Friday, September 25, 2015

Wisata di Kawasan Sigura-Gura


Mendengar nama Sigura-Gura, mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita dan pasti langsung terbayang sebuah bendungan pembangkit listrik atau sebuah air terjun cantik. Tetapi sesungguhnya kawasan Sigura-Gura lebih dari itu. Landscape alamnya memiliki keindahan yang sangat menakjubkan yang mungkin banyak orang belum mengetahuinya. Apa saja itu? Penasarankan?

1.  Air Terjun Sigura-Gura, Air Terjun Tertinggi di Indonesia
Air Terjun Sigura-Gura adalah air terjun tertinggi di Indonesia. Air terjun ini memiliki ketinggian hingga 250 meter dan berada di Kabupaten Asahan yang berbatasan dengan Kabupaten Tobasa. Selengkapnya baca di sini.
Air Terjun Sigura-Gura
 2.  Pegunungan Bukit Barisan
Pegunungan Bukit Barisan adalah jajaran gunung yang membentang dari ujung utara (Aceh) sampai ujung selatan (Lampung) pulau Sumatra,  Nah, kawasan Sigura-Gura di Kabupaten Asahan dan Tobasa juga merupakan salah satu daerah yang dilalui Pegunungan Bukit Barisan. Kontur alam di kawasan Sigura-Gura juga sangat indah dengan pemandangan perbukitan yang hijau, lembah yang tenang, kemudian terdapat tebing-tebing batu dan ada jurang yang dalam serta air terjun yang cantik. Selengkapnya baca di sini.
Pegunungan Bukit Barisan
 3.  Bendungan Sigura-Gura
Bendungan Sigura-Gura adalah bendungan terbesar di Indonesia setelah Bendungan Sutami yang berfungsi untuk menjamin ketersediaan volume air dan besarnya energi air yang diperlukan bagi pembangkit tenaga listrik di PLTA Sigura-Gura. Bendungan ini terletak 23,3 km dari hulu Sungai Asahan (Danau Toba), atau 1 km di hilir Air Terjun Sigura-Gura. Selengkapnya baca di sini.
Bendungan Sigura-Gura
 4.  Danau Bendungan Sigura-Gura
Danau Bendungan Sigura-Gura adalah sebuah danau yang terbentuk akibat pembendungan Sungai Asahan yang dijadikan sebagai pembangkit listrik tenaga air (PLTA). Danau ini berada di Simorea, Sumatera Utara. Bisa ditempuh sekitar 4-5 jam perjalanan dari Kota Medan. Danaunya cukup luas dan airnya tenang dengan warna hijau toska. Danaunya pun dikelilingi pegunungan Bukit Barisan. Uniknya, di sekeliling danau bendungan ini terdapat lebih dari lima air terjun yang aliran airnya mengalir langsung  ke dalam danau. Selengkapnya baca di sini.
Danau Bendungan Sigura-Gura
 5.  Air Terjun Simanimbo
Air Terjun Simanimbo adalah air terjun bertingkat empat yang aliran airnya terjun langsung ke dalam Danau Bendungan Sigura-Gura. Air terjun ini berada di Desa Simanimbo, Kecamatan Pintu Pohan Meranti, Kabupaten Tobasa. Selengkapnya baca di sini.
Air Terjun Simanimbo
 6.  Air Terjun Tak Bernama
Air terjun tak bernama ini adalah sebuah air terjun tak terurus dan hanya berjarak sekitar 15 menit dari Danau Bendungan Sigura-Gura. Air terjunnya cukup indah, meski ketinggiannya hanya sekitar 10-15 meter, tetapi airnya terlihat bening dan bersih. Air terjun ini juga memiliki kolam air terjun yang cukup dalam sepertinya dan di tengah air terjun terdapat sebatang kayu yang tersandar pada arus air terjun. Di sebelah air terjun itu juga terdapat tebing batu yang jika dipanjat, kita dapat melihat puncak dari air terjun tersebut. Selengkapnya baca di sini.
Air terjun tak bernama
 7.  Air Terjun Tersembunyi
Air terjun tersembunyi adalah sebuah air terjun kecil yang tersembunyi di dalam kawasan hutan Sigura-Gura. air terjun ini masih sangat perawan. Bahkan tanda-tanda tempat ini pernah dikunjungi wisatawan pun tidak ada. Hanya ada suara gemericik air terjun, kicauan burung dan suara dengungan serangga yang terdengar di tempat ini. benar-benar sepi seperti air terjun pribadi. Selengkapnya baca di sini.
Air terjun tersembunyi

2 comments:

  1. air terjun yang tidak memiliki nama total ada berapa di sigura gura?
    Inzanami

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang sudah saya lihat sendiri ada lebih dari 5 air terjun sih, dan kelimanya itu belum dikelola.

      Delete

Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan sopan :)