Wednesday, September 23, 2015

Air Terjun Simanimbo di Kawasan Sigura-Gura



Air Terjun Simanimbo adalah air terjun bertingkat empat yang aliran airnya terjun langsung ke dalam Danau Bendungan Sigura-Gura. Air terjun ini berada di Desa Simanimbo, Kecamatan Pintu Pohan Meranti, Kabupaten Tobasa.
Landscape Air Terjun
Air Terjun Simanimbo adalah salah satu air terjun yang aliran airnya terjun langsung ke dalam Danau Bendungan Sigura-Gura. Air Terjun Simanimbo merupakan air terjun bertingkat empat yang air terjunnya cukup tinggi. Pada tingkat pertama, air terjunnya terlihat seperti air terjun kembar. Karena air terjunnya terbagi menjadi dua. Selanjutnya air terjun tersebut menyatu di dalam kolam dibawahnya dan airnya mengalir melewati undakan-undakan bebatuan sehingga terlihat bertingkat-tingkat dan akhirnya aliran airnya terjun langsung ke dalam Danau Bendungan Sigura-Gura.
Selamat datang di Air Terjun Simanimbo
Di sebelah Air Terjun Simanimbo terdapat sebuah tangga besi yang digunakan penjaga bendungan untuk memantau air yang masuk ke dalam bendungan. Tangga tersebut juga dapat digunakan wisatawan untuk mencapai pelataran tingkat pertama air terjun. Di sini ada sebuah batu yang cukup lebar sehingga kami bisa duduk-duduk santai memandangi air terjun. Dari tempat ini kami juga dapat memandangi pesona Danau Bendungan Sigura-Gura dari ketinggian.
Ayah dan uwak di pelataran tingkat pertama
Danau Bendungan SIgura-Gura dari pelataran tingkat pertama

Kondisi dan Sarana Wisata
Air Terjun Simanimbo sendiri masih sangat bersih dan sepi dari pengunjung. Mungkin karena keberadaannya yang belum diketahui masyarakat umum dan minimnya informasi. Sehingga saat kami mengunjungi tempat ini, tidak ada wisatawan lain di tempat ini. Sarana dan prasarana wisata di tempat ini pun tidak tersedia karena tidak ada pengelolaan apapun terhadap air terjun ini. 
Tips 
Untuk mengunjungi air terjun ini, kami harus mengambil jalan memutar dari belakang Bendungan Sigura-Gura. Karena lokasi air terjun ini berseberangan dengan lokasi pintu masuk Bendungan Sigura-Gura. Oh ya.. jangan lupa bawa air minum yang cukup, karena di sini tidak terdapat penjual makanan.
Air Terjun Simanimbo
Saya di depan air terjun

2 comments:

  1. jalan masuk ny dr mana bg simpang ny?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo dari Bandar Pulau, setelah lewat bendungan Sigura-Gura nanti ada jembatan dan setelahnya ada simpang ke kiri. ikuti aja jalan itu.

      Delete

Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan sopan :)