Saturday, September 19, 2015

Air Terjun Tak Bernama di Kawasan Sigura-Gura




Alam di sekitar Bendungan Sigura-Gura yang berada di Sumatera Utara sangat indah dengan kontur alam berbukit-bukit, tebing batu dan memiliki banyak air terjun yang tersebar di sekitarnya. Tetapi sayangnya banyak dari air terjun tersebut yang belum dikelola. Sehingga minim informasi dan minim pengunjung.

Lokasi
Dalam perjalanan menuju Air Terjun Sigura-Gura, saya melihat banyak air terjun yang berada di pinggir tebing. Bahkan ada yang berada tepat di pinggir jalan. Salah satu air terjun tersebut, kami temukan hanya berjarak sekitar 15 menit dari Danau Bendungan Sigura-Gura. Lokasinya tidak begitu jauh dari jalan utama. Jika kita menuju Air Terjun Simanimbo di Kecamatan Pintu Pohan Meranti, Porsea, kita akan melewatinya.

Air terjunnya cantik meski tidak seberapa tinggi
Airnya juga terlihat bening dan menyegarkan
Landscape Air Terjun
Air terjunnya cukup indah, meski ketinggiannya hanya sekitar 10-15 meter, tetapi airnya terlihat bening dan bersih. Air terjun ini juga memiliki kolam air terjun yang cukup dalam sepertinya dan di tengah air terjun terdapat sebatang kayu yang tersandar pada arus air terjun. Yah.. mirip-mirip Air Terjun Tongkat gitu lha. Nah, Di sebelah air terjun itu juga terdapat tebing batu yang jika dipanjat, kita dapat melihat puncak dari air terjun tersebut. Sayangnya saya tidak pandai memanjat. Hiks.. hiks... >_<
Tebing batu di sebelah air terjun
Air terjunnya cukup indah lho dan juga eksotis. Tetapi pada saat kami menanyakan nama air terjun ini pada penduduk sekitar yang kebetulan melintas, beliau memberitahukan bahwa air terjun tersebut tidak memiliki nama karena tidak ada yang mengelolanya dan jarang dikunjungi wisatawan.
Menurut saya, air terjun tersebut jarang dikunjungi wisatawan karena minimnya informasi dan tidak adanya pengelolaan. Sehingga masyarakat tidak mengetahui air terjun tersebut. Sangat disayangkan memang, tetapi di satu sisi saya juga merasa senang bisa bertemu air terjun yang belum dijamah wisatawan dan saya yakin alam di sekitar air terjun ini masih memiliki banyak tempat-tempat indah yang belum terjamah.
Berfoto dengan latar air terjun

2 comments:

  1. potensi wisatanya gimana min? bagus gak? itu keknya air terjunnya terlalu kecil deh
    Inzanami

    ReplyDelete
    Replies
    1. Potensi wisatanya bagus sih, hanya saja gak dikelola sedikitpun.
      air terjunnya memang tidak seberapa tinggi, dan puncaknya tidak kelihatan karena berada di balik tebing batu itu.

      Delete

Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan sopan :)