Friday, September 23, 2016

Pantai Bogak di Batu Bara


Pantai Bogak

Kabupaten Batu Bara adalah salah satu kabupaten di Sumatera Utara yang terletak di kawasan pesisir timur Pulau Sumatera. Oleh karena itu, kabupaten ini pun dikaruniai banyak objek wisata bahari seperti pantai, salah satunya adalah Pantai Bogak.

Karakteristik Pantai Bogak
Pantai Bogak memiliki karakteristik pantai dengan pasir yang putih dan lembut. Namun airnya tidaklah biru seperti di pantai-pantai lain. Hal ini disebabkan oleh karakteristik dasar laut di Pesisir Timur Sumatera yang berhadapan dengan Selat Malaka kebanyakan berupa lumpur bukan terumbu karang sehingga airnya pun berwarna keruh. Selain itu, ada beberapa bekas kayu dan nibung di bibir pantainya sehingga pantai ini tidak cocok untuk direnangi.
Pantainya sepi
Banyak kayu dan nibung di bibir pantainya
Keunikan Pantai Bogak
Meski demikian, bukan berarti pantai ini tidak asyik untuk dikunjungi. Karena pantai ini memiliki keunikan tersendiri yang tidak dimiliki pantai lainnya yaitu di sini terdapat dua buah meriam bersejarah, meriam tersebut diletakkan di sebuah tempat berpagar agar terhindar dari tangan-tangan jahil.
Meriam Bogak di Pantai Bogak
Lokasi dan Objek Wisata sekitarnya
Pantai Bogak terletak di Desa Bogak, Dusun XII, Kecamatan Tanjung Tiram, Kabupaten Batu Bara, untuk menujunya dapat melalui jalan menuju Pantai Bunga Laut, sebelum pos tiket, berbeloklah ke kanan dan ikuti jalannya hingga ketemu bangunan pondok kecil. Di sekitar pantai ini kita juga dapat mengunjungi objek wisata lain seperti Pelabuhan Tanjung Tiram, Pantai Bunga dan Pantai Bali.
Saya berfoto di Pantai Bogak

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan sopan :)