Saturday, December 3, 2016

Liburan Murah ke Pulau Pandang dan Salah Namo Part 2 : Pulau Salah Namo

Pulau Salah Namo
Yo sobat backpack sejarah, kali ini aku masih ingin melanjutkan cerita tentang liburan murah ku ke Pulau Pandang dan Pulau Salah Namo. Oh ya, sebelum kalian lupa dan agar kalian tetap iri, aku ingin ingatkan bahwa aku cuma menghabiskan uang Rp. 33.000 untuk liburan di dua pulau ini. Iya, cuma Rp. 33.000. Padahal seharusnya bisa mencapai Rp.350.000 perorangnya di open trip. Gimana cara aku mendapatkan harga semurah itu bisa kalian baca di postingan ku sebelumnya tentang Pulau Pandang di sini. Di sana udah kujelasin detail caranya tapi awas makin iri ya. Hahahaha...
Setelah puas menikmati keindahan alam yang tersaji di Pulau Pandang, boat yang ku tumpangi kemudian bergerak menuju Pulau Salah Namo. Pulau Salah Namo sendiri merupakan salah satu objek wisata andalan Kabupaten Batu Bara bersama Pulau Pandang karena pulau ini juga memiliki pesona alam yang sangat indah, baik pesona bawah air maupun pesona landscape pulaunya.

Lokasi Pulau Salah Namo
Pulau Salah Namo masih berada di Selat Malaka dan secara administratif termasuk ke dalam wilayah Desa Bogak, Kecamatan Tanjung Tiram, Kabupaten Batubara. Pulau ini dapat ditempuh sekitar 1-2 jam dari bibir pantai Pulau Sumatera dan hanya berjarak 1 jam dari Pulau Pandang jika naik boat dan satu hari jika kalian berenang, tapi semoga kalian nggak dimakan hiu ya. Hahaha...
Kalo naik speed mah beberapa menit juga nyampe
Nama unik Pulau Salah Namo
Mendengar nama Pulau Salah Namo alias Pulau Salah Nama dalam bahasa Indonesianya tentu terdengar aneh. Kenapa pulau ini bisa namanya salah? Jadi gini sobat, dulu pulau ini namanya sangat mesum, mesum sekali, bahkan lebih mesum dari aku. Eh?
Intinya nama pulau ini amat sangat mesum dan sangat nggak pantes banget buat diucapin. Pulau ini dulu namanya adalah nama alat kelamin wanita, kan parah banget tuh. Entah siapa yang iseng dan kurang kerjaan ngasi nama seperti itu tapi katanya itu karena bentuk pulau ini yang mirip dengan alat kelamin wanita. Mesum banget kan?
Lama-lama para nelayan dan penduduk sekitar merasa malu jika ditanya nama pulau tersebut oleh wisatawan yang berkunjung ke Batu Bara. Hingga akhirnya mereka bertobat, kembali ke jalan yang benar dan mulailah pulau ini disebut sebagai pulau yang namanya salah dan akhirnya dikukuhkan menjadi Pulau Salah Namo. Ck..ck... dasar pulau mesum.
Tapi, meskipun punya sejarah yang cukup mesum, keindahan alam yang dimiliki pulau ini juga sangat eksotis lho, ini dia beberapa pesona alamnya.

Panorama bawah laut
Pesona bawah air Pulau Salah Namo sangat indah cuy, karena dihiasi berbagai terumbu karang yang berwarna-warni, terdapat pula banyak ikan dari berbagai jenis. Airnya pun sangat jernih dan berwarna biru toska yang pastinya menggoda hingga membuat rasanya nggak tahan buat nyebur. Di sini asyik deh kalo mau fishing, diving maupun snorkeling.

