Tuesday, November 3, 2015

Replika Rumah Adat Tongkonan di Balige



Rumah Tongkonan adalah sebuah rumah adat yang berasal dari Sulawesi Selatan atau yang lebih dikenal sebagai rumah adat masyarakat Toraja. Namun rumah adat Tongkonan yang akan saya ceritakan di sini bukanlah rumah adat yang ada di Tanah Toraja sana. Karena jujur saja guys, saya belum pernah menginjakkan kaki di Pulau Sulawesi. Nggak kuat ongkosnya. :D
Rumah adat Tongkonan yang saya bicarakan di sini adalah sebuah replika Rumah Adat Tongkonan.
Alamat 
Rumah Adat Tongkonan ini berada di dalam komplek T.B. Silalahi Center, yang beralamat di Jl. Pagar Batu No. 88, Desa Silalahi, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba Samosir, Provinsi Sumatera Utara. Sekitar 5 jam perjalanan dari Kota Medan.
Arsitektur
Meskipun hanya sebuah bangunan replika, tetapi Bentuk bangunan Rumah Tongkonan ini sama seperti Rumah Tongkonan aslinya yang ada di Toraja. Atap rumahnya melengkung menyerupai bentuk perahu, terdiri atas susunan bambu yang pada era sekarang sudah menggunakan seng, di deretan depannya terdiri dari deretan tanduk kerbau, sedangkan bagian dalamnya dijadikan sebagai ruang tidur dan dapur.
Arsitekturnya seperti yang asli
Temasuk ukiran dan hiasannya
di depannya terdapat tanduk kerbau
 Konon kata tongkonan berasal dari tongkon, yang berarti duduk. Dahulu rumah adat tongkonan merupakan pusat pemerintahan, kekuasaan adat, dan perkembangan kehidupan sosial budaya masyarakat Toraja. Rumah adat Tongkonan tidak bisa dimiliki oleh perseorangan melainkan turun temurun oleh keluarga atau marga suku Tana Toraja.

Yah, walaupun belum pernah melihat bangunan asli rumah adat masyarakat Toraja yang ada di Sulawesi Selatan, saya cukup senang bisa mengunjungi replika Rumah Tongkonan yang ada di Balige ini karena bentuk bangunannya sangat mirip seperti aslinya.
Saya di depan replika Rumah Adat Tongkonan

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan sopan :)