Thursday, December 12, 2019

Tugu Yogyakarta

Hai sahabat backpacker..

Selain Malioboro yang udah ku datangi sore tadi bersama adikku, masih ada satu tempat lagi yang wajib dikunjungi kalo lagi jalan-jalan ke Yogyakarta. Katanya belum sah ke Jogja kalo belum ke tempat itu. Dan tempat tersebut adalah... Tugu Jogja.
Tugu Jogja, yang kufoto besok siangnya
Yupz... Tugu Jogja ini juga merupakan salah satu ikon wisata dari Yogyakarta dan salah satu tempat yang wajib dikunjungi saat traveling di Yogyakarta. Oleh karena itu, setelah mandi dan makan malam di angkringan, aku dan adikku pun jalan-jalan ke tugu ini. Let's go.

Brmm... Brmm...

Lokasi Tugu Jogja

Tugu Jogja ini lokasinya tepat berada di tengah-tengah perempatan Jalan Pangeran Mangkubumi, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan AM Sangaji dan Jalan Diponegoro. Jadi cukup mudah buat ngunjungin nih tugu. Lokasinya juga nggak jauh dari Malioboro dan Stasiun Tugu.
Letaknya di perempatan jalan

Sejarah Tugu Jogja

Tugu Jogja pertama kali dibangun pada tahun 1755 setelah pembangunan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat oleh Sultan Hamengku Buwono I. Diyakini tugu ini menjadi garis imajiner yang menghubungkan Laut Selatan, Keraton Jogja dan Gunung Merapi.

Awalnya Tugu Jogja ini dikenal dengan nama Golong Gilig. Karena saat pertama kali dibangun tugu ini berbentuk Gilig alias silinder yang menopang Golong alias Bola pejal. Katanya bentuk tugu ini memiliki arti persatuan antara Keraton dengan rakyat.

Namun pada tahun 1867 Tanah Jogja dilanda gempa dan membuat tugu ini runtuh dan sempat terbengkalai. Baru pada tahun 1889 Pemerintah Belanda memperbaiki tugu tersebut di bawah pengawasan Patih Dalem Kanjeng Raden Adipati Danurejo V.

Pembangunan tersebut membuat bentuk bangunan tugu ini berubah, dari yang awalnya setinggi 25 meter menjadi hanya 15 meter dan yang awalnya berbentuk Golong Gilig menjadi bentuk yang sekarang dengan bentuk menjadi persegi dan puncaknya berubah runcing. Tugu baru ini diresmikan oleh Sultan Hamengku Buwono VII pada tanggal 3 Oktober 1889 dan dinamakan Tugu Pal Putih.
Tugu Pal Putih

Maaf, kagak paham artinya
Papan informasi Tugu Pal Putih
Berhubung tugu ini berada di perempatan jalan, jadi lokasi terbaik untuk melihat kecantikan tugu ini adalah dari pojok Jalan Pangeran Mangkubumi. Di sini tersedia tempat duduk yang nyaman. Di sini juga terdapat replika Tugu Jogja yang lama, relief sejarah Yogyakarta hingga miniatur garis imajiner Tugu Jogja dan Keraton. Mantap. 👍
Pojok Jalan Pangeran Mangkubumi
Relief sejarah Yogyakarta
Replika Tugu Golong Gilig
Aku di Tugu Jogja

12 comments:

  1. Ada perubahan drastis di area sekitar tugu jogja ya
    Jadi kangen jogja

    ReplyDelete
  2. Nah, dekat tugu nih, kalau malam hari, ada lesehan gudeg yang lumayan enak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah... Dimananya tuh mbak, jadi pengen nyobain.

      Delete
  3. Ternyata cantik banget tugunya kalau malam hari ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, sayang kemarin kameranya kurang bagus buat moto malam.

      Delete
  4. Lebih bagus lihatnya kalo malam hari ya. Pengin kesana karena belum pernah ke Jogja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo malam emang lebih cakep lagi tugunya, lampu-lampunya bikin suasana romantis.

      Delete
    2. Apalagi kalo bawa selingkuhan, lebih romantis lagi ya mas..😂😂😂

      Delete
    3. Jangankan selingkuhan mas, pacar aja kagak punya. 😑

      Delete
  5. Wow, saya cukup tahu kalau perihal Tugu jogja. Namun, saya kurang tahu soal Tugu Golong Gilig ini. Wah, nambah info baru lagi nih, sekalian belajar sejarahnya sedikit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, tugu ini punya sejarah yang panjang sih, bentuknya pun telah berubah dari bentuk yang pertama.

      Delete

Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan sopan :)