Pantai tebing batu
Tidak seperti Pulau Pandang yang memiliki garis pantai berpasir putih yang panjang, Pantai berpasir di Pulau Salah Namo ini saangatlah sempit karena tepian pulaunya lebih didominasi oleh bebatuan kemerahan yang membentuk tebing-tebing tinggi nan terjal. Tapi kondisi ini tidak membuat pesona Pulau Salah Namo berkurang, menurutku malah terlihat lebih eksotis dan berkesan garang, apalagi dihiasi deburan ombak di setiap sisi tebingnya. Keren deh, liat aja nih fotonya dijamin bikin iri. Hahaha...
Tepian Pulau Salah Namo
Bebatuan terjal cuy
Tapi keren kan?
Jelajah pulau
Salah satu kegiatan asyik yang bisa dilakukan di pulau ini selain diving dan snorkeling adalah jelajah pulau. Asyiknya, Pulau Salah Namo ini sudah dikelola oleh pemerintah Kabupaten Batu Bara sebagai objek wisata. Selain dibangun home stay dan musholla, mereka juga udah membangun jalan setapak yang diberi batako yang membelah pulau. So, kegiatan jelajah pulau pun bisa dilakukan tanpa takut tersesat sambil ditemani rindangnya pepohonan dan kicauan burung, apalagi kalo ditemani cewek cantik nih seperti pasangan yang berjalan di depanku itu. Damn! Bikin baper aja sih itu pasangan.
woy! jangan pacaran di depan ku.
Di beberapa titik, juga tersedia gazebo yang dibangun dari kayu bagi pengunjung yang ingin beristirahat saat jelajah pulau. Asyiknya lagi, jalan setapak ini juga dibangun hingga ke pinggiran pulau dan menjorok ke laut. Jadi bisa deh ngeliatin syahdunya pemandangan Selat Malaka yang aduhai ini.
Jalan setapak sampe ke pinggir pulau
Pesona romantis karang tengah laut
Di dekat Pulau Salah Namo ini juga terdapat gugusan batu karang yang mencuat dari dasar laut. Gugusan karang ini terlihat sangat kokoh meskipun setiap hari diterjang ombak dan arus. Melihat karang ini membuatku berharap hatiku bisa sekokoh karang tersebut. Kok bisa gitu?
Jadi gini sobat, lokasi gugusan karang ini kan berada di dalam laut Selat Malaka, so... arus air di sekitar karangnya itu cukup deras dan berputar-putar akibat dari arus air yang tertahan gugusan karang sehingga area di sekitar karang sangat berbahaya. Bahaya banget deh pokoknya.
Ini karangnya cuy, arusnya bahaya banget
Karena itulah pemerintah Kabupaten Batu Bara kemudian membangun satu spot khusus untuk melihat gugusan karang tersebut dari Pulau Salah Namo. Spot tersebut bentuknya seperti dermaga kecil dengan pondok kecil di ujungnya.
Spot romantis melihat gugusan karang
Nah, dari spot ini gugusan karang tersebut telihat makin keren. Apalagi terpaan ombak Selat Malaka yang terus menyapu karang-karangnya memberi efek dramatis.
Gugusan karang dan deburan ombak
 Ditambah saat itu matahari perlahan tenggelam di ufuk barat yang malah menghadirkan suasana yang romantis. Aih... spotnya itu romantis banget deh, bisa melihat gugusan karang dan pemandangan Selat Malaka dan bayangin kalo kalian bareng pasangan di spot ini. Bikin baper bangetkan spot dan pemandangannya?
Sunset yang bikin baper
Jadi kalian ngerti kan kenapa aku berharap hatiku setegar karang itu? Daripada baper, mending pulang ah. So...  dengan ini berakhir juga deh liburan murahku ke Pulau Pandang dan Salah Namo ini, semoga cerita ini bisa membuat kalian iri dan nggak baper ya. Hahahaha....
Cowok tampan mau pulang dulu, babay Salah Namo

24 comments:

  1. Woooww,, karang dan tebing-tebingnya keren banget,Mas,,, kebayang deburan ombak yang menabrak karang-karang itu pasti bikin suasana makin ah....... pokoknya.
    Ngomong-ngomong, sunsetnya juga kece banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, paling keren emank pemandangan gugusan karangnya itu.
      Terima kasih udah mampir mas :)

      Delete
  2. Wah seru ya mas. Indonesia ternyata luas banget. Suka malu ternyata ada banyak tempat yang belom disinggahi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, selain luas alamnya juga indah. I love Indonesia. Hahaha...

      Delete
  3. Mantap... Itu nama pulai salah namu aslinya apa sih? hihihihi... *penasaran*
    Pemandangannya bagus banget, terutama gugusan karang yang bahaya itu, kita nggak bisa naik boat atau kapal ke area itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama aslinya mesum banget nih mas, soalnya nama alat kelamin wanita yaitu Pulau *sensor* :D

      Terlalu bahaya mas, selain arusnya yang berputar-putar, kapal juga bisa bocor kalo nabrak karang di dalam airnya.

      Delete
  4. Pengen bisa snorkling di sana, tp kayanya ombaknya cukup besar ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sisi yang ngadep gugusan karang emank berarus mbak.
      Tapi kalo sisi pulau yang satunya lagi aman kok. Jadi aman buat snorkling.

      Delete
  5. hahaha. nama pulau salah namo itu eye catching banget. mungkin dulu prnah ada kejadian bla bla disitu sehingga dinamakan demikian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha... bisa jadi juga tuh mbak. Tapi syukur lha sekarang namanya nggak yg lama lagi.
      Nggak kebayang deh kalo ada yang nanya tuh pulau dan jawab dengan kata itu.

      Delete
  6. Hahahaha itu pulaunya beneran salah namo banget..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya miss, iseng banget tuh yang bikin namanya. :D

      Delete
  7. Sepertinya disini ini belum begitu ramai pengunjung ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih sepi mas, ramenya pas hari libur doank, itu pun kalo ada rombongan liburan ke sini.

      Delete
  8. Mantap, masbro! Nanti aku ke sini bisa ditemenin ya, biar cuma habis Rp 33.000,00. Udah include tiket pesawat PP dan makan. #eh #itubedalagiding

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha...
      boleh masbro, asal ntar temenin naik MTR/LRT di Singapura ya, biar cuma abis Rp. 33.000. Udah termasuk tiket pesawat PP. # hahaha

      Delete
  9. Pulau Salah Namo. Mengingatkanku pada sosok karakter ikan belang putih orange.

    Baru ku sadari ini maksudnya "salah nama".

    sungguh cantik elok pulaunya, bahkan menakjubkan. hanya dengan 33.000 bisa mnjelajahi pulau salah namo!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu nemo mbak. Hahahaha...

      Cantik banget mbak, keren deh pemandangannya.

      Iya mbak, alhamdulillah dapat trip murah ke sana.

      Delete
  10. Hahahaha lucu juga cerita asal mula nama Pulau Salah Namo. Dari awal baca nama pulau ini, udah penasaran.. kenapa dinamain Pulau Salah Namo, apanya yang salah? kenapa salah? ternyata namanya mesum.. huahahaha...

    Tapi biarpun Salah Namo, pulaunya asik juga ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha... iya mbak, namanya mesum jadi salah nama deh.

      Asyik banget mbak, pemandangan beuh.. cakep mbak.

      Delete
  11. pemandangan yang sangat indah, sunsetnya keren banget..

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan sopan :)