Sunday, September 20, 2015

Air Terjun Tersembunyi di Asahan



          
           Selama ini orang-orang di Kabupaten Asahan selalu bingung jika ingin berwisata. Karena menurut mereka daerah Kabupaten Asahan tidak memiliki potensi wisata yang menjanjikan. Padahal banyak tempat di Kabupaten Asahan yang menarik untuk dikunjungi dan masih perawan.
            Salah satunya adalah air terjun yang tidak sengaja kami temukan saat melakukan touring ke kawasan Air Terjun Sigura-Gura bersama keluarga belum lama ini. sekitar 30 menit sebelum tempat yang kami tuju, kami berhenti di sebuah jembatan kecil. Di bawah jembatan ini ada sungai kecil berair jernih yang dihias bebatuan.
Sungai kecil awal mula kami menemukan air terjun ini
            Landscape Air Terjun
            Saat salah satu teman seperjalanan kami menyusuri sungai kecil tersebut, tak disangka di dalam terdapat air terjun mini. Uniknya, air terjun ini masih sangat perawan. Bahkan tanda-tanda tempat ini pernah dikunjungi wisatawan pun tidak ada. Hanya ada suara gemericik air terjun, kicauan burung dan suara dengungan serangga yang terdengar di tempat ini. benar-benar sepi seperti air terjun pribadi.
           
Air terjunnya memang tidak tinggi tetapi sangat asri
Air terjunnya sendiri memang tidak tinggi, tetapi airnya jernih dan segar. Kolam air terjunnya pun  cukup dalam jika ingin berenang. Namun yang paling penting, air terjun ini masih terjaga keasriannya.
            


            

            Sarana Prasarana
            Berhubung tempat ini belum menjadi lokasi wisata, jadi tidak ada sarapa prasarana apapun di air terjun ini. Bahkan akses jalan menuju air terjun ini pun tidak ada. Kami hanya mengikuti aliran sungai kecil berbatu-batu saat mencapai air terjun.
Air terjun tersembunyi
Adik berfoto di depan air terjun

Saturday, September 19, 2015

Air Terjun Tak Bernama di Kawasan Sigura-Gura




Alam di sekitar Bendungan Sigura-Gura yang berada di Sumatera Utara sangat indah dengan kontur alam berbukit-bukit, tebing batu dan memiliki banyak air terjun yang tersebar di sekitarnya. Tetapi sayangnya banyak dari air terjun tersebut yang belum dikelola. Sehingga minim informasi dan minim pengunjung.

Lokasi
Dalam perjalanan menuju Air Terjun Sigura-Gura, saya melihat banyak air terjun yang berada di pinggir tebing. Bahkan ada yang berada tepat di pinggir jalan. Salah satu air terjun tersebut, kami temukan hanya berjarak sekitar 15 menit dari Danau Bendungan Sigura-Gura. Lokasinya tidak begitu jauh dari jalan utama. Jika kita menuju Air Terjun Simanimbo di Kecamatan Pintu Pohan Meranti, Porsea, kita akan melewatinya.

Air terjunnya cantik meski tidak seberapa tinggi
Airnya juga terlihat bening dan menyegarkan
Landscape Air Terjun
Air terjunnya cukup indah, meski ketinggiannya hanya sekitar 10-15 meter, tetapi airnya terlihat bening dan bersih. Air terjun ini juga memiliki kolam air terjun yang cukup dalam sepertinya dan di tengah air terjun terdapat sebatang kayu yang tersandar pada arus air terjun. Yah.. mirip-mirip Air Terjun Tongkat gitu lha. Nah, Di sebelah air terjun itu juga terdapat tebing batu yang jika dipanjat, kita dapat melihat puncak dari air terjun tersebut. Sayangnya saya tidak pandai memanjat. Hiks.. hiks... >_<
Tebing batu di sebelah air terjun
Air terjunnya cukup indah lho dan juga eksotis. Tetapi pada saat kami menanyakan nama air terjun ini pada penduduk sekitar yang kebetulan melintas, beliau memberitahukan bahwa air terjun tersebut tidak memiliki nama karena tidak ada yang mengelolanya dan jarang dikunjungi wisatawan.
Menurut saya, air terjun tersebut jarang dikunjungi wisatawan karena minimnya informasi dan tidak adanya pengelolaan. Sehingga masyarakat tidak mengetahui air terjun tersebut. Sangat disayangkan memang, tetapi di satu sisi saya juga merasa senang bisa bertemu air terjun yang belum dijamah wisatawan dan saya yakin alam di sekitar air terjun ini masih memiliki banyak tempat-tempat indah yang belum terjamah.
Berfoto dengan latar air terjun

Friday, September 18, 2015

Air Terjun Sigura-Gura, Air Terjun Tertinggi di Indonesia



Air Terjun Sigura-Gura, Tertinggi di Indonesia

Air Terjun Sigura-Gura adalah air terjun tertinggi di Indonesia. Air terjun ini memiliki ketinggian hingga 250 meter dan berada di Kabupaten Asahan yang berbatasan dengan Kabupaten Tobasa. Namun uniknya, jika teman-teman mencari di google tentang air terjun ini, malah banyak yang muncul adalah foto Air Terjun Ponot, padahal kedua air tersebut tidak sama.

