Monday, December 19, 2016

Pesona Indonesia di Uang Baru NKRI



Yo sobat backpack sejarah, gimana kabar kalian hari ini? semoga baik-baik aja ya, amin... Hari ini aku tidak membahas tentang jejak perjalananku dulu, karena aku ingin membahas sesuatu yang cukup keren. So, untuk cerita lanjutan menembus batas Sumatera Utara-Aceh edisi Masjid Raya Azizi dipending dulu.

Emang apa sih yang ingin dibahas sampe artikel sendiri ditunda?

Jadi gini cuy, tepat hari ini tanggal 19 Desember 2016 pada pukul 09.00 WIB tadi, Pak Presiden Bapak Joko Widodo secara resmi meluncurkan uang NKRI yang baru yang dikeluarkan Bank Indonesia dengan desain yang baru. Peresmiannya tadi juga disiarkan secara live streaming.
Aku memang udah nunggu-nunggu peluncuran uang baru ini sih, soalnya aku penasaran banget ama gambar-gambar pemandangan yang biasanya ada di belakang uang rupiah. Tau sendiri kan, gambar-gambar pemandangan alam Indonesia di uang rupiah itu sangat-sangat cantik dan bikin ngiler. Berfoto di lokasi yang ada di gambar uang rupiah juga bisa bikin aku makin ganteng. Hahaha...
Akhirnya setelah aku dengan sabar menunggu, uang baru tersebut pun diluncurkan tanpa menunggu aku hadir.
“emang lo siapa harus ditunggu-tunggu?” hahaha
Langsung saja, inilah gambar pemandangan di uang baru NKRI

1.      Uang Rp. 1000 dengan Pemandangan Alam Banda Naira.
Banda Naira adalah salah satu pesona dari dari Maluku Tengah, di sini terdapat berbagai objek wisata menarik mulai dari alam bawah lautnya, alam daratannya, pesona sejarah, kearifan budaya dan masih banyak lagi.
2.      Uang Rp. 2000 dengan Pemandangan Alam Ngarai Sianok
Ngarai Sianok adalah pesona dari Sumatera Barat, kita bisa melihat keindahan alamnya dari Kota Bukit Tinggi. Lembah curam ini membentang sepanjang 15 km dan di tengahnya mengalir Sungai Sianok. Cantik banget deh.
3.      Uang Rp. 5000 dengan Pemandangan Alam Gunung Bromo
Gunung Bromo merupakan salah satu gunung api terpopuler di Jawa Timur dan terkenal dengan keindahan sunrisenya yang tiada tara. Di sini juga ada pasir berbisik, bukit teletubbis, kearifan budaya Tengger dan masih banyak lagi deh.
4.      Uang Rp. 10.000 dengan Pemandangan Alam Taman Nasional Wakatobi
Taman Nasional Wakatobi adalah pesona dari Sulawesi Tenggara. Tempat ini terkenal akan pesona bawah lautnya yang sangat mengagumkan dan dianggap sebagai surga nyata bawah laut Indonesia. Amazing.
5.      Uang Rp. 20.000 dengan Pemandangan Alam Derawan
Derawan adalah pesona dari Kalimantan Timur, tempat ini juga terkenal akan pesona bawah lautnya. Selain itu di sini juga ada satu danau air payau yang berisi ubur-ubur tidak menyengat. Keren...
6.      Uang Rp. 50.000 dengan Pemandangan Alam Taman Nasional Komodo
Taman Nasional Komodo adalah pesona dari Nusa Tenggara Timur. Taman ini terkenal dengan hewan naga purbanya yang bernama komodo. Selain itu Taman Nasional Komodo juga memiliki pemandangan alam bawah laut dan daratan yang sangat indah.
7.      Uang Rp. 100.000 dengan Pemandangan Alam Raja Ampat
Raja Ampat adalah pesona dari Papua Barat. Tempat yang menjadi salah satu destinasi impian hampir semua traveler Indonesia ini terkenal dengan gugusan pulau-pulau karangnya yang bersanding dengan birunya lautan. Selain itu pesona bawah lautnya pun sangat mengagumkan.
Jadi gimana cuy? Bikin ngiler kan pesona alam-alam Indonesia di gambar belakang uang baru NKRI? Pastinya ngiler lha, secara alam-alamnya cantik banget gitu. Tapi jujur ada sedikit rasa kesal juga sih soalnya alam Sumatera Utara nggak masuk. Tapi nggak apa-apa deh soalnya jika dilihat dari sisi potitif, ini bisa memacuku untuk lebih mengenalkan dan mempromosikan pesona Sumatera Utara sebagai traveler yang tinggal di Sumatera Utara dan bisa memacuku juga untuk berwisata keluar daerah, ke tempat-tempat yang ada di gambar uang baru NKRI. So... kapan kita berangkat?

20 comments:

  1. Ah.. kampung saya ada! Wakatobi..
    Makin gencar saja pemerintah menyosialisasikan wisata di Indonesia ya..
    Jadi pengen duit yang baru biar bisa lihat langsung! ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah... selamat ya mbak,
      Kampungku nggak ada sih mbak.

      Iya mbak, biar lebih terkenal pariwisatanya.

      Delete
  2. kaya apa sih uang baru, ini heboh juga di medsos karena katanya mirip negara sebelah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kurang tau sih mbak, mirip atau nggak. Soalnya aku cuma fokus ama gambar pemandangan di belakangnya itu. Tapi katanya ada kemiripan sih.

      Delete
  3. Masya Allah, alam Indonesia yang indah, gak cukup waktu tuk mengunjungi satu persatu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, mungkin butuh waktu dan dana yang nggak sedikit untuk mengunjunginya itu semua.

      Delete
  4. with... pas yah, awal tahun langsung ada hang baru. semacam cocok dijadikan hadiah tahun baru

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha... iya mas,hadiah tahun barunya cantik dan menggoda.

      Delete
  5. Nanti tahun baru mungkin baru rame nih yang makek uang barunya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastinya tuh, soalnya kan banyak tuh orang yang nukar uang untuk dikasi ke ponakan pas hari Natal dan tahun baru gitu.

      Delete
  6. belum pernah lihat langsung uang baru nya
    tapi dari warna warni nya wokeee
    lebih segerrr dilihat, heuheuheu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sabar mas, bentar lagi pasti beredar tuh kok.
      Iya mas, gambarnya juga keren-keren.

      Delete
  7. tampilan uangnya jadi menarik sekali yahh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, menampilkan keindahan Indonesia.

      Delete
  8. Semuanya blum pernah saya kunjungi, semuanya bikin ngiler...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mbak, saya juga ngiler dibuatnya.

      Delete
  9. Semoga lebih jelas dibedakan dalam cahaya remang :)

    ReplyDelete
  10. semoga nanti pada mata uang yang akan datang bisa dimuat danau Toba ya. Atau ada inputan lain tempat wisata menarik di SumUt ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di uang 1000 yang lama udah pernah masuk sih mbak Danau Toba. Tapi kalo dimuat lagi sih bagus juga tuh.

      Kalo di Sumatera Utara banyak sih mbak, tapi yang paling terkenal ya Danau Tobanya.

      Delete

Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan sopan :)