Thursday, May 1, 2014

Museum Simalungun di Pematang Siantar



Museum Simalungun

               Museum Simalungun adalah sebuah museum unik berbentuk rumah adat Simalungun dan beralamat di Jalan Sudirman, Pematang Siantar. Museum yang dibangun pada tanggal 10 April 1939 di Pematang Siantar oleh Raja-raja Simalungun ini menyimpan benda-benda cagar budaya Suku Simalungun yang bernilai sejarah dan budaya agar tidak lenyap ditelan jaman. 
           Arsitektur Museum
           Museum Simalungun berbentuk Rumah Adat Simalungun yang memiliki ciri khas khusus pada bangunan, yaitu konstruksi bagian bawah atau kaki bangunan berupa susunan kayu glondongan yang masih bulat-bulat, dengan cara silang menyilang dari sudut ke sudut. Ciri khas lainnya adalah bentuk atap di mana pada anjungan diberi limasan berbentuk kepala kerbau lengkap dengan tanduknya. Di samping itu pada bagian-bagian rumah lainnya diberi hiasan berupa lukisan-lukisan yang berwarna-warni yaitu merah, putih dan hitam.
           Koleksi Museum
           Saat saya dan teman-teman dari kampus berkunjung ke museum ini, pengunjungnya cuma kami, padahal koleksi museum ini cukup banyak dan beragam.


 
Museum Simalungun
  Museum Simalungun memiliki koleksi berjumlah 860 buah, yaitu :
  1. Koleksi Etnografika yaitu: Peralatan Rumah Tangga; Peralatan Pertanian; Peralatan Menangkap Ikan; Peralatan meramu dan berburu; Peralatan pandai emas dan pandai besi; Peralatan music dan tari; Peralatan pengrajin tenun; bahan-bahannya terbuat dari kayu, rotan, bambu, porselin, tanah liat, tanduk tulang-tulang, besi tembaga, kuningan dan bahan-bahan lainnya. 
  2. Koleksi Keramikologie terdiri dari berbagai jenis porselin buatan China, Holland dan Spanyol.
  3. Koleksi Numismatika terdiri dari berbagai mata uang seperti mata Uang Indonesia, Belanda, Jepang dan lain-lain. 
  4. Koleksi Naskah Kuno (Old Manuscript) terbuat dari kulit kayu Alim dan bamboo ayan. Naskah kuno menyimpan berbagai aspek ilmu pengetahuan seperti astrologi dan astronomi serta ramuan obat tradisional
  5. Koleksi Arkeologi yang terdiri dari aneka arca yang terbuat dari batu, perunggu dan kuningan
  6. Koleksi Hand Craff yakni koleksi karya seni berupa arca dan ornament yang bahannya terbuat dari kayu dan bambu.
  
Koleksi museum
          Cukup disayangkan memang, museum ini tidak mampu bersaing dengan objek wisata lainnya. Padahal kota Pematang Siantar sebagai tempat museum ini berada, merupakan salah satu kota transit menuju Danau Toba dan museum ini adalah pengingat bagi jadi diri Suku Simalungun.
AlamatJalan Sudirman, Pematang Siantar
Tiket Masuk : gratis

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan sopan :)