Lokasi 
Air Terjun Sigura-Gura terletak di Kabupaten Asahan yang berbatasan dengan Kabupaten Tobasa. Bisa ditempuh sekiatr 4 jam dari Kota Medan melalui Porsea maupun dari Kota Kisaran. Namun, pengunjung tidak bisa masuk sembarangan ke sana. Seperti saat saya berkunjung beberapa waktu yang lalu, ya tidak bisa mencapai langsung air terjunnya. Hal itu karena lokasi Air Terjun Sigura-Gura merupakan kawasan pembangkit listrik. Sehingga tidak memungkinkan untuk dikunjungi masyarakat awam tanpa surat izin. Saya dan para wisatawan yang lain hanya bisa menikmati keindahan Air Terjun Sigura-Gura dari gardu pandang yang memang disediakan untuk menikmati indahnya air terjun ini.


Berada di kawasan pembangkit listrik

Pengunjung hanya bisa melihat dari gardu pandang
 Landscape Air Terjun
Dari gardu pandang ini, saya dapat melihat aliran Air Terjun Sigura-Gura ini. Air terjunnya memiliki ketinggian sekitar 250 meter dan seperti bersumber dari mata air yang berada tepat di puncak pegunungan Bukit Barisan. Kemudian aliran airnya mengalir melalui bebatuan yang sedikit curam dan akhirnya aliran air terjunnya terlihat mengalir ke jurang yang sangat dalam dan bermuara di Sungai Asahan yang ada di bawahnya.
Ketinggiannya mencapai 250 meter dan merupakan air terjun tertinggi di Indonesia
Kondisi Sarana dan Prasarana
Namun, meski pun merupakan air terjun tertinggi, tetapi pengelolaan tempat ini masih sangat minim, ya... seperti lokasi parkir dan toilet yang tidak tersedia. Sehingga wisatawan memarkir kendaraannya tepat di bahu jalan dan jika kebelet pipis pasti bingung deh mau pipis dimana. Sungguh sangat disayangkan memang. Andai dikelola dengan lebih baik, pasti lebih keren lagi. Ini air terjun tertinggi di Indonesia lho.
Tips
            Kalo untuk tips, menurut saya siapkan fisik yang kuat, karena trek menuju Air Terjun Sigura-Gura cukup curam dan berliku, karena jalurnya melintasi Pegunungan Bukit Barisan.
            Objek wisata di sekitarnya :
            > Bendungan Sigura-Gura
            > Danau Bendungan Sigura-Gura
            > Air Terjun Tak Bernama
            > Air Terjun Tersembunyi
            > Air Terjun Simanimbo    
Berfoto di depan pamflet PLTA Sigura-Gura

Sunday, May 4, 2014

Air Terjun Sipiso-Piso yang Menawan



Air Terjun Sipiso-Piso

Selain Danau Toba, salah satu objek wisata lain yang cukup terkenal di Sumatera Utara adalah Air Terjun Sipiso-Piso. Air Terjun Sipiso-Piso memang sangat terkenal sebagai objek wisata di Sumatera Utara. Berada di Kabupaten Karo, air terjun ini memiliki ketinggian 120 meter dan dari tempat parkir kita dapat melihat Air Terjun Sipiso-Piso dan keindahan Danau Toba.
Setelah puas belajar sejarah di Rumah Pengasingan Bung Karno yang berada di Berastagi, kami meneruskan perjalanan ke Air Terjun Sipiso-piso. Kami tiba di lokasi wisata ini bertepatan dengan jam makan siang. Sebelum turun ke bawah, saya mengisi tenaga dulu, karena untuk mencapai dasar air terjun ini kami harus menuruni ratusan anak tangga, bahkan katanya, anak tangganya mencapai seribu buah. Semangat untuk makan! "Buk, pesan nasi pake ayam, yang banyak buk!" (rakus)
Ups... kekenyangan nih, nggak bisa gerak. -_-“
terpaksa liat-liat dari atas dulu, dari tempat parkir, kita bisa melihat Air Terjun Sipiso-Piso dan Danau Toba. keren uy!
Air Terjun Sipiso-Piso
Danau Toba
Setelah istirahat agar makanannya tercerna, saatnya turun ke bawah. Yuhu!!!! Setapak demi setapak saya menuruni anak tangga ini, cukup melelahkan memang, Tetapi begitu sampai di dasar, rasanya sangat menyenangkan bermain di air yang segar dari hempasan air terjun ini. Rasanya tak menyesal meski harus membuat kaki mengeluh karena menuruni anak tangga.
Oh ya, naiknya ntar gimana ya? -_-“
 

Alamat :  Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatra Utara
Tiket Masuk : Rp. 5000
Rute : Jika menggunakan kendaraan umum dapat menggunakan bus dari terminal pusat kota  Medan dengan trayek Kabanjahe. Setelah sampai di Kabanjahe dilanjutkan 24 km ke arah utara jalur menuju Danau Toba hingga sampai di desa Tongging.
Objek wisata di sekitarnya :
> Gunung Sipiso-Piso
> Desa Tongging