Selasa, 29 Maret 2022

Mie Celor, Santapan Siang yang lezat di Palembang

Mie celor Palembang
Mie celor Palembang

“Abis nih mau kemana lagi kak?”

Sejenak aku ngelihat jam.

“Emmm... kayaknya udah waktunya makan siang sih. Kamu ada rekomen nggak? Yang khas Palembang ya.” Tanyaku pada si dia.

“Kalo pempek gimana kak?”

“Ya jangan pempek juga dong. Yang lain gitu buat makan siang.” Mentang-mentang lagi di Palembang, pempek mulu yang ditawari.

“Ahahaha.... Mie celor? Pindang? Sate?” Ujarnya memberi saran yang berbeda.

“Mie celor? Gimana tuh?

“Mie celor itu mie pake touge, telur rebus, daun bawang, bawang goreng, terus disiram pake kuah santan dan kaldu udang. Enak deh kak.”

Boleh juga tuh. Hayuk tunjukin arahnya.

Alamat Mie Celor Palembang

Jadi mie celor Palembang itu ada banyak yang jualan, tapi yang paling terkenal itu Mie Celor 26 Ilir H. M. Syafei Z yang ada di jalan KH. Ahmad Dahlan, 26 Ilir, Kecamatan Bukit Kecil, Kota Palembang, Sumatera Selatan. Lokasinya nggak jauh dari Pasar 26 Ilir, jadi selain menimat kuliner mie celor di sekitar sini juga bisa menikmati pempek dan belanja oleh-oleh seperti kemplang. 

Mie celor Palembang
Berada di dekat Pasar 26 Ilir Palembang

Rasa Mie Celor

Sesampainya di tempat, aku segera memesan mie celor. Seporsi mie celor hangat pun terhidang. Mie, kuah kaldu udang, kuah santan, ada telur rebusnya, udang, bawang goreng dan daun sopnya juga dalam satu piring.

Begitu disendok, beuh.... mantap cuy. mienya lembut dengan rasa udang dan santan yang kuat. tambahan bawang goreng dan daun sopnya juga membuat wanginya tercium nikmat. Bisa kubilang rasa mie celor ini memiliki kemiripan ama rasa mie rebus Medan. Yang berbeda hanya rasa dari kuahnya, soalnya kuah mie celor memiliki rasa santan yang kuat sehingga terasa kelapa dan gurihnya. Sedangkan mie rebus Medan kuahnya lebih pekat ke rempah dan udang.

Tak terasa seporsi langsung ludes ke dalam perut. Ahhhh... kenyangnya. 

Mie celor Palembang
Seporsi mie celor Palembang
Mie celor Palembang
Kecap dan sambal

Mie celor Palembang
Daftar cabang mie celor

Oh ya, seporsi harganya Rp.22.000 

16 komentar:

  1. Ternyata selain pempek ada kuliner unik juga dipalembang yaa mas...Yaitu Mie Celor. Meski bentuknya sederhana tetapi karena ada potongan 2 telur diatasnya saya justru ngebayangin seperti apa rasa Mie Celor tersebut.😊😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada banyak sih Mas, cuma yang terkenal ya pempek itu. Kalo rasa mie celor ini cukup enak juga lah.

      Hapus
  2. Oalah jadi mie ini kuahnya santan ya mas, unik ya, makanya jadi makanan khas ya, karena jarang2 ada mie yg kuahnya santan, beda ama mie rebus pada umumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, rasanya pun jadi unik. Mantap abis lah pokoknya.

      Hapus
  3. ahahahah, tapi makan pempek kan kenyang juga looooh, dan lebih berasa ikannya daripada pempek di daerah2 lain... Seriusan... Abis itu baruuu mi celor... heheheh ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masalahnya sehari sebelumnya udah pesta pempek mbak. Dalam rangka perayaan selesainya ujian latsar. Jadi mau coba menu yang lain.

      Hapus
  4. Wah, wah jadi ngiler nih. Ipengen nyicip. di jambi belum ditemui mie celor. Mungkin nenek ini kudet. He he terima kasih telah berbagi, ananda.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih juga sudah berkunjung Nek.

      Kira-kira di Jambi mie khasnya apa ya?

      Hapus
  5. Untungnya kesini belum waktunya puasa, kalo baca mie celor pas siang hari lagi puasa, bisa berabe.🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahahaha... Sabar Mas. Nanti akan diupdate lagi menu-menu lainnya, yang pasti bikin ngiler

      Hapus
  6. Wahb baru travelling dari Palembang ya.. Sedikit lagi nih ke kota saya, Muaradua, OKU Selatan.
    btw, mie celor ini salah satu favorit saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, boleh lah kapan-kapan traveling ke sana.

      Rasa mie celor emang mantap sih mbak. Lama-lama bikin nagih juga.

      Hapus
  7. tau ga mas rudi...baru aja kemaren aku liat master chef Indonesia salah satu pesertanya bikin mie celor...lalu kesini e ketemu mie celor lagi....dimana kelihatannya kuahnya kentel dan pekat gitu mana mienya lembut lagi ya. sedep banget

    BalasHapus
  8. waah...ini makanan yang wajib dimakan kalau ke palembang. Aku makan dua kali selama di palembang. Pernah nyari di rm. palembang di semarang ga ketemu. Mereka ga punya menu mie celor. Saking pengennya mie celor, pernah minta dikirimi indomie rasa mie celor dari temanku yang tinggal di palembang. Sangat cocok dengan mie celor sih..hhehehe

    BalasHapus
  9. Jadi kangen nih makan mie celorr 😁😁

    BalasHapus
  10. Aghhhhhhhh aku kangeeeeen ke Palembang 😭😍😍😍😍😍😍. Mie celor, laksan, celimpungan, pindang udang, pempek, tekwan, model, aduuuuh ga abis2 kalo udh inget kulinernya 🤣🤣🤣. Mana enak semua pulaaa...

    Fav ku jugaa ini mas, Ama satu lagi yg mie celor Poligon, tapi agak di pinggir kota Palembang, Deket Ama musium Alquran raksasa. . Itu enaak jugaaa..

    Ke Palembang trakhir 4 hari ga cukup utk puasin kulinernya 😄

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan sopan :)