Monday, May 21, 2018

Masjid Agung H. Ahmad Bakrie, Masjid Termegah se-Asahan

Masjid Agung H. Ahmad Bakrie
Yo Sahabat backpacker...

Gimana kabar kalian? Semoga sehat selalu ya. Amin...

Oh ya, Nggak terasa sekarang kita udah memasuki bulan ramadhan aja ya cuy, padahal perasaan baru kemarin deh lebaran, lebaran haji. Eh.. sekarang udah bulan ramadhan aja lagi. Waktu ternyata cepat banget ya berlalunya. Sungguh mengerikan. Syukur aja aku masih tetap muda, ganteng dan unyu.

Berhubung lagi di bulan ramadhan, jadi si backpacker ganteng dan unyu ini mau stop dulu cerita tentang petualangan di Kapal Pesiar, soalnya takut ntar jadi dosa karena banyak yang iri dan ngiler baca cerita serunya petualangan di kapal itu. Ceritanya sendiri akan aku lanjutin setelah lebaran aja.

So... dalam momen ramadhan ini, aku si backpacker ganteng dan unyu ini mau berbagi cerita-cerita petualangan yang bikin adem aja, yang bertema-tema religi gitu. Soalnya si petualang itu kan nggak cuma tau indahnya alam, tapi juga tau indahnya masjid-masjid. Asyikk....

Masjid Agung Haji Ahmad Bakri Kisaran

Yupz... sebagai artikel pertamaku di bulan ramadhan ini, aku mau cerita sedikit tentang masjid termegah di Asahan, kampung halamanku sendiri.
Masjid termegah di Asahan
 Sebenarnya aku udah pernah beberapa kali datang ke masjid ini sejak diresmikan. Yang paling kuingat yaitu pas bulan ramadhan tahun lalu. Saat itu Bayu, my sobat ngajak buka bersama di Kisaran. Aku sih oke-oke aja, soalnya udah lama juga nggak jumpa ama si kawan ini. Berhubung rumahku jauh dari Kota Kisaran, kira-kira 1 jam setengah gitu, jadi jam 4 sore aku pun udah gerak menuju Kisaran. Brmmm.... brmmm....

Tapi kampretnya, si kawan ini malah nggak ada kabar, belum mesan meja untuk berbuka dan malah nyuruh aku yang rumahnya jauh di ujung dunia ini, di plosok-plosok sana untuk mesan tempat. Padahal rumah dia yang lebih dekat ama Kota Kisaran dan dia pulak yang lebih tau rumah makan yang mantap untuk buka bersama.

Sampe 15 menit lagi waktu berbuka, si kawan ini belum juga ada kabarnya. Akhirnya kubelokin deh kereta (baca: motor) ke masjid agung ini dan berbuka di sini. Akhirnya malah bukan berbuka ama kawan tapi berbuka bersama jemaah dan dapat ta’jil gratis. Alhamdulillah...

Tapi sayangnya dalam beberapa kali kunjungan ke sini, aku selalu nggak bawa kamera. Karena itu kusempatkan juga datang lagi ke masjid ini untuk ngambil foto-fotonya sekalian wisata religi di masjid yang katanya terbesar dan termegah se Kabupaten Asahan ini.

Sejarah Masjid Agung Haji Ahmad Bakrie

Masjid Agung H. Ahmad Bakrie Kisaran ini mulai dibangun pada tahun 2011 yang lalu dan diresmikan sekitar bulan Agustus tahun 2015, bertepatan dengan pembukaan acara MTQ Sumatera Utara. Meski udah lama diresmiin dan udah bisa digunain, tapi pembangunnya sendiri baru selesai akhir-akhir ini. Terakhir sih mereka ngebangun pagar dan kolam air mancur di depan masjidnya.

Arsitektur

Kuakui arsitektur Masjid Agung H. Ahmad Bakrie ini memang sangat megah dan indah. Bangunannya terdiri atas 3 lantai dengan 4 menara. Konon arsitekturnya ini terinspirasi dari bangunan Taj Mahal yang ada di India. Lantai pertamanya adalah ruang wudhu dan kantor pengurus masjid. Sedangkan lantai 2 dan 3 adalah ruang sholat.
Terdiri atas 3 lantai dan 4 menara
 Arsitektur masjidnya juga memadukan antara arsitektur modern dan tradisional. Hal ini terlihat jelas dari bentuk jendela masjid yang bergaya jendela rumah-rumah Melayu. Di bagian dalam masjid, juga terdapat hiasan-hiasan yang memberi kesan megah. Sedangkan dari luar, terlihat masjid ini didominasi warna putih, hijau dan kuning yang menunjukkan warna khas suci, Islam dan Melayu.
Bagian dalam masjid
Nampak begitu bersih dan megah
Bagian dalam kubah masjid
Memadukan unsur tradisional
Menara masjidnya yang indah
Lokasi

Nah... bagi kawan-kawan yang mana tau mau berkunjung ke masjid ini, cukup mudah kok. Masjid ini lokasinya berada di pinggir jalan lintas yang menghubungkan antara Tebing Tinggi dan Rantau Parapat. Tepatnya berada di depan Kantor Bupati Asahan. So... mudah banget dikunjungi, kecuali yang rumahnya di plosok macam aku.
Siganteng dan unyu berfoto dengan latar masjid

31 comments:

  1. Nice...smoga kpn2 bsa berkunjung kemari jg 😄😄😄

    ReplyDelete
  2. wah, masjidnya besar dan megah ya mas.
    suka sekali dengan arsitekturnya. jadi inget waktu ke Medan awal tahun ini juga saya masuk ke Masjid Raya Medan yang arsitekturnya cantik banget.

    terima kasih sudah sharing mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo Masjid Raya Medan emang megah banget dan arsitekturnya keren banget sih.

      Delete
    2. iya, apa lagi cerita dibaliknya mas, keren!

      Delete
    3. Apalagi orang yang nyeritainnya mbak, lebih keren lagi. 😎

      Delete
  3. Hahaha,, bahasa indonesia ala-ala medan dan sekitarnya keluar juga yaa! Kampungnya kisaran yaa, kenalin dari Padanglawas, ahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha... namanya juga asli sini bang.
      Salam kenal dari Asahan ya bang.

      Delete
  4. Arsitekturnya bagus dan terlihat bersih banget ..

    ReplyDelete
  5. Bagunan masjidnya kayak bertemakan klasik gitu ya, terlihat dari desain jendelanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, soalnya memadukan arsitektur tradisional Melayu juga mbak.

      Delete
  6. Rumahku malah jauh kalau mau ke sini, pelosok banget, haha.

    ReplyDelete
  7. Arsitekturnya masih ada unsur malayunya. Tidak meninggalkan budaya lokal. 2011, tergolong masih baru ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, arsitektur modernnya dipadukan ama arsitektur tradisional juga. Jadi hasilnya keren.

      Iya mas, masih baru-baru ini aja selesai dibangunnya.

      Delete
  8. arsitekturnya bagus banget, saya baru tahu tentang Masjid Agung H Ahmad Basrie ini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masjidnya emamg baru dibangun 2011 ini mas, masih baru.

      Delete
  9. Wah, megah banget nih masjid. Perpaduan yang sungguh sempurna antara desain eksterior dan interiornya. Arsitektur klasiknya pun sekilas memang terlihat mengadopsi bangunan Taj Mahal di India. Keereen!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget tuh mas, bangunan masjidnya emang megah dan keren banget.

      Delete
  10. wah beruntung bisa mampir 2x di masjid ini..
    dan untuk kesekian kalinya saya dikagetkan oleh penampakan admin unyu pada akhir postingan he..he.. :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahaha... si unyu itu emang suka nongol di akhir postingan mas, udah posisi kesukaannya tuh.

      Delete
  11. Aku suka foto yang anglenya dari balik bunga bugenvile..😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mbak, itu fotonya pun masih belajar ala-ala. 😄

      Delete
  12. wah..aku pernah kesini waktu sekolah ngadain porseni dan sholatnya di mesjid ini

    ReplyDelete
  13. Moga ada kesempatan ke Sumut, terus solat disini. Sepertinya masjidnya teduh sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin... semoga cepat kesampean ya mbak. ☺

      Delete
  14. Subhanallah, mesjidnya sangat megah dan terlihat nyaman sekali.. :)

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan sopan :)