Tuesday, December 10, 2019

Pasar Beringharjo

Hai sahabat backpacker...

Nggak kerasa sore udah menyapa Tanah Jogja dan sore ini, aku dan adikku memutuskan untuk jalan-jalan sejenak ke Pasar Beringharjo, salah satu sentra oleh-oleh di Yogyakarta. Kami ke sini karena mamak minta beliin kain batik untuk bahan pakaian dan mamak minta beliin 4 meter dengan uang dikasi cuma buat 1 meter. Asem....
Pasar Beringharjo, sumber Gudegnet
Setelah tawar menawar, akhirnya kami beli juga tuh kain. Selain itu kami juga beli beberapa baju batik. Lumayan juga, jadi punya baju batik yang asli Jogja. Pasti jadi makin keren kalo make nih baju pas kondangan. Mana tau ada pager ayu yang nyantol. :D

Lokasi Pasar Beringharjo

Pasar Beringharjo ini berada di Jalan Margo Mulyo atau di Jalan Ahmad Yani No. 1, Ngupasan Yogyakarta. Tempatnya nggak jauh dari 0 KM Jogja dan Benteng Vredeburg.

Sejarah Pasar Beringharjo

Pasar ini adalah salah satu pasar tertua di Jogja dan menjadi salah satu pilar penting di Jogja bersama Keraton Yogyakarta sebagai pusat pemerintahan, Alun-Alun Utara sebagai ruang publik, Masjid Gedhe Kauman sebagai pusat keagamaan dan Pasar Beringharjo sebagai pusat ekonomi.

Awalnya pasar ini adalah hutan beringin yang menjadi tempat transaksi ekonomi masyarakat Jogja dan sekitanya setelah Keraton Jogja berdiri tahun 1758. Barulah pada tahun 1925 pihak keraton memerintahkan Perusahaan Beton Hindia Belanda untuk membangun los-los pasar.

Nama Pasar Beringharjo ini diberikan Sri Sultan Hamengku Buwono VIII. Namanya memiliki arti yang semula hutan beringin (bering) yang diharapkan memberikan kesejahteraan (Harjo).

Setelah selesai berbelanja di pasar ini, rencananya kami akan mengunjungi Benteng Vredeburg. Tapi ternyata objek wisata satu ini udah mau tutup karena waktu yang udah cukup sore. Sayang sekali.

Jadi kami berdua memutuskan untuk istirahat sejenak sembari menikmati wedang ronde yang hangat yang tak jauh dari Benteng ini. Nyam.. nyam... Hangat rasanya minuman dari jahe ini. Rondenya juga lembut dan enak. Maknyus...
Adikku pamer wedang ronde

Wedang ronde
Note: btw aku lupa buat motret pasar Beringharjo, udah gitu nggak nyaman juga ngeluarin kamera di pasar gitu, jadi foto pasarnya ku ambil dari Gudegnet.

10 comments:

  1. Replies
    1. Wedang rondenya enak kok mas.
      Wajib cobain deh kalo ke Jogja.
      Harganya juga murah kok.

      Delete
  2. kalau ke Yogya cuman lewat doang belum pernah nih belanja ke pasar beringharjo hahaha

    ReplyDelete
  3. wedang ronde, ntah kapan terakhir minum ini yaa. :D

    -Traveler Paruh Waktu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya dah lama tuh mas, wedang rondenya aja sampe kangen. 😂

      Delete
  4. uwww seger banget ngernode ya, beberapa kali ke pasar bringharjo cm buat beli batiiik.. mantul sih batiknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seger juga mbak, apalagi saat itu sorenya lumayan adem. Beuh.. mantap mbak.

      Delete
  5. Di sini mah surga batik. Tapi kalo ke pasar cuman foto-foto doang, mendingan beli di pasar lain. Lebih murah, hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya belum tau tempat-tempat yang murah mas. Perlu belajar lagi nih.

      Delete

Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan sopan :)