Tuesday, September 22, 2015

Danau Bendungan Sigura-Gura yang Cantik dan Eksotis



Danau Bendungan Sigura-Gura

Bendungan Sigura-Gura adalah sebuah bendungan yang berada di hulu Sungai Asahan dan bendungan ini digunakan sebagai pembangkit listrik tenaga air (PLTA). Selain bangunan bendungan, Bendungan Sigura-Gura juga memiliki danau yang sangat indah dan masih sepi dari wisatawan.
Lokasi
Danau Bendungan Sigura-Gura adalah sebuah danau yang terbentuk akibat pembendungan Sungai Asahan yang dijadikan sebagai pembangkit listrik tenaga air (PLTA). Danau ini berada di Simorea, Sumatera Utara. Bisa ditempuh sekitar 4-5 jam perjalanan dari Kota Medan.
Landscape Danau
Danaunya luas dan airnya tenang
Danau bendungan ini cukup luas dan airnya tenang dengan warna hijau toska. Danaunya pun dikelilingi pegunungan Bukit Barisan. Uniknya, di sekeliling danau bendungan ini terdapat lebih dari lima air terjun yang aliran airnya mengalir langsung  ke dalam danau. Beberapa air terjun tersebut cukup tinggi dan terlihat indah meski saya hanya dapat memandang dari kejauhan.
Danaunya memikili banyak air terjun
Namun, dari beberapa air terjun yang mengelilingi Danau Bendungan Sigura-Gura tersebut, hanya ada satu air terjun yang bisa dikunjungi dan dibuka untuk umum. Yaitu Air Terjun Simanimbo. Selebihnya tidak memiliki akses jalan menuju lokasi air terjun tersebut.
Air Tejun Simanimbo
Meskipun demikian, Danau Bendungan Sigura-Gura sendiri adalah tempat yang mempesona untuk dikunjungi. Danaunya indah dan tenang, di sekelilingnya punya banyak air terjun. Dan tempat ini juga masih sepi dari wisatawan, padahal kami mengunjunginya saat liburan nasional. Sehinga rasanya seperti danau milik pribadi.
Tips
Untuk lebih menikmati keindahan alam Danau Bendungan Sigura-Gura, cobalah untuk mengambil jalan memutar danau dan jangan hanya melihat dari depan bendungan. Karena pada beberapa titik, terdapat tempat tinggi yang bisa membuat kita melihat Danau Bendungan Sigura-Gura dari ketinggian.
Danau Bendungan Sigura-Gura dari ketinggian
Saya berfoto dengan latar Danau Bendungan Sigura-Gura




No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan sopan :)