Monday, May 8, 2017

Petualangan di Jakarta: Museum Bank Mandiri



            “Welcome to Jakarta”. Ucapku pada diriku sendiri begitu pesawat mendarat dengan selamat di Bandara Soekarno Hatta yang ada di Tangerang. Eh... ini masih Tangerang ya kan bukan Jakarta. Acemana sih?

Ah... lupain deh, yang penting setelah sekian lama beredar di daerah sendiri (Sumatera Utara dan sekitarnya), akhirnya sedikit lagi aku bisa juga nginjakin kaki di ibukota Indonesia ini. Kota yang terkenal sebagai kota metropolitan terbesar di Indonesia dan kota dengan segudang masalah. Hahahaha....

Berhubung penerbanganku ke Manila, lokasi keberangkatan kapal pesiar Superstar Virgo itu masih esok hari. So... aku mau manfaatin hari ini untuk jalan-jalan jelajah Jakarta dan tujuan pertama yaitu ke Kota Tua. Let’s go.

Kota Tua Jakarta sendiri adalah sebuah kawasan cagar budaya yang dikenal juga sebagai Batavia Lama. Di sini terdapat banyak bangunan-bangunan peninggalan Belanda dengan arsitekturnya yang khas. Di sini juga terdapat banyak museum seperti Museum Bank Mandiri, Museum Bank Indonesia, Museum Fatahillah, Museum Wayang dan Museum Seni. Bagi penyuka sejarah bisa teler di sini nih.

Dari Bandara Soekarno Hatta ke Kota Tua ada beberapa pilihan transportasi seperti taksi yang mahalnya nauzubillah. Atau naik bus damri tujuan Mangga Dua dan ntar minta turun di Stasiun Kota Tua. Berhubung aku adalah petualang hemat (nggak punya duit), tentu milih damri lah. Apalagi ongkos damri ke Kota Tua cuma Rp. 40.000 dengan waktu tempuh sekitar 1 jam. Tapi anjir... macet di Jakarta itu ternyata betulan, akhirnya ngerasain juga menghabiskan waktu di jalan raya kayak penduduk Jakarta. Hahaha...

Akhirnya setelah satu jam di dalam bus, nyampe juga di Stasiun Kota Tua dan hap! Aku resmi nginjakin kaki di Kota Jakarta. Hore....... dan tujuan pertama ku adalah Museum Bank Mandiri.

Lokasi

Museum Bank Mandiri letaknya nggak jauh dari Stasiun Kota Tua. Kalo jalan kaki mah 1 menit juga nyampe, kalo ngesot atau guling-guling sih paling ntar ditabrak mobil, jadi jangan dibuat ya. Lokasinya itu berada di Jalan Lapangan Stasiun No.1 Jakarta Barat, berada tepat di seberang halte busway.

Untuk masuk ke dalam museumnya cukup dengan membeli tiket masuk seharga Rp. 5000 doang untuk umum. Cukup murah dan terjangkau.

Sejarah dan Arsitektur

Awalnya gedung Museum Bank Mandiri ini adalah gedung Nederlandshe Handel-Maatschappij (NHM) sebuah perusahaan dagang milik Belanda di bidang perbankan. Gedung ini dibangun pada tahun 1929 dan dirancang oleh 3 arsitek Belanda, yaitu J.J.J de Bruyn, A.P. Smits dan C. Van de Linde dengan arsitektur Niew Zakelijk atau Art Deco Klasik.
Museum Bank Mandiri
 Koleksi

Begitu masuk ke dalam museum Bank Mandiri ini, terlihat berbagai macam barang-barang koleksi yang berkaitan dengan perbankan tempo dulu dan perkembangannya. Di bagian depan terlihat ruangan kasir China, ternyata sejak saat jaman kolonial, orang-orang Tionghoa dikenal pandai dalam perhitungan uang maka mereka pun dipekerjakan di bagian kasir.
Ruangan kasir China
Beranjak ke bagian dalam terlihat koleksi berbagai jenis celengan, mulai dari celengan bambu, celengan ayam dan celengan-celengan lainnya. Kemudian terdapat bagan sejarah Bank Mandiri dan surat-surat berharga. Selanjutnya ada koleksi perlengkapan operasional bank, seperti mesin hitung uang, kalkulator, mesin cetak, brangkas, bahkan mesin atm pun ada. lengkap deh koleksi museumnya, keren....
Peralatan Bank
Mesin hitung uang koin
ATM super jadul

36 comments:

  1. parah emang mas macetnya jakarta, saya dulu juga kaget kenapa bisa semacet itu. kendaraan jalan paling cuma 10 km/jam, maju 2 meter, berhenti. ee macet lagi. ckck

    wah dulu saya cuma mampir foto-foto di kawasan kota tua aja, ngga masuk-masuk ke museum. padahal buat foto-foto kece di instagram bagus kayaknya ni ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, saya yang dari daerah jadi ngerasa beda banget macet di daerah ama macet di Jakarta. Jauh banget bedanya.

      Wah... sayang banget tuh mas, padahal koleksi museumnya keren-keren lho.

      Delete
  2. Wah aku udah pernah ke sini nih sama anak2, seru juga :)

    ReplyDelete
  3. Museum Bank Mandiri emang keren kan ya...
    suka main ke sini..
    satu lagi museum yang ada di kawasan ini belum disbut di atas, Museum Keramik

    ReplyDelete
  4. saya yang dekat dengan Jakarta malah belum pernah ke Museum Bank Mandiri hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sesekali harus nyoba mbak.
      Gak bakal nyesel deh.

      Delete
  5. Aku blm pernah ksini, mau. Iyah bandara di Tangerang kak hihiii

    ReplyDelete
  6. Apik dan kreatif yang menempatkan barang2 di museumnya. JAdi terlihat menarik dan banyak dilirik. Apikk banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, semua dibuat teratur dan berurutan gitu.

      Delete
  7. Seru emang ke museum-museum di Kota Tua ini. Saya juga suka banget ke Kota Tua :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang seru banget mbak.
      Jadi pengen lagi ke sana.

      Delete
  8. Ya ampun mas, saya yang berabad-abad di Jakarta aja gak pernah ke kota tua, hahaha

    ReplyDelete
  9. Klo bawa anak..bosen nggak ya Mas ke Museum?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak kok mbak, malah menarik tuh.
      Sekalian biar anak-anak bisa belajar sejarah.

      Delete
  10. Entah kenapa belum rejeki aja kali ya, setiap mau ke Jakarta di cancel mulu.

    ke Kota tua banyak museumnya. udah lama juga tuh di bangunnya sejak 1929. Keren juga, jaman dulu ternyata udah ada atm 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga suatu saat nggak dicancel lagi ya mbak :)

      Iya mbak, banyak banget, bangunan tuanya juga banyak.

      Tapi nggak tau ATM tahun berapa mbak, lupa liat tahunnya kemarin. Kayaknya ATM diawal-awal keluar.

      Delete
  11. Belum pernah mampir kesini.. Menarik juga yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sesekali dicoba dong mampir ke sini.
      Menarik banget lho.

      Delete
  12. Wih, mau naik kapal pesiar. Mantapppp!

    Aku ke museum ini cm numpang lewat doang, gak pernah mampir/masuk. hehe pdhal sering lewat. hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas, Alhamdulillah dapat kesempatan naik cruise.

      Sesekali mampir atuh mas.
      Jangan lewat mulu.

      Delete
  13. beberapa kali ke kota tua belum sempat masuk ke sini. sering habisin waktu di depan museum fatahillah, walaupun selalu ramai :D

    artikel yang bagus mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sesekali singgah atuh Mas.
      Deket pun dari Fatahillah.

      Terima kasih mas :)

      Delete
  14. aku tertarik sama koleksi celengan2 kayaknya lutju
    klo ke jkt cuma pgn ke museum2 aj, yang lain g deh. maceeet

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak koleksinya yang lucu-lucu dan unik Mas.

      Ahaha... iya mas, Jakarta mah macetnya beuh... parah.

      Delete
  15. emang nih kota tua ga ada matinya, kalaupun udah bosen pasti aja tetep kesini. Gedung Merah juga asik loh untuk diexplore, sering banyak event kekinian disana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget tuh mbak, banyak yang bisa diexplore di sini.
      Sayang kemarin waktuku terbatas. Jadi nggak bisa explore semuanya.

      Delete
  16. Wah asyik banget, naik kapal pesiar ke Manila. Museum Mandiri malah saya belum ke sana, haha... KoTu area, 1 museum aja udah capek. Jadi main ke museumnya dicicil :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, Alhamdulillah dapat kesempatan naik kapal pesiar.

      Iya mbak, 1 museum aja gedenya minta ampun, rasanya sih 1 hari nggak bakal puas di Kota Tua

      Delete
  17. Kalau saya misal ke Jakarta, tujuan saya pertama itu ke tempat saudara. Cari tempat nginapan gratis. Gak terlalu tertarik amat dengan Kota Tua, yang penting ada tempat nginap dulu di Jakarta. hohohoho

    ReplyDelete
  18. Kalo saya sebelum berangkat emang udah ngamanin tempat menginap mas, jadi sorenya bisa langsung ke rumahnya dan istirahat.
    Kalo siangnya dimanfaatin jalan-jalan dong. :D

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan sopan :)