.

      Hapus
  3. Wah untung saja ngobrol sama ibu2 ya mas, kalau nggak bisa nyasar hehehehe... Saya sendiri terakhir ke Bandung tahun 2018 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mas, andai aku diem doang, bisa nyampe Cirebon atau Kuningan. 🤣

      Hapus
  4. Hahaha untungnya bertanya dulu ya, kalo enggak bang Rudi nyasar ke Cirebon karena salah naik bus.😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itulah Bang, untungnya saya orang yang ramah 🤭

      Hapus
  5. Asyik ya. Walau capek. Justru momen-momen seru salah naik bus itu yang membuat perjalansn jadi indah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahahaha... Iya Mbak, momen-momen yang tak terduga itu yang jadi kenangan tak terlupakan. 🤣

      Hapus
  6. kok cuma makan gorengan mas rud...opo kenyang ? hahhahah

    enak ya berpetualang ke bandung dan bisa mencoba banyak transportasi busnya. Walau hampir terangkut ke Kota Kuningan Jabar hehehe...ditunggu kulineran di bandungnya mas rudi

    BalasHapus
  7. Loh aku baru tau kalau dr terminal pulo gebang ga ada bus arah ke bandung wkwkwk, padahal itu kan terminal besar, masa iya harus ke terminal juanda bekasi dulu sih, parah hahahaa

    BalasHapus
  8. Dulu bus Primajasa ini sering saya lihat di Jl. Dewi Sartika Cawang. Biasanya orang2 mau mudik area Jawa Barat, naiknya pada dari sini deh :D Mantap, Mas. Mumpung masih sendiri, puas2in backpacker naik busnya. Karena tentunya gak ribet ya dibanding bawa2 anak kan :D

    BalasHapus
  9. Seumur2 aku belum pernah ke terminal bus jarak jauh gini mas 😅. Jadi tau suasananya kayak apa setelah baca tulisanmu.

    Traveling tapi tanpa drama ga asik mas rud 🤣. Itu bumbu penyedap nya hahahaha. Ini ke Bandung dalam rangka apa mas? Ditunggu loh cerita2 Bandung nya 😉

    BalasHapus
  10. wkwk untung teliti liat kertas tiket busnya yah , kalo telat saja haha celaka

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan sopan